SMA Muga Yogya Sukses Kerja Sama dengan Sekolah Australia

Publish

12 September 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
120
Doc. SMK Muhammadiyah 3

Doc. SMK Muhammadiyah 3

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 3 (Muga) Yogyakarta Rabu, 11 September 2024 menerima tamu dari Oberon High School Victoria. Kunjungan internasional ini dalam rangka kegiatan International Sister School Program yang diikuti oleh 8 siswa dan 2 guru pendamping Nicola Maher serta Jack Buchanan.  

Acara dilaksanakan Kampus KH Ahmad Dahlan di jalan Kapten Piere Tendean No 58 Wirobrajan Yogyakarta mulai pukul 08.00 WIB dan diterima Kepala Sekolah Fitri Sari Sukmawati, .Pd. 

Hadir menerima kunjungan ini di antaranya Buono, SPd., MEng, Majelis Dikdasmen dan PNF PDM Kota Yogyakarta dan Agus Mulyono, SE, Komite Sekolah. Pada acara penyambutan, dipamerkan berbagai atraksi menarik dari peserta didik seperti penampilan kolaborasi angklung, tapak suci, dan Tari Solah.

Fitri Sari Sukmawati, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada 8 siswa dan 2 guru pendamping dari Australia . Menurutnya kegiatan kerja sama internasional ini akan terus dilakukan dengan tujuan memberikan motivasi dan pengalaman kepada peserta didik agar siap menghadapi tantangan zaman dan menjadi siswa dengan berwawasan global.

Pada saat bersamaan, melalui kegiatan ini sebagai salah satu representasi dari mewujudkan profil pelajar Pancasila. Yaitu berpikir kritis, berkolaborasi, mandiri dan berwawasan global serta untuk membekali siswa berakhlak baik pada sesama sesuai dengan dimensi Iman dan Taqwa Kepada Tuhan yang Maha Esa, imbuhnya.

”Kerja sama ini sudah tahun ke dua dengan Australia, di mana tahun 2023 baru kunjungan perkenalan. Mereka sangat tertarik belajar tapak suci dengan siswa Muga serta permainan tradisioal sebagai kearifan lokal Jogja. Dan pada hari ini tahun kedua kunjungan dan sepakat untuk MoU antar kedua sekolah," ujar Fitri. 

Setelah kegiatan sambutan dan penandatangan MOU selesai, delegasi dari Oberon High School Victoria melanjutkan kegiatan dengan belajar seni Tapak Suci, bermain Angklung bersama, dan permainan tradisional gangsing dan othok-othok pinokio. Peran siswa/siswi Muga dengan semangat mendampingin siswa dari Oberon High School Australia, mereka adalah siswa siswi yang tergabung pada komunitas ekstrakurikuler "Muga Engglish Club" atau yang lebih kita kenal dengan sebutan MEC. (san/opalnenemo/lika)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) resmi launching sekolah Pascasa....

Suara Muhammadiyah

2 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebagai upaya mewujudkan sekolah aman bencana, 128 siswa kelas 7 SMP....

Suara Muhammadiyah

26 July 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah memperkaya keilmuan di bidang politik melalui Penguk....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 19 perlombaan ajang Olympicad Ahmad Dahlan (Olympicad) 7 ti....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar bakal menggelar deklarasi....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah