Tiga Mahasiswa BIPA UMSU Masuk Final Festival Handai Indonesia 2024

Publish

12 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
259
UMSU

UMSU

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Tiga pemelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berhasil lolos seleksi babak final Festival Handai Indonesia 2024.  Ketiga mahasiswa asal Kamboja tersebut Ahmath Rasitin (Lomba bercerita), Kreyya Dany (Lomba bercerita) dan Hgoli Amira (Lomba pantun).

Berdasarkan pengumuman dari Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI pada Selasa, 11 Juni 2024 ketiganya dinyatakan lolos mengikuti babak final yang dilaksanakan di Bali, pada 25—31 Agustus 2024.

Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP menyambut gembira dan memberikan apresiasi atas capaian mahasiswa BIPA UMSU. Ia mengaku bangga ketiga pemelajar BIPA UMSU asal Kamboja tersebut berhasil lolos babak final ajang festival internasional yang diikuti mahasiswa BIPA dari berbagai negara.

"Alhamdulillah, ini sangat membanggakan. Tiga mahasiswa asal Kambojo, pemelajar BIPA UMSU lolos ke ajang Internasional,” ujarnya.

Menurut Prof. Agussani, keberhasilan tersebut dapat dijadikan motivasi dan dorongan semangat  bagi mahasiswa liannya  untuk bisa meraih prestasi lainnya di masa mendatang. “Semoga prestasi ini dapat memotivasi dan menginspirasi mahasiswa lainnya  guna mendapatkan hasil terbaik,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BIPA UMSU, Dr Cut Novita Srikandi, MHum mengatakan ketiga mahasiswa tersebut sebelumnya mengikuti seleksi Festival Handai Indonesia tahun 2024 sejak 28 Maret 2024 lalu. "Dari 6 (enam) perlombaan yang kita ikuti, pembelajar BIPA UMSU lolos untuk kategori bercerita dan pantun," kata Cut Novita Srikandi.

Menurut Cut, keberhasilan ini patut membanggakan karena ketiga mahasiswa tersebut bersaing dari sejumlah warga negara asing di dunia yang mengirimkan karyanya ke panitia festival. Dari pengumuman yang dilansir dari laman BIPA Kemendikbud, para pemenang yang lolos seleksi diantaranya berasal dari AS, Jerman, Sudan, Peru, Bulgaria, Denmark, Ingris, Prancis, Polandia hingga negara-negara Afrika seperti Rwanda, Tunisia, dan Mesir.

Didampingi Pengarah BIPA UMSU Dr Muhammad Arifin dan para pelatih mahasiwa BIPA UMSU Yulhasni, Winona Emelia, dan Mutya Febriana, Ketua BIPA UMSU Cut Novita Srikandi mengatakan, prestasi ini patut membanggakan BIPA UMSU secara khusus dan UMSU pada umumnya karena mampu menuai prestasi tingkat dunia.

‘’Kami sangat berterima kasih atas dukungan Rektor dan para Wakil Rektor UMSU, khususnya WR III UMSU yang secara khusus memberi perhatian dalam keikutsertaan pemelajar BIPA UMSU pada festival tingkat dunia ini,’’kata Cut Novita Srikandi.

Secara terpisah, salah seorang pemelajar BIPA UMSU yang berhasil lolos, Ahmath Rasitin mengatakan terharu mereka bisa lolos seleksi tingkat dunia ini.

Dikatakan mahasiswa asal Kamboja ini, selama hampir sebulan mereka secara khusus diberi pelatihan oleh BIPA UMSU untuk mampu nantinya bersaing dengan sejumlah warga negara asing lainnya di Bali. ‘’Mohon doa dan dukungan, semoga di Bali nanti kami berhasil terpilih sebagai pemenang,’’kata Rasitin. (Syaifulh/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). Kegiatan penyaluran ba....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Dipenghujung akhir tahun 2023, tim Harimau Surabaya berhasil mer....

Suara Muhammadiyah

2 January 2024

Berita

PABELAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Kota Sura....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menorehkan presta....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Asrama Ma'had Al Birr Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mera....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah