Tim Pengabdian Masyarakat Uhamka Beri Edukasi Parenting dan Kesehatan Mental Remaja

Publish

9 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
160
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Tim dosen Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melakukan pengabdian masyarakat dengan tema Edukasi Parenting Dan Kesehatan Mental Remaja di SMA Negeri 40 Jakarta.

Menurut Ketua Tim, Novi Andayani Praptiningsih, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pengetahuan konsep parenting yang baik dan mumpuni dan memberikan pemahaman serta kesadaran tentang pentingnya parenting bagi kesehatan mental remaja. Metode yang digunakan adalah presentasi, FGD, role play (simulasi), diskusi, dan tanya jawab.

“Keterlibatan orangtua penting untuk membantu tumbuh kembang anak, karena orang tua adalah pendidik utama bagi anak. Faktor yang dapat mempengaruhi keterlibatan orangtua diantaranya adalah pengetahuan parenting. Pengetahuan parenting adalah kemampuan pola asuh mumpuni dan mendidik anak melalui interaksi serta kompetensi komunikasi yang baik antara anak dan orangtua. Saat ini, remaja sangat terbuka mengenai isu kesehatan mental. Mereka seringkali mengekspresikan dan mengomunikasikannya ke publik dengan membagi curhatan melalui media sosial. Hal inilah yang memunculkan gagasan tim Pengabdian Masyarakat Uhamka untuk bergerak melakukan edukasi parenting ini”, pungkas Novi.

Program Kemitraan Masyarakat ini berjalan lancar sesuai dengan rencana yang telah disusun. Kegiatan ini mendapat sambutan sangat baik terbukti dengan keaktifan peserta mengikuti serangkaian kegiatan dengan konsisten tidak meninggalkan tempat sebelum waktu berakhir. Kegiatan ini juga diakhiri dengan penuh haru, ditandai dengan para siswa mencium tangan orangtua mereka dan kemudian berpelukan sebagai bukti bakti serta keeratan hubungan antara mereka. Dengan adanya hubungan harmonis antara orangtua dengan para siswa dalam nuansa saling menghargai, maka diharapkan tercipta iklim komunikasi kondusif di keluarga. (Latif/Riz) 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof Dr Agus....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa yang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mandiri 3T (Te....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

SORONG, Suara Muhammadiyah - Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Panti Asuhan Muhammadiyah Kabu....

Suara Muhammadiyah

25 September 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Tapak Suci Putera Muhammadiyah Cabang Manggala Kota Makassar aktif me....

Suara Muhammadiyah

7 May 2024

Berita

Selamatkan 90% Anak Muslim dari Kehilangan Identitas Kemusliman JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Japan....

Suara Muhammadiyah

1 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah