Tingkatkan Kapasitas Aumsos, MPKS PP Muhammadiyah Uji Coba IKA di Depok

Publish

14 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
154
Foto Istimewa

Foto Istimewa

DEPOK, Suara Muhammadiyah - Pada hari Rabu, 13 Maret 2024, Muhammadiyah Children Center (MCC) Darul Ilmi Depok menjadi saksi perjumpaan antara Ketua Tim Indeks Kinerja Aumsos (IKA) MPKS PP Muhammadiyah, Siti Masyitah Rahma, pengelola MCC, Aras Bayu Fuadi, dan tim.

Dalam pertemuan tersebut diadakan pengetesan tools Indeks Kinerja Amal Usaha Muhammadiyah dibidanh Sosial (Aumsos). Siti Masyitah Rahma mengungkapkan bahwa pengetesan tools Indeks Kinerja Aumsos (IKA) bertujuan untuk menguji keefektifan bahasa dan kemudahan aplikasi indeks tersebut di lingkungan Aumsos. IKA berperan sebagai alat untuk mengidentifikasi kinerja aumsos serta mengeksplorasi kapasitasnya.

IKA membidik untuk mengukur efektivitas, efisiensi, relevansi, keberlanjutan, dan ketahanan AUMSOS, dengan memanfaatkan Tools Indeks Kapasitas Organisasi (IKO) dan sumber referensi lainnya yang telah dikembangkan menjadi Indeks Kapasitas Aumsos (IKA).

Penilaian awal dilakukan secara mandiri oleh pengurus dan pengelola AUMSOS, diikuti dengan pendalaman dan analisis hasil bersama-sama dengan tim MPKS PP Muhammadiyah. Hasil analisis IKA akan didisseminasikan oleh MPKS PPM, melibatkan MPKS PWM, MPKS PD, serta pengurus dan pengelola AUMSOS.

Aras Bayu, sebagai pengelola Darul Ilmi yang menjadi tempat uji coba tools IKA, menyampaikan bahwa proses uji coba berjalan lancar. Selama uji coba, terdapat 5 domain dan 15 subdomain sebagai indikator kinerja, yang mencakup aspek efektivitas, efisiensi, relevansi, keberlanjutan, dan ketahanan.

Siti Masyitah Rahma dan timnya berencana untuk melanjutkan uji coba tools di beberapa AUMSOS lainnya, guna mendapatkan versi final yang ideal sebelum peluncuran resmi setelah Idul Fitri. (Abid)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berhasil meraih akreditasi ungg....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat Dr Iu ....

Suara Muhammadiyah

8 April 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Indonesia Institute for Social Development (IISD) mendorong pemer....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah – Lembaga amil zakat, infak dan sedekah Muhammadiyah (LazisMu) t....

Suara Muhammadiyah

22 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - "Kita harus senantiasa bersyukur kepada Allah karena dengah berkah ....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah