UMMI Dorong Dosen Hasilkan Penelitian Berkualitas

Publish

23 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
74
UMMI

UMMI

SUKABUMI, Suara Muhammadiyah — Rektor UMMI Dr. Reny Sukmawani, M.P. menyampaikan bahwa masih banyak dosen yang terkendala dalam melakukan publikasi di jurnal internasional bereputasi dikarenakan keterbatasan waktu. Selain beban mengajar, dosen juga sering kali harus terlibat dalam berbagai aktivitas akademik dan administratif lainnya. Hal ini membuat mereka kesulitan untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk menulis, merevisi, dan memenuhi persyaratan ketat yang biasanya diminta oleh jurnal bereputasi.

Melihat fenomena ini, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) pun kemudian mengadakan kegiatan lokakarya dan pendampingan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas para dosen. Acara bertajuk "Lokakarya dan Pendampingan Penyusunan Artikel Ilmiah Bereputasi dan Proposal Penelitian Berkualitas" ini diselenggarakan untuk membekali dosen UMMI dengan keterampilan yang diperlukan dalam menyusun artikel ilmiah dan proposal penelitian yang berkualitas dengan luaran artikel pada jurnal internasional bereputasi, dilaksanakan pada Selasa – Kamis (20–22/8). 

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membantu seluruh dosen dalam menyelesaikan proposal maupun artikelnya hingga submit dan published, sehingga akan berdampak pada peningkatan reputasi UMMI menuju akreditasi Unggul,” harapnya.

Amika Wardana, S.Sos., M.A., Ph.D., yang mewakili Majelis DIKTILITBANG PP Muhammadiyah, secara resmi membuka acara ini. Beliau pun menekankan pentingnya dosen menghasilkan penelitian yang berkualitas dengan luaran berupa publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi yang mana hal tersebut akan berkontribusi pada peningkatan mutu perguruan tinggi dalam hal ini UMMI. 

Kegiatan ini merupakan langkah penting dalam komitmen UMMI untuk mendorong budaya akademik yang unggul di kalangan civitas academica terutama bagi dosen. Dengan memberikan lokakarya dan pendampingan yang terarah dan intensif ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas penelitian berikut outputnya terutama berupa publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi.

Kegiatan penting ini menghadirkan narasumber dari Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Pengembangan (DIKTILITBANG) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, yaitu Prof. Ali Saukah, M.S., Ph.D., Amika Wardana, S.Sos., M.A., Ph.D., R. Ahmad Romadhoni Surya Putra, S.Pt., M.Sc., Ph.D., ASEAN Eng., Ibrahim Fatma Wijaya, S.E., M.Sc., Ph.D., dan Endang Wahyu Pamungkas, M.Kom., Ph.D. Keahlian dan wawasan mereka sangat berperan dalam membimbing para peserta untuk memahami seluk-beluk penulisan artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi dan pengembangan penyusunan proposal penelitian yang baik dan berkualitas. (diko)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) tidak bosan-bosan berkontribusi k....

Suara Muhammadiyah

28 August 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) mengikuti ekspo pendidika....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

VIETNAM, Suara Muhammadiyah – Mengawali tahun 2024 ini Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) ke....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat 'Aisyiyah gelar Pengajian Ramadan 1445 H pada Sabtu (23/....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah – Ribuan warga dan simpatisan Muhammadiyah ikuti jalan sehat mengel....

Suara Muhammadiyah

2 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah