Unismuh dan UMS Sabah Sukses Terapkan Teknologi Aquaponik

Publish

29 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
127
Doc. Unismuh

Doc. Unismuh

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah – Tim kolaborasi dari Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan Fakulti Pertanian Lestari Universiti Malaysia Sabah (UMS Sabah) berhasil melaksanakan tahap ketiga dan keempat dari program pengabdian masyarakat internasional mereka. Kegiatan ini berfokus pada penerapan teknologi aquaponik dan pelatihan pencatatan usaha di Aling Hidroponik Farm, Sandakan, Malaysia.

Tim pelaksana kegiatan pengabdian melibatkan 4 dosen dari 2 perguruan tinggi, yaitu Dr Syamsia, SP., MSi (Dosen Program Studi Agroteknologi) dan Asriyanti Syarif, SP., MSi (Dosen Program Studi Agribisnis) dati Unismuh Makassar. Dosen lainnya, Dr Siti Suliza Salamat dan Dr Ilmas Abdurofi merupakan dosen Fakulti Pertanian Lestari Universiti Malaysia Sabah.  

Kegiatan tahap ke- 4 merupakan kegiatan penerapan teknologi aquaponik kepada mitra dan kegiatan ke-5 merupakan kegiatan pelatihan/pendampingan pencatatan usaha, kegiatan ini berlangsung dalam 2 hari yaitu Hari Sabut dan Ahad, 25-26 Mei 2024.

Kegiatan hari pertama Hari Sabtu, 25 Mei 2024, diawali dengan rapat persiapan dengan tim pelaksana yang dilaksanakan di Fakulti Pertanian Lestari Universiti Malaysia Sabah. Selanjutnya kegiatan pengadaan bahan dan peralatan untuk penerapan sistem aquaponik pada mitra Aling Hidroponik Farm. 

Mitra sasaran kegiatan pengabdian ini adalah Aling Hidroponik Farm yang berlokasi di Rancangan Sungai Manila lot 245, Peringkat 3, Batu 12 90000 Sandakan.  Penerapan teknologi aquaponik diawali dengan pemasangan instalasi aquaponik dan dilanjutkan dengan penjelasan mekanisme kerja sistem aquaponik.

Hari kedua, Ahad 26 Mei 2024 kegiatan pelatihan dan pendampingan pencatatan usaha pada mitra Aling Hidroponik Farm. Dalam kegiatan ini mitra diajarkan bagaimana cara melakukan pencatatan usaha, menghitung modal usaha, biaya tetap, biaya tidak tetap serta menghitung kelayakan usaha.

Ketua tim pengabdian Dr. Syamsia, menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat meningkatkan keberdayaan petani di Sandakan. "Dengan menerapkan teknologi aquaponik dan perencanaan usaha yang baik, kami berharap petani dapat meningkatkan produksi dan meraih keuntungan yang lebih besar," ujarnya.

Pengabdian internasional tersebut merupakan bagian dari Hibah Risetmu Majelisdiktilitbang PP Muhammadiyah dengan nomor kontrak 0258.733/I.3/D/2024.

"Ucapan terima kasih diucapkan oleh tim pelaksana kepada Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan LP3M Unismuh yang telah mendanai kegiatan ini. Terima kasih juga kepada pimpinan Fakulti Pertanian Lestari Universiti Malaysia Sabah, atas fasilitas yang diberikan selama kegiatan berlangsung," ungkap Syamsia.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerja Sama dan Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh Makassar yang telah memfasilitasi pengurisan dokumen kerja sama. (Hadi/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah – SMP Muhammadiyah 2 Cilacap (Mudacil) menjadi salah satu sekolah ....

Suara Muhammadiyah

10 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Kerusakan lingkungan dan krisis iklim terus terjadi karena keserakahan....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Cabang Kabupa....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PK IMM) Pendi....

Suara Muhammadiyah

24 June 2024

Berita

Meningkatkan Akses Pendidikan bagi para Pekerja JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muh....

Suara Muhammadiyah

24 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah