Zulkifli Hasan Beri Beasiswa Total 300 Juta untuk Mahasiswa Baru UMJ

Publish

18 September 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
265
Penyerahan seacara simbolis Zulhas Scolarship oleh Menteri Perdagangan RI, Dr. (HC) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M., (kiri) kepada mahasiswa UMJ pada Pembukaan PKKMB UMJ di Stadion UMJ, Senin, (18/09/2023).

Penyerahan seacara simbolis Zulhas Scolarship oleh Menteri Perdagangan RI, Dr. (HC) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M., (kiri) kepada mahasiswa UMJ pada Pembukaan PKKMB UMJ di Stadion UMJ, Senin, (18/09/2023).

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menteri Perdagangan RI, Dr. (HC) H. Zulkifli Hasan, S.E., M.M., memberikan beasiswa sebesar Rp. 300.000.000,- untuk mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Jakarta. Beasiswa tersebut disampaikan langsung dalam  kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Muhammadiyah Jakarta (PKKMB UMJ) yang bertema "Membangun Nalar Kritis, Mewujudkan Generasi Berkemajuan" di Stadion UMJ, Senin, (18/09/2023).

Pemberian beasiswa secara simbolis diterima oleh perwakilan dari mahasiswa baru UMJ, yaitu Muhammad Sofyan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Adinda Salsabila dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

"Setiap datang ke kampus, saya selalu memberikan bantuan dana berbentuk beasiswa. Hari ini ada beasiswa untuk mahasiswa UMJ sebesar 300 juta rupiah. Dana ini terkumpul dari pemotongan gaji 2000 anggota Dewan (Legislatif) yang kemudian dihibahkan untuk pendidikan dan kesehatan. Semoga beasiswa ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa," ujar Zulkifli.

Menteri yang berlatar belakang pengusaha sukses ini kemudian berbagi pengalamannya selama berkuliah yang juga diisi dengan berwirausaha. Menurutnya, status menjadi mahasiswa tidak dapat menghalangi seseorang untuk menjadi pengusaha. Bahkan, saat ini mahasiswa sangat mudah dan mampu untuk berwirausaha dengan bantuan teknologi informasi.

"UMJ adalah salah satu kampus yang sangat bagus di Indonesia. Kalian harus bersyukur dapat berkuliah di UMJ. Bentuk rasa syukur dapat kalian buktikan dengan belajar yang giat. Tentukan apa yang kalian inginkan di kampus ini. Jika sudah, tekuni pilihan itu," demikian nasihatnya pada para mahasiswa baru.

Lebih lanjut Zulkifli mengungkapkan bahwa pada tahun 2045 nanti Indonesia akan mengalami bonus demografi. Semua negara di dunia sudah memperkirakan bahwa Indonesia akan menjadi negara dengan ekonomi terkuat ke-5 di dunia. Oleh sebab itu Menteri Perdagangan RI ini mengajak seluruh mahasiswa UMJ untuk belajar sungguh-sungguh.

"Indonesia akan maju karena pemuda seperti kalian. Kompetensi bergerak sangat cepat, maka jadilah mahasiswa yang produktif. Kalau kalian lambat, kalian akan tertinggal," tambahnya.

Selaras dengan pernyataan tersebut, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 3 Jakarta, yang diwakili oleh Ketua Kelompok Kerja Kelembagaan dan Penjaminan Mutu Eksternal, Mulhadi HM, SH. MH., mengatakan bahwa mahasiswa diharapkan dapat tanggap dan memiliki kesadaran untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi.

"Sebagai komunitas akademik, mahasiswa mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mengambil manfaat dari peluang-peluang yang ada. Mahasiswa harus menguasai banyak keterampilan yang diperlukan di masa depan. Jadilah generasi muda yang unggul dan memiliki daya saing, " pungkas Mulhadi.

Acara Pembukaan PKKMB turut dihadiri oleh Anggota Komisi X DPR RI, Rano Karno, S.I.P., Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma'mun Murod, M.Si., beserta jajaran wakil rektor, dekan serta seluruh sivitas akademika di lingkungan UMJ.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Dengan 3 gerbong kereta api, kontingen SD Muhammadiyah 4 Pucang Surab....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

WONOSOBO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melaksanakan acara pen....

Suara Muhammadiyah

26 February 2024

Berita

ALOR, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah akan memasuki usia yang ke-111 pada tanggal 18 November 2023....

Suara Muhammadiyah

17 November 2023

Berita

TUBABA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten ....

Suara Muhammadiyah

16 April 2024

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menjadi tuan rumah rapat kerja wil....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah