Pendaftaran Nominasi Zayed Award for Human Fraternity 2025 Telah Dimulai

Publish

3 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
177
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Zayed Award for Human Fraternity (Penghargaan Zayed untuk Persaudaraan Manusia) telah sukses dilaksanakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab tahun 2024. Di mana menetapkan dua organisasi Islam terbesar yaitu Persyarikatan Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memperoleh penghargaan bergengsi tersebut.

Kini, panitia secara resmi telah membuka pencalonan penerima penghargaan global dan independen Zayed Award for Human Fraternity 2025. Tahun tersebut merupakan tahun kelima sejak tahun 2019 pertama kalinya dilaksanakan. Pengajuan nominasi akan dibuka dari Senin, 3 Juni – Selasa, 1 Oktober 2024. Adapun pengajuan nominasi dapat dilakukan melalui situs resmi Zayed Award for Human Fraternity.

Dewan juri independen yang beranggotakan para ahli di bidang pembangunan perdamaian dan hidup berdampingan akan meninjau nominasi dan menyeleksi calon penerima penghargaan yang akan diberikan dalam upacara pada bulan Februari 2025. Lebih tepatnya, bertepatan dengan Hari Persaudaraan Manusia Internasional yang diakui PBB. Momen tersebut juga memperingati penandatanganan Dokumen Persaudaraan Manusia oleh Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb.

Para penerima penghargaan adalah mereka yang upaya dan dampak kemanusiaannya sejalan dengan nilai yang diwariskan oleh almarhum Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan, diberi penghargaan pada sebuah upacara di Founder's Memorial, Abu Dhabi. Para pemenang akan memperoleh hadiah finansial sebesar 1 juta USD.

Sebagai informasi, Zayed Award for Human Fraternity adalah penghargaan global independen yang dipersembahkan oleh Komite Tinggi Persaudaraan Manusia. Penghargaan ini diberikan setiap tahun menjelang tanggal 4 Februari, yang bertepatan dengan Hari Persaudaraan Manusia Internasional. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya kemanusiaan mereka di berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, pengembangan masyarakat, pemukiman kembali bagi pengungsi, serta pemberdayaan perempuan dan pemuda.

Penghargaan ini pertama kali dilaksanakan setelah pertemuan bersejarah di Abu Dhabi antara Yang Mulia Paus Fransiskus, pemimpin Gereja Katolik, dan Yang Mulia Ahmed Al-Tayeb sebagai Imam Besar Al-Azhar, di mana kedua pemimpin tersebut turut menandatangani Dokumen Persaudaraan Manusia. 

Nilai-nilai yang digaungkan dalam penghargaan ini mencerminkan dedikasi Syekh Zayed untuk bekerja sama dengan siapa saja dari semua latar belakang, warisan moral, kemanusiaan, dan rasa hormat terhadap orang lain serta membantu mereka tanpa memandang agama, jenis kelamin, ras, atau kebangsaan.

Sejak pertama kali diberikan, para pemimpin, aktivis, dan organisasi kemanusiaan dari seluruh dunia telah menerima penghargaan ini, di antaranya: Paus Fransiskus, kepala Gereja Katolik (penerima kehormatan); Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb (penerima kehormatan); Sekretaris Jenderal PBB António Guterres; aktivis anti-ekstremisme Latifa Ibn Ziaten; Yang Mulia Raja Abdullah II bin Al Hussein dan Ratu Rania Al Abdullah dari Kerajaan Hashemite Yordania.

Kemudian, ada juga Organisasi kemanusiaan Haiti, Foundation for Knowledge and Liberty (FOKAL); Komunitas Sant’Egidio; Pembina perdamaian asal Kenya Shamsa Abubakar Fadhil; organisasi amal Indonesia Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah; ahli bedah jantung terkenal di dunia Profesor Sir Magdi Yacoub; dan pendiri LSM asal Chili, Suster Nelly Leon Correa. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Sesaat rangkaian pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Majel....

Suara Muhammadiyah

1 June 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menorehkan p....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Disaster Management Center telah memberangkatkan ti....

Suara Muhammadiyah

25 January 2024

Berita

BOGOR, Suara Muhammadiyah- Universitas Muhammadiyah Bogor Raya (UMBARA) berkunjung ke Universitas Mu....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Berita

PALANGKARAYA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Tengah (PWA Kalteng), melalu....

Suara Muhammadiyah

12 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah