518 Kader Tapak Suci Cilacap Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

Publish

26 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
190
Foto Istimewa

Foto Istimewa

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah 085 Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putra Muhammadiyah Kebupaten Cilacap, melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat Siswa. Peserta diikuti se - Kabupaten Cilacap sebanyak 518 siswa dari mulai SD, SMP dan SLTA, pada Sabtu - Ahad (24-25/12/2023) bertempat di SMA Muhammadiyah 1 Cilacap.

Ujian kenaikan tingkat mulai dari tingkat dasar, tingkat satu sampai tingkat empat serta kader atau pelatih. Ujian dengan tes tertulis yang materinya yaitu, keagamaan, kemuhammadiyahan dan keorganisasian Tapak Suci. Ujian kenaikan tingkat untuk dasar dengan syaratnya melengkapi biodata siswa Tapak Suci.

"Materi tersebut diujikan untuk semua siswa dalam kenaikan tingkat. Sedangkan, kader yang telah diuji akan kita bina, setiap setengah bulan sekali untuk mendalami latihan fisik dan jurus - jurus," jelas Tisam Mujahid sebagai Ketua Pimpinan Daerah 085 Tapak Suci Putra Muhammadiyah Kabupaten Cilacap.

Harapannya dengan ujian kenaikan tingkat siswa, dalam tahap membentuk jenjang kaderisasi. Karena Tapak Suci di bawah Persyarikatan Muhammadiyah. Maka dilakukan pembinaan secara rutin bidang agama dan persyarikatan Muhammadiyah.

"Kita tetap mengarahkan menjadi kader persyarikatan Muhammadiyah," harapnya.

Ujian kenaikan tingkat sebagai langkah awal untuk menuju prestasi atlet, maka tahap berikutnya dengan diselenggarakan seleksi untuk menjadi juara serta ada tambahan pemusatan latihan.

"Atlet digembleng secara fisik dan teknik Tapak Suci untuk meraih prestasi," tegasnya.

Sementara itu Ketua 2 Pimpinan Daerah 085 Tapak Suci Cilacap Muhammad Saefullah mengungkapkan ujian kenaikan tingkat ditambahkan tes wawancara bagi siswa yang dinaikan ke jenjang kader dan juga dilengkapi materi karya tulis. 

"Calon kader dipersiapkan untuk terjun di Cabang Unit latihan menangani siswa tingkat dasar dan tingkat satu sampai empat. Tingkat dasar dengan sabuk kuning polos, secara bertahap naik menjadi siswa tingkat satu sampai siswa tingkat empat serta jenjang kader sabuk biru polos sebagai pelatih," urainya.
 
Mengenai jumlah siswa Tapak Suci kedepannya diharapkan meningkat, karena dengan telah diuji 13 calon kader, yang akan mengembangkan cabang unit latihan di masing - masing wilayah.

"Diharapkan akan lebih banyak siswa Tapak Suci dimasa depan, dengan telah diuji 13 calon kader," ucapnya.

Pimpinan Daerah 085 Tapak Suci Cilacap mempersiapkan untuk POPDA awal Maret 2024, dengan menyelenggarakan Kejurda pada 26, 27, 28 Januari 2024. 

"Kejurda untuk persiapan siswa naik ke gelanggang, secara mental dan fisik akan lebih siap karena sudah pernah bermain," ujarnya.

Salah satu kader atlet berprestasi Tapak Suci Hamzah Mujahid mengungkapkan ujian kenaikan tingkat bagi atlit yang sudah benar - benar siap, karena mengemban amanah. Kepada atlit yang sudah berprestasi agar di pertahankan, untuk jenjang kedepannya. Dampaknya menguntungkan bagi diri sendiri dalam meraih cita - cita.

"Siap mengemban amanah, berusaha berprestasi yang maksimal. Dengan menghafalkan jurus - jurus, untuk meraih prestasi dengan lebih banyak latihan. Latihan rutin minimal seminggu nya sekitar sepuluh kali pertemuan," pungkasnya. (Wasis)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Gunungkidul melalui Majelis Ekonom....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kota Yogyakarta mengadak....

Suara Muhammadiyah

23 January 2024

Berita

LAMONGAN Suara Muhammadiyah - Ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiah (IMM) Jawa Timur Mohammad Mift....

Suara Muhammadiyah

31 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Tim Chatama Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil melak....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Berbagai firma hukum merasa terbantu dengan adanya program Center of Ex....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah