ACST Dorong Kolaborasi Akademisi di Bidang Akuntansi

Publish

22 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
140
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Program Studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung sukses menyelenggarakan Accounting Conference on Sustainability and Technopreneurial (ACST) 1st International 2024 pada Jumat (19/07/2024). Acara ini berlangsung secara luring di Auditorium KH Ahmad Dahlan, lantai tiga gedung UM Bandung, Jalan Soekarno-Hatta Nomor 752, dan daring.

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, serta ratusan mahasiswa UM Bandung. Kegiatan ini mengusung tema "Accounting Challenges and Opportunities in the Global Era". Acara ini juga berkolaborasi dengan beberapa perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA). Misalnya, UM Surabaya, UM Gresik, UM Palopo, Uhamka, dan UMMI.

Ketua Pelaksana Yasar Muhammad Farhan menyampaikan bahwa acara ini mencakup berbagai kegiatan, seperti lomba paper, esai, MC, dan content creator. "Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kerja sama dengan seluruh universitas Muhammadiyah di Indonesia," kata Yasar.

Selain itu, UM Bandung juga memanfaatkan kesempatan ini untuk menjalin kerja sama dengan UM Sidoarjo, UMMI, UM Gresik, dan UM Surabaya. Tidak hanya universitas dalam negeri, acara ini mengundang universitas dari India, Uzbekistan, dan Malaysia. "Kami berharap ke depannya acara ini bisa lebih meriah dan mengundang lebih banyak co-host dari berbagai negara," harap Yasar.

Wadah akademisi

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Bandung Ia Kurnia mengapresiasi dan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini yang berlangsung khidmat. Kegiatan ini bukan hanya konferensi dan ajang lomba, melainkan menjadi wadah bagi akademisi dan pelaku industri untuk berbagi pengalaman, khususnya di bidang akuntansi. "Melalui event ini, para akademisi saling bertukar pengetahuan terkait tantangan dan peluang akuntansi saat ini," ujar Ia Kurnia.

Menurut Ia Kurnia, pada era globalisasi dan digital saat ini, akuntansi memegang peranan penting dalam menjaga keberlanjutan. "Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan wawasan dan memperluas jaringan dalam membangun inovasi yang dapat mengatasi tantangan di masa depan," tambah Ia Kurnia.

Sementara itu, Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa akuntansi keberlanjutan merupakan paradigma baru. "Akuntansi keberlanjutan tidak hanya terfokus pada transaksi keuangan atau informasi. Namun, juga pada peristiwa sosial yang mendasari keuangan dengan tujuan mengetahui kualitas perusahaan," jelas Rektor.

Akuntansi berkelanjutan juga menjadi tantangan yang belum usai dihadapi oleh berbagai negara di dunia. "Akuntansi keberlanjutan sangat diperlukan oleh berbagai perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk menjaga kelestarian alam," imbuh Rektor. Oleh karena itu, Rektor berharap kegiatan ACST ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya akuntansi keberlanjutan bagi perusahaan. "Kami berharap konferensi internasional ini dapat menjadi media berbagi ilmu untuk menghadapi tantangan di masa depan," pungkas Rektor.*(FK/FA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Pendidikan Dasar Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdas....

Suara Muhammadiyah

27 August 2024

Berita

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Aula SMK Muhammadiyah 5 Gresik di Desa Surowiti menjadi saksi peluncura....

Suara Muhammadiyah

5 August 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah Bantul Kota  dan MTs Mu'alimin sukses menjadi juar....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang menggelar Seminar Bulan Bahas....

Suara Muhammadiyah

26 October 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Musyawarah Wilayah (Musywil) Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Muh....

Suara Muhammadiyah

9 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah