Agung Danarto: Tidak Ada Kebahagiaan Tanpa Kecintaan Allah

Publish

18 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
120
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Idul Adha adalah hari raya yang memiliki kedudukan tinggi di sisi Allah. Momentum ini bukanlah sekadar perayaan bersuka ria, melainkan hari bagi umat Islam untuk beramal dan beribadah kepada Allah SWT, serta untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan sifat tawadhu’ kepada Sang Pencipta. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. H. Agung Danarto, M.Ag., pada Senin (17/6) di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dalam pelaksanaan Salat Idul Adha 1445 H.

Dalam ceramahnya, Agung mengajak ribuan jamaah yang hadir meramaikan halaman kampus UMY untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, dengan tetap beristiqamah, teguh melaksanakan perintah, menjauhi larangan, dan menjalani hidup sesuai petunjuk Allah SWT. Selain itu Agung menghimbau seluruh jamaah Salat Idul Adha untuk meraih kesempatan berkurban bagi yang mampu.

“Islam mensyariatkan dan menganjurkan untuk memperbanyak bertakbir, bertahmid, dan bertasbih serta melakukan ibadah kurban bagi orang yang mampu,” pungkasnya.

Kurban adalah syariat Allah yang telah dilaksanakan sejak Nabi Ibrahim AS, dan merupakan amalan yang sangat dicintai Allah. Diperlukan persiapan matang dan niat khusus untuk melaksanakan ibadah tersebut. Ia juga mengatakan untuk tidak menunggu hingga memiliki uang lebih untuk berkurban, tetapi harus menetapkan anggaran tahunan mulai dari sekarang. Karena kesungguhan dalam melaksanakan amalan yang dicintai Allah akan mendatangkan kecintaan di sisi-Nya.

“Bila tahun ini belum bisa berkurban, tetapkan tahun depan bisa. Tidak ada kebahagiaan tanpa kecintaan Allah, dan cinta-Nya akan datang manakala kita mencintai Allah," ucapnya. 

Perintah ibadah atau amal saleh erat kaitannya dengan iman dan takwa. Amal ibadah adalah amal yang akan menyuburkan iman dan takwa. Orang-orang beriman dan bertakwa senantiasa siap sedia untuk berkorban, baik berkorban waktu, tenaga, ilmu, harta, jiwa, raga, pikiran, maupun kepentingan perasaan sendiri. Melalui Jihad di jalan Allah merupakan sebuah upaya sungguh-sungguh untuk melaksanakan ajaran Islam. Maka tidak heran orang beriman bisa dikatakan orang yang benar-benar berkurban dan berjihad, demi mencapai kemajuan, kejayaan, dan kemuliaan hidup.

“Tanpa pengorbanan dan upaya sungguh-sungguh kita akan gagal dan menjadi pecundang: pelajar tidak akan lulus, guru akan gagal, pedagang akan rugi, orang kaya akan bangkrut, masyarakat tidak sejahtera, dan negara tidak makmur," tegas Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMY ini lagi. 

Salat Idul Adha yang secara rutin dilaksanakan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tamantirto Utara ini juga dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si., selaku Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Serta yang bertindak sebagai imam salat adalah Mukhamad Rifki Hidayat, S.Pd.I., Anggota Lembaga Dakwah Khusus Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Mengingat pentingnya tradisi yang dirayakan oleh umat Islam ini, terdapat 112 ekor lembu dan 51 ekor kambing dari 22 masjid yang dipersiapkan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tamantirto Utara, yang rencananya akan disalurkan hingga masyarakat Kulon Progo dan Gunung Kidul, agar seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan makna  Idul Adha 1445 H tahun 2024. (DA)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) dan Musyawarah Wilayah (MUSYWIL....

Suara Muhammadiyah

27 December 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Asahan (STIHMA) Majelis Tab....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menambah jumlah guru besar ....

Suara Muhammadiyah

17 February 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Memiliki jaringan yang kuat dalam skala internasional menjadi salah....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah — Mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi UM Bandung Muchammad Zaldy Ardia....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah