'Aisyiyah Sulawesi Selatan Target Dirikan 24 Klinik

Publish

23 June 2024
pwa

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
329
Istimewa

Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Sebagai organisasi perempuan yang berkemajuan, Aisyiyah memiliki tanggung jawab besar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan. Hal ini dapat diimplementasikan manakala Aisyiyah berfokus pada peningkatan kesehatan masyarakat melalui penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau. 

Ini mencakup layanan kesehatan untuk ibu dan anak, program kesehatan reproduksi, serta penyuluhan dan edukasi kesehatan untuk mencegah penyakit dan mempromosikan gaya hidup sehat. Dalam konteks inilah Aisyiyah perlu mendirikan klinik di seluruh Indonesia. Klinik Aisyiyah bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama bagi mereka yang kurang mampu. 

Demikian beberapa pokok pembicaraan yang berkembang dalam workshop srategi pendirian dan pengembangan Amal Usaha Kesehatan Aisyiyah, yang dilaksanakan oleh Majelis Kesehatan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulawesi Selatan, di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Makassar (Ahad, 23 Juni 2024).

Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulawesi Selatan, Dr. Mahmudah, M.Hum., dalam amanahnya mengatakan bahwa pendirian klinik Aisyiyah menjadi program yang penting untuk dilaksanakan. Setelah workshop ini, diharapkan dua puluh empat kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan akan berdiri klinik Aisyiyah.  

Sementara itu, pengurus Majelis Kesehatan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Dr. dr. Arlina Dewi, M.Kes., AAK., dalam materinya mengatakan bahwa secara nasional, pihaknya telah memprogramkan 1000 klinik di seluruh Indonesia. 

Dalam bagian lain pemaparannya, dosen Universitas Aisyiyah Yogyakarta ini, mengatakan dalam pendirian klinik perlu adanya kerjasama dengan Persyarikatan Muhammadiyah. Di samping itu, dalam pengurusan klinik harus menghindari adanya konflik dan harus sering memantau perkembangan klinik. Jangan biarkan berjalan sendiri tanpa koordinasi dengan pimpinan Aisyiyah.

Ketua Divisi Pelayanan Kesehatan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sulawesi Selatan selalu penyelenggara workshop, dr. Nurhira Abdul Kadir, MPH., Ph.D., mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi kepada Pimpinan Daerah Aisyiyah yang belum memiliki klinik. Juga memberikan penyegaran dan kiat-kiat pengembangan kepada Pimpinan Daerah Aisyiyah yang sudah memiliki klinik. 

Workshop ini diikuti sekitar 50 orang peserta yang merupakan perwakilan Aisyiyah dan pengelola klinik Aisyiyah se-Sulawesi Selatan, termasuk peserta online.  Pendirian klinik Aisyiyah harus  berlandaskan nilai-nilai Islami. Sehingga berupaya memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui layanan kesehatan yang menyeluruh dan berempati. (hfs)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SM Tower Malioboro, perusahaan yang bergerak di bidang jasa bisnis ....

Suara Muhammadiyah

16 October 2023

Berita

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah - Guna menggelorakan kembali semangat literasi, tradisi membaca dan....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mayoritas undangan yang hadir berpeci hitam, mengenakan setelan bat....

Suara Muhammadiyah

2 May 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebagai seorang aktivis yang sering melakukan pendampingan kepada m....

Suara Muhammadiyah

5 December 2023

Berita

GOWA, Suara Muhammadiyah - Para siswa, guru dan tenaga pendidikan Madrasah Aliyah Aisyiyah Sunggumin....

Suara Muhammadiyah

18 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah