Aksi Bersih Lingkungan Peringati World Clean Up Day

Publish

15 September 2023
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
332
Aksi Bersih Lingkungan Peringati World Clean Up Day

Aksi Bersih Lingkungan Peringati World Clean Up Day

 SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Peringati World Clean Up Day (WCD) 2023, SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar aksi kebersihan lingkungan sekolah pada Jumat (15/9/2023). Kegiatan ini sesuai tema WCD 2023 Kami 13 Juta Relawan Bijak Kelola Sampah Menuju Indonesia Bersih.

Kegiatan WCD di sekolah ini dilaksanakan secara bersama-sama unsur warga sekolah dari kepala sekolah, guru, karyawan, dan 365 siswa kelas 7, 8, serta 9.

Kepala Urusan Kesiswaan SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta, Heru Hadiyono, S.Pd., S.Kom mengungkapkan kegiatan ini bertujuan membudayakan perilaku hidup bersih, sehat dan penerapan ramah lingkungan. Apalagi kita mengetahui bahwa SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta pada tahun 2023 meraih predikat sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Kegiatan kebersihan menindaklanjuti surat Kepala DLHK Provinsi Jawa Tengah terkait Pertisipasi Aksi World Cleanup Day (WCD) 2023 di sekolah. Meskipun demikian, kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah rutin kita laksanakan dan melibatkan semua unsur warga sekolah dan masyarakat sekitar,” jelasnya.

WCD merupakan aksi bersih-bersih serentak seluruh dunia setiap bulan September. Program WCD baik untuk diterapkan karena memberikan manfaat untuk membudayakan kepedulian warga sekolah terhadap kebersihan. Sekolah semakin bersih, nyaman, sehat, dan mendukung suasana belajar siswa.

Heru Hadiyono menambahkan kegiatan bersih lingkungan dan pungut sampah dibagi menjadi beberapa titik di sekolah. “Kita membagi siswa ke dalam kelompok-kelompok sesuai titik tempat yang dibersihkan. Ada yang membersihkan halaman depan sekolah, halaman belakang sekolah, dan lingkungan sekitar sekolah,” ungkapnya.

Heru berharap dengan adanya kegiatan rutin ini sekolah menjadi terjaga kebersihannya dan lingkungan menjadi sejuk dan nyaman untuk mendukung aktivitas belajar siswa. Manfaat kebersihan banyak sekali salah satunya menanamkan jiwa kepedulian siswa terhadap kebersihan lingkungan. “Jadi melatih kepekaan dan kepedulian siswa dengan aksi turun langsung membersihkan sekolah dan lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Sementara itu, Fawwaz Ahmad Adif bersama teman-teman kelas 7 terlihat sedang membersihkan halaman depan sekolah dan taman. Mereka menyapu, mencabuti rumput, memungut sampah plastik dan memasukkan ke dalam kantong sampah.

Hal serupa dilakukan oleh Arifa Laila Ramadhani, siswa kelas 7. Menurutnya kegiatan gotong royong kebersihan di sekolah penting karena membuat sekolah menjadi bersih, nyaman, dan asri.

“Saya bersama teman-teman membersihkan rumput, menyiram tanaman, memungut sampah-sampah plastik, dan menyapu. Semoga sekolah terjaga kebersihan dan menjadi indah dipandang. Saya juga biasa di rumah membantu orang tua untuk menyapu, mengepel lantai, dan menyiram tanaman,” jelasnya.

Muhammad Ghaisan Arif Eldia Putra dan Arkan Rahardian Triastama, siswa kelas 7 mengaku senang mengikuti kegiatan kebersihan di sekolah. Mereka berdua bekerja sama untuk membersihkan lingkungan barat sekolah. (Aryanto/Tri)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kini tengah merampungkan Gedung K....

Suara Muhammadiyah

22 April 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah – Musyawarah Cabang (Musycab) Muhammadiyah Simpang Empat dilaksanak....

Suara Muhammadiyah

6 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Assoc Prof Dr Jeb....

Suara Muhammadiyah

18 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka ikut serta merayakan Milad Muhammadiyah ke-111, P....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menyambut milad ke-24 SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat....

Suara Muhammadiyah

20 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah