Aksi Nyata Penanaman 1 Juta Manggrove

Publish

13 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
567
Foto Istimewa

Foto Istimewa

LLHPB PP Aisyiyah Kolaborasi dengan Lazismu PP Muhammadiyah

DEMAK, Suara Muhammadiyah - Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat Aisyiyah dan Lazismu PP Muhammadiyah bekerjasama dengan BNPB dan LLHPB PWA Jawa Tengah dan PDA Demak melakukan penanaman manggrove di pantai Gemulak dukuh  Daleman desa Gemulak Sayung Demak Jawa Tengah, Ahad (12/5/2024).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP Aisyiyah, Dr. Apt. Salmah Orbayinah, ketua LLHPB PP Aisyiyah, Rahmawati Husein, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi dan Sumber Daya Alam BNPB, Dra. Eny Supartini, M.M., kepala desa Gemulak, Lilik Latifah, Forkopimda Demak, serta Eko Novi Asdep PUG bidang Sosial Budaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Ketua LLHPB PP Aisyiyah, Rahmawati Husein bahwa kegiatan ini merupakan penguatan atau ketangguhan perempuan terhadap bencana di kawasan pesisir. “Kegiatan ini yaitu penguatan atau ketangguhan perempuan terhadap bencana di kawasan pesisir itu menjadi salah satu program Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulan Bencana Pimpinan Pusat Aisyiyah untuk menjawab isu-isu strategis yang sudah diputuskan muktamar.

Dia menambahkan bahwa program ini kerja sama LLHPB PP Aisyiyah dengan Lazismu PP Muhammadiyah. “Program ini dilaksanakan di pantai Gemulak Demak Jawa Tengah dengan bekerja sama Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, diharapkan menjadi tonggak untuk melakukan pengurangan risiko bencana di kawasan pesisir di seluruh Indonesia khususnya pesisir-pesisir yang rawan rob, abrasi maupun pesisir-pesisir yang rawan terhadap bencana tsunami,” tambahnya.

 Selain itu kegiatan mangrove ini juga menjadi bagian dari kegiatan penguatan kapasitas perempuan untuk menyelamatkan bumi bersama dengan penanaman manggrove di daerah pantai dan penanaman 1 juta pohon di daerah hulu atau daerah pegunungan untuk mengurangi banjir dan longsor. “Kita berharap Aisyiyah seluruh Indonesia bergerak untuk merawat bumi,” harapnya.

Ketua Umum PP Aisyiyah, Dr. Apt. Salmah Orbayinah yang ikut terjun ke pantai untuk menanam pohon manggrove mengapresiasi kegiatan ini.

“Saya sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah mengucapkan selamat atas program yang dilaksanakan oleh LLHPB Pimpinan Pusat Aisyiyah bekerjasama juga dengan LLHPB PWA Jawa Tengah juga Pimpinan Daerah Aisyiyah Demak,” ungkapnya.

Dia juga berharap agar program penanaman manggrove akan berkelanjutan. “Kami harapkan bahwa program penanaman mangrove ini tidak hanya fase awal saja nantinya, tapi kita juga berharap bahwa penanaman manggrove ini juga akan terus berkelanjutan dalam proses perawatannya juga sehingga mendapatkan hasil yang maksimal,” harapnya.

Aisyiyah berperanan penting dan bertanggungjawab untuk juga menjaga lingkungan dan mengurangi risiko bencana dan ini menjadi salah satu program prioritas Aisyiyah dan juga menjadi isu isu strategis yang sudah dilontarkan ketika muktamar dulu.

“Ini isu strategis yang sudah kita lontarkan, saat ini diimplementasikan dalam bentuk penanaman manggrove yang mungkin juga sudah berjalan di beberapa daerah dan salah satunya juga di kabupaten Demak ini, sehingga Insya Allah  Aisyiyah berperanan penting juga dalam  membantu pelestarian lingkungan, membantu habitat manggrove dan juga membantu pengurangan risiko bencana mengingat bahwa daerah Demak ini adalah daerah yang paling sering terkena rob, abrasi maupun banjir,” imbuhnya.

“Sukses untuk LLHPB Pimpinan Pusat Aisyiyah bekerjasama juga dengan BNPB dan juga pihak pihak pemerintah,” pungkas Salmah .Orbayinah. (*)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah Se Daerah Istimewa Yogyakarta menerima dana Zakat Infaq Sh....

Suara Muhammadiyah

17 October 2023

Berita

KARANGANYAR, Suara Muhammadiyah – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karanganyar tel....

Suara Muhammadiyah

2 November 2023

Berita

Indonesia merupakan negara dengan curah hujan yang tinggi. Inilah kenapa Anda membutuhkan gadget yan....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara memberi apresiasi atas pela....

Suara Muhammadiyah

27 March 2024

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - (MPI) l Pimpinan Cabang Aisyiyah simpang empat menggelar musycab ke - 3....

Suara Muhammadiyah

28 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah