Aksi Tanam Mangrove, Ikhtiar Uhamka dan Alumni Menjaga Kelestarian Alam

Publish

8 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
173
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan kegiatan Tanam Mangrove di Urban Aquaculture, Ketapang, Mauk, Kab. Tangerang, Sabtu (8/6).

Acara ini turut dihadiri oleh Desvian Bandasyah selaku Wakil Rektor II Uhamka, Gufron Amirullah selaku Ketua LPPM Uhamka, Ika Yatri selaku Wakil Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Sumardi selaku Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Edi Sukardi selaku Ketua Ikatan Keluarga Alumni Uhamka, Adiat Nuryasin  selaku Manager Kawasan Urban Aquaculture dan Alumni Uhamka sebagai peserta tanam mangrove.

Atas arahan Rektor Uhamka, Desvian Bandarsyah mengungkapkan kegiatan ini bisa memberikan kontribusi bagi perawatan air tanah di sekitar ibu kota, karena efeknya akan memengaruhi kehidupan manusia.

"Tindakan ini, merupakan tindakan yang akan menjadi virus positif yang nantinya dapat diikuti oleh banyak stakeholders di Uhamka," tutur Desvian.

Desvian menambahkan bahwa Uhamka sebagai Institusi Perguruan Tinggi memiliki tugas untuk memberikan pendidikan dan pencerah kepada masyarakat. Karena melalui penanaman mangrove ini akan memiliki manfaat untuk masyarakat dengan kualitas kehidupan yang lebih baik.

"Dengan menanam mangrove kita sudah berkontribusi bagi udara yang lebih baik, air tanah yang berkualitas dan kehidupan lingkungan bersama yang lebih baik untuk masa depan," tambah Desvian.

Selain itu, Gufron Amirullah selaku Ketua LPPM Uhamka mengatakan kegiatan penanaman mangrove ini dilakukan dalam rangka memeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh tanggal 5 Juni. Hampir sebanyak 300 jenis bibit mangrove yang telah ditanam.

"LPPM Uhamka memiliki banyak kegiatan selain konservasi lingkungan pada hari ini,  kami juga memiliki kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat. Terutama dalam bidang pengembangan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kreatif," ujar Gufron.

Di sisi lain, Edi Sukardi selaku Ketua Ikatan Keluarga Alumni Uhamka juga menyampaikan bahwa peran alumni melalui menanam mangrove adalah sebagai langkah Uhamka dalam ikut menjaga kelestarian alam.

"Merupakan sebuah tanggung jawab bagi kita sebagai manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya adalah melalui menanam mangrove ini sebagai ikhtiar Uhamka melalui peran para alumninya untuk ikut dalam menjaga lingkungan," ucap Edi.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Direktur Utama PT Syarikat Cahaya Media / Suara Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

11 May 2024

Berita

TANGSEL, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 25 Setiabudi Pamulang kembali Goes to Campus digelar ....

Suara Muhammadiyah

1 February 2024

Berita

PSBPS UMS Mengawali Roadshow Pelatihan Nasional dari Jakarta sampai Papua JAKARTA, Suara Muhammadiy....

Suara Muhammadiyah

25 April 2024

Berita

PEMALANG, Suara Muhammadiyah - Liburan sekolah telah tiba, saatnya para pelajar menikmati liburan pa....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban yang selama ini dilaku....

Suara Muhammadiyah

28 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah