Aktualisasi Nilai Ibadah Kurban dalam Kehidupan Sosial

Publish

20 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
98
Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H di  Pusat Dakwah Muhammadiyah Sulawesi Selatan

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H di Pusat Dakwah Muhammadiyah Sulawesi Selatan

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Ribuan umat Islam memadati Pelataran Pusat Dakwah Muhammadiyah Sulawesi Selatan, Senin (17/6), untuk melaksanakan Salat Idul Adha. Sebagai Khatib yaitu Dr M Ilham Muchtar, Lc., MA. Dalam khutbahnya, Ilham menyampaikan pesan-pesan yang mendalam tentang pentingnya aktualisasi nilai ibadah kurban dalam kehidupan sosial.

Dalam khutbahnya yang bertajuk "Aktualisasi Nilai Ibadah Qurban dalam Kehidupan Sosial", Ilham menekankan bahwa ibadah kurban bukan hanya sekadar ritual tahunan, akan tetapi harus menjadi momentum untuk memperkuat solidaritas dan kepedulian sosial di kalangan umat Islam.

"Setiap kali kita merayakan Idul Adha, kita diingatkan kembali dengan ketulusan cinta dan ketaatan Nabi Ibrahim as. dan keluarganya yang rela berkorban demi kepatuhan kepada perintah Allah," ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa qurban merupakan simbol pengorbanan yang sangat dalam, yang harus diaktualisasikan dalam bentuk kepedulian terhadap sesama, terutama kepada mereka yang membutuhkan. "Sikap kita terhadap qurban seharusnya mencerminkan kepedulian dan solidaritas terhadap kaum dhuafa dan mereka yang tertimpa musibah," tambahnya.

Lebih lanjut, Ilham Muchtar mengajak jamaah untuk merenungkan kondisi saudara-saudara mereka di Palestina dan berbagai daerah yang dilanda bencana di tanah air. Ia mengingatkan bahwa penderitaan yang dialami oleh mereka adalah ujian bagi umat Islam lainnya untuk menunjukkan rasa empati dan solidaritas.

"Apalah artinya seekor hewan qurban yang kita sembelih jika dibandingkan dengan nyawa seorang Ismail yang sangat dicintai kedua orangtuanya. Mari kita jadikan momen Idul Adha ini sebagai refleksi untuk lebih peduli dan berbagi kepada sesama," tegasnya.

Khutbah yang penuh dengan pesan moral dan spiritual ini mendapat sambutan positif dari jamaah. Jamaah bubar secara tertib dan teratur, setelah membuang alas koran yang dipakai salat ke tempat sampah yang telah disiapkan panitia. (Hadi/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Idul Adha adalah hari raya yang memiliki kedudukan tinggi di s....

Suara Muhammadiyah

18 June 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mengharumkan na....

Suara Muhammadiyah

8 December 2023

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Di tengah kompleksitas problematika tata kelola organisasi atau perus....

Suara Muhammadiyah

14 October 2023

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah - Prodi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB)....

Suara Muhammadiyah

9 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah