Baksos Qurban Plus-Plus ala Mugeb School di SMKM 5 Panceng

Publish

19 June 2024
aum

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
231
Foto Istimewa

Foto Istimewa

GRESIK, Suara Muhammadiyah - Ikut berqurban, siswa SD Muhammadiyah 1 GKB Gresik (Mugeb School) dapat bonus praktik bikin biskuit pakan ternak. Mugeb School menyumbangkan 3 sapi dan 5 kambing kepada SMK Muhammadiyah 5 Panceng. 

Tak ingin merasakan bahagia sendiri, Mugeb School turut mengajak serta dua sekolah mitra lainnya dalam kegiatan ini. Ialah MI Muhammadiyah 1 Pantenan dan MI Muhammadiyah 6 (Mimsix) Sekapuk.

Selasa (18/6/2024) pagi, sebanyak 50 siswa dari ketiga sekolah itu sudah tiba di SMKM 5 Panceng. Setibanya di sana, Kepala Mugeb School Mochammad Nor Qomari SSi menginfokan, di sana merupakan kesempatan untuk belajar bersama teman-teman dari madrasah lainnya. 

"Anak-anak berbaur dengan teman-teman dari sekolah lainnya ya," tutur Ustadz Ari, sapaan akrabnya, di lapangan SMK yang berdiri di atas lahan seluas 3,6 hektar itu. 

Rombongan siswa sekolah dasar itu mendapat sambutan hangat dari guru dan siswa SMKM 5 Panceng. "Senang melihat sekolah mitra datang," ujar Ketua Pelaksana Drs Ec Uripan Nada MPd ketika para siswa dan guru saling bersalaman di halaman sekolahnya. 

Ustadz Ari bersyukur, baksos qurban tahun ini banyak bonusnya. "Baksos qurban plus-plus-plus, Alhamdulillah. Plusnya ada lima!" ujarnya. 

Beliau lantas memaparkan. Pertama, melibatkan berkolaborasi dengan tiga sekolah mitra. Kedua, siswa yang qurban berkesempatan ikut outbound di SMKM 5 Panceng. Ketiga, mereka dapat keterampilan baru membuat pakan hewan ternak. Keempat, ada peluang berkenalan dengan teman-teman baru. Kelima, ini momentum yang baik untuk mengenalkan SMKM 5 Panceng.

Setelah mengikuti pembukaan, para siswa melihat pemotongan hewan qurban. Gema takbir mengiringi prosesi pemotongan. Mayoritas siswa berdiri melingkar. Tak ada ekspresi takut melintas di wajah mereka. Sementara sebagian lainnya melihat dan berinteraksi dengan jajaran hewan yang masih hidup. 

Selanjutnya, para guru dari empat sekolah bekerja bakti mengeksekusi daging qurban. Ada yang menguliti, memotong, dan menimbang. 

Outbound

Sementara itu, para siswa diajak outbound. Gelak tawa tak terelakkan ketika awalnya mereka main ular naga bersama. Kemudian, mereka dibagi secara acak menjadi tiga kelompok untuk mengikuti kegiatan di tiga pos. 

Pos pertama, memanah. Pos kedua, melihat hewan ternak milik SMKM 5 Panceng di kandang. Pos ketiga, membuat pakan ternak. Usai berkegiatan di satu pos, sekelompok siswa mengikuti kegiatan di pos lainnya secara bergantian.

Di pos 3, Fina Azzahra Putri kelas XI Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) SMKM 5 Panceng menjelaskan cara membuat pakan ternak ruminansia. Pakan olahan itu bernama Biskuit Fabyvera. Pasalnya, SMK itu memang dikenal sebagai SMK calon pengusaha muda pertanian dan peternakan. 

"Ini campuran limbah kulit gandum yang dihaluskan, daun Indigovera kering yang dihaluskan, dan cairan molase," terang perempuan yang biasa disapa Fina ini. 

Para siswa tampak penasaran dengan bahan yang ia jelaskan. "Kalian sudah tahu bagaimana bentuk daun Indigovera?" tanya dia bersambut gelengan para siswa. Ia pun berjalan ke dekat kandang ternak, lalu memetik selembar daun tanaman Indigovera yang tumbuh di sana. 

Fina lanjut menjelaskan, "Kita akan mencampur semua bahan, sedikit demi sedikit, sampai teksturnya cukup untuk bisa dicetak. Saat sudah dicetak lalu nanti kita jemur."

Aira Java, siswi kelas IV Muhammad Mugeb School semnagat dan riang mengikuti outbound itu. "Baru pertama kali, baru tahu. Rasanya kayak mainan pasir yang dikasih air gitu, kayak main lumpur," komentarnya.

Tak kalah antusias, siswa kelas V MIM 1 Pantenan Ahmad Rois Al Ariq berkomentar di tengah proses pembuatan, "Gampang-gampang susah, susah melepas dari cetakannya, takut rusak, pecah."

Green Qurban

Usai mengikuti kegiatan pada ketiga pos, siswa kembali diajak ke area penyembelihan hewan qurban. Mereka diajak membungkus daging yang sudah ditimbang. Menariknya, pembungkusan memakai daun jati. 

Ari menegaskan, pihaknya sengaja melanjutkan realisasi green qurban sebagaimana pada baksos-baksos di setiap tahunnya. "Kita memang mengurangi sampah plastik sekali pakai. Jadi pakai daun jati yang lebih alami," ungkapnya. 

Diapit desa Surowiti, Serah, dan Murber, para siswa juga diajak membagikan daging-daging ke warga sekitar. Pembagian daging dilakukan dengan menaiki motor. Seorang guru membonceng seorang siswa. 

"Kita harus naik motor karena lokasi SMK dan pemukiman warga jauh. Sekolah ini berada di perbukitan, dikelilingi sungai dan lahan bersemak," jelas Nur Fadhila, salah satu guru Mugeb School yang ikut baksos bertajuk "Spectacular Taawun Idul Adha (Spectada)" itu. 

Baksos siang itu ditutup dengan makan bareng di salah satu ruang kelas SMKM 5 Panceng. Ada menu daging berupa rawon dan non daging berupa sayur sop dengan lauk tahu, tempe, dan ayam goreng. (Sayyidah Nuriyah)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Berbagai beasiswa menarik diberikan oleh Universitas Muhammadiyah Malan....

Suara Muhammadiyah

14 June 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) bersama dengan 13 perguruan....

Suara Muhammadiyah

14 May 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) UM Bandung sukses menggela....

Suara Muhammadiyah

27 December 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Uji Kompetensi Wartawan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UKW UMJ) ya....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY melakukan silaturahmi ....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah