Iconz ke-7, Forum Akademik Terbesar

Publish

8 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
191
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Badan Amil Zakat Nasional RI (Baznas RI), Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., mengungkapkan Konferensi Zakat adalah forum akademik terbesar dengan melibatkan berbagai pihak dari kementerian, praktisi, hingga universitas dalam dan negeri maupun luar negeri. Hal tersebut disampaikannya melalui fasilitas zoom meeting dalam acara International Conference of Zakat (ICONZ) ke-7 yang diselenggarakan di Aula KH. A. Azhar Basyir Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Selasa (07/11/2023).

Gelaran ICONZ ini telah menjaring lebih dari 1000 makalah dan menghasilkan lebih dari 100 makalah yang akan diseminasikan. KH Noor Achmad juga mengatakan bahwa konferensi ini akan menghasilkan ide dan riset untuk membuat inovasi dalam memperkuat manajemen zakat.

"Konferensi internasional ini diikuti peserta dari luar maupun dalam negeri, menggunakan tiga bahasa, yang tentunya akan membuat sebuah ide dan riset sebagai edukasi untuk memperkuat manajemen zakat," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Baznaz DKI Jakarta, Rini Suprihartini, S.E. M.Si., menyampaikan Baznaz RI terus berupaya melakukan inovasi pengelolaan zakat agar memberikan dampak secara sosial  dan ekonomi yang lebih luas kepada masyarakat di Indonesia.

Tidak hanya itu, Rini menyampaikan bahwa Pemerintah ikut berperan dalam pengelolaan zakat. Contohnya di Provinsi DKI Jakarta yang selama ini didukung penuh oleh Pemerintah struktural, mulai dari pengumpulan hingga  pendistribusian, dan pendayagunaan dana dari Pemerintah sampai ke level rumah tangga.

Lebih lanjut Rini mengatakan bahwa BAZNAS BAZIS DKI Jakarta mempunyai keistimewaan tersendiri dalam konteks mengelola zakat di Indonesia selama ini, ada capaian dan implementasi di lapangan yang kemudian memerlukan banyak dukungan, baik dari akademisi maupun pengambil kebijakan yang mendorong pengelolaan zakat.

“Kami mengucapkan terima kasih telah dilibatkan dalam event ini, sehingga kami merasa BAZNAS DKI Jakarta dapat berperan dan berkontribusi,” imbuh Rini lebih lanjut.

Konferensi ini juga menghadirkan narasumber dari lembaga pemerintahan, yaitu Wakil Menteri Agama RI, Saiful Rahmat, S.IP., M.Si., Deputi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Modernisasi Beragama Menko PMK, Prof. Warsito, S.Si, DEA, Ph.D., Deputi Makro Ekonomi Menko Perekonomian, Dr. Ferry Irawan, SE., M.SE., Dirjen Pembangunan Ekonomi dan Investasi Desa Ir. Harlina Sulistyorini, M.Si., Staf Ahli Menteri PUPR Ir. K. M. Arsyad, M.Sc., Deputi Pembangunan Manusia, Sosial, dan Budaya BAPPENAS Drs. Amich Alhumami, MA., M.Ed., Ph.D., Deputi Kebijakan Pembangunan BRIN Dr. Mego Pinandito, dan Direktur OJK Nyimas Rohmah. (NV/FZ)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Pusat dalam rangkaian Olimpiade Ahmad Da....

Suara Muhammadiyah

7 March 2024

Berita

Ajak Hamka Muda Isi Liburan dengan Aktif dan Produktif di Masyarakat JAKARTA, Suara Muhammadiyah - ....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Mudik Inklusi Ramah Anak dan Disabilitas (MIRAD), yang sebelumnya pad....

Suara Muhammadiyah

16 April 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PW....

Suara Muhammadiyah

29 November 2023

Berita

CILACAP, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) Pimpinan Daerah Muhamma....

Suara Muhammadiyah

22 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah