Bincang BIPA PBSI FKIP Uhamka, Kembangkan Internasionalisasi Bahasa Indonesia

Publish

30 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
313
Foto Istimewa

Foto Istimewa

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan kegiatan Bincang Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA) dengan tema "Mengulas Kembali Pelatihan Tematik BIPA di UI" yang dilaksanakan di gedung FKIP Uhamka, Kamis (30/11).

Acara ini turut dihadiri oleh Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Nur Aini Puspitasari selaku Dosen Pembimbing, Abdul Rahman Jupri selaku Dosen Pembimbing, serta  mahasiswa PBSI semester I, V, dan VII.

Purnama Syae Purrohman selaku Dekan FKIP Uhamka menuturkan, dengan adanya BIPA maka akan datanglah mahasiswa asing ke Indonesia. Di Uhamka sudah membuat Lembaga BIPA di tingkat fakultas. Jika sudah memasuki jangka waktu dua tahun, maka dapat mengajukan Darmasiswa. Program Darmasiswa merupakan program beasiswa dari Kemendikbud untuk mahasiswa asing yang ingin belajar bahasa Indonesia, seni, musik dan kerajinan. 

“Maka saya akan sangat mendorong prodi PBSI FKIP Uhamka untuk menghasilkan pegiat BIPA . Saya kira BIPA ini penting, apalagi bahasa Indonesia sudah diakui UNESCO. Saya minta agar dimaksimalkan mahasiswa PBSI ini bisa memiliki sertifikat BIPA minimal level 1 agar terkualifikasi mengajar BIPA.

Selanjutnya, Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka menyampaikan apresiasinya kepada  prodi PBSI FKIP Uhamka yang menggalakan BIPA. Ia berharap dengan memulai langkah ini kedepannya Uhamka bisa mendirikan Lembaga BIPA.

“Mudah mudahan langkah dari PBSI ini kedepannya dapat membuahkan hasil yaitu berupa Lembaga BIPA yang profesional di Uhamka, sehingga Uhamka juga dapat membuka program Darmasiswa,” ujar Ika.

Di lain pihak, Nur Aini Puspitasari selaku Dosen Pembimbing mengatakan bahwa di prodi PBSI FKIP Uhamka memiliki tiga mata kuliah pilihan diantaranya BIPA, Sastra, dan Jurnalistik. Mata kuliah BIPA ini berjumlah 13 SKS yang dimulai dari semester 5 hingga 7. 

“Terima kasih kepada pak dekan dan ibu wadek mau berkenaan hadir serta apresiasi dan dukungannya. Pada 20 November 2023 bahasa Indonesia sudah diakui sebagai bahasa resmi UNESCO. Maka kita turut bangga berkuliah di PBSI FKIP Uhamka. Kegiatan ini sebenarnya merupakan kegiatan diskusi dan membagikan ilmu serta pengalaman yang pecan lalu mengikuti pelatihan BIPA Tematik di Universitas Indonesia,” ungkap Nur Aini.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/  atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka  . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pusat Data Penelitian Pengembangan dan Jurnal Suara Muhammadiyah me....

Suara Muhammadiyah

21 October 2023

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Meningkatkan karakter religius menjadi poin penting yang harus diterapkan....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Pada Ahad, 25 Februari 2024, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM)....

Suara Muhammadiyah

6 March 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Labschool Sekolah Menengah Pertama (SMP) Universitas Muhammadiyah (Un....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa prodi Kriya Tekstil dan Fashion (KTF) UM Bandung angka....

Suara Muhammadiyah

19 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah