BMT SAM Wonogiri Telah Berkiprah 19 Tahun

Publish

27 January 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
203
Foto istimewa

Foto istimewa

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Koperasi Simpan Pimpinan dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitul Mal Wa Tanwil (BMT) Surya Artha Mandiri (SAM) menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan Tutup Tahun 2023 dengan tema Bersama Membangun Usaha Mandiri yang diselenggarakan Sabtu, 27 Januari 2024 di Balai Muhammadiyah Wonogiri.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Wonogiri Drs.H. KusmanToha, M. Pd. , Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Drs. Dwi Sudarsono, Pengurus, Dewan Pengawas, manajer dan pengelola, serta seluruh undangan dan anggota KSPPS BMT SAM dari berbagai kecamatan di Kabupaten Wonogiri dan wilayah di Jakarta.

Acara didahului pembukaan, pembacaan Ayat Suci Al Qur’an oleh ananda Wildan Ar Rosyid siswa SMP Muhammadiyah Wonogiri. Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Sang Surya. Dilanjutkan sambutan doa yang dibawakah KH Mualim.

Dalam sambutannya ketua KSPPS BMT SAM Subandi PR, S.Pd. mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua anggota, alhamdulillah BMT SAM sudah 19 tahun berjalan, banyak Pelajaran yang dipetik bahkan BMT yang dulu sebagai guru, kini sudah tidak beriperasi lagi, maka kita syukuri dengan selalu meningkatkan kinerja. Sekalipun di tengah kondisi ekonomi yang belum stabil, pendapatan Masyarakat menurun, daya belipun juga ikut menurun, pelaku usaha menengah dan mikro dihadapakan pilihan yang sulit. Usaha dilanjutkan dengan resiko rugi atau menutup usaha resiko tidak memiliki pendapatan, yang berdampak kepada BMT pada kejadian macetnya beberapa angsuran pinjaman anggota.

Dalam laporannya Subandi menyampaikan dalam kondisi serba sulit, alhamdulillah BMT mampu mencapai Sisa Hasil Usaha (SHU) sebesar Rp 109.342.818,- yang terdiri dari SHU dari BMT Rp 79.166.083. – dan SHU TokoMu Rp 30.176.735,- dari rencana SHU sebesar Rp 137.246.393,- atau turun 20 %. Kondisi ekonomi yang serba sulit berdampak kepada turunnya omset. Ke depan Subandi juga berharap bisa berjalan lebih baik lagi.

Ketua PDM Wonogiri Drs.H. Kusman Toha, M. Pd. Menyampaikan harapan kedepan koperasi BMT SAM bisa memberikan layanan kepada semua anggota, termasuk amal usaha Muhammadiyah dalam pengadaan berbagai kebutuhan perserikatan, demikian juga BMT bisa memberikan support dukungan dalam berbagai kegiatan persyarikatan.

Sambutan kepala dinas koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian dan perdagangan Pemda Wonogiri yang dalam hal ini diwakili Drs. Dwi Sudarsono sebagai Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro manyampaikan apresiasi kepada Pengurus dan anggota KSPPS BMT SAM yang telah menyelenggarakan RAT tepat waktunya. Pak Dwi sapaan akrabnya menyampaikan sambutan dalam pengembangan koperasi yang sehat memenuhi kaidah dan standar. Dwi juga mengingatkan agar kesehatan koperasi diperhatikan dan dijaga dengan baik.

Acara berlangsung dengan dinamis pertanggungjawaban pengurus dan pengawas serta masukkan dari para anggota baik secara langsung maupun secara tertulis yang akan menjadi bahan evaluasi di tahun depan. Semua rangkaian persidangan RAT berjalan lancar dari pengesahan tata tertib RAT Tahun 2023, Pengesahan berita acara RAT Tahun 2022, laporan pertanggung jawaban pengurus tahun 2023, rencana kerja pengurus KSPPS BMT SAM tahun 2024, alporan pengawas dan dewan pengawas syariah, dan pengesahan RAT tahun buku 2023. Acara diakhiri dengan pembagian doorprize dari berbagai rekanan mitra BMT SAM. (Muhammad Julijanto)

 

 

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara melalui Lembaga Budaya, S....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Tanggal 29 Maret 2024, Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insan....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah - Pada Rabu, 10 Januari 2024, Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fak....

Suara Muhammadiyah

16 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Daurah ilmiyah singkat bagi 20 orang Mudir Pesantren Muhammadiyah d....

Suara Muhammadiyah

26 December 2023

Berita

OKUTIMUR, Suara Muhammadiyah - Lazismu kabupaten OKU Timur mendistribusikan dana Infak, dan Sedekah ....

Suara Muhammadiyah

9 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah