Dari Kemendikbud Ristek, UMP Terima Pendanaan Program Kemitraan Industri Rumah Tangga

Publish

22 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
140
UMP

UMP

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali mencetak prestasi gemilang dengan berhasil lolos pendanaan Program Kemitraan Industri Rumah Tangga Usaha Menengah (IRT-UM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Program ini mendapatkan pendanaan sebesar Rp 499.988.000, sebagai bentuk dukungan untuk mengembangkan kolaborasi antara UMP dan sektor usaha menengah industri rumah tangga. 

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) dilakukan pada Jumat, 18 Oktober 2024 kemarin, dengan Wakil Rektor 4 UMP bertindak mewakili Rektor Universitas. Program ini diharapkan dapat meningkatkan inovasi dan pemberdayaan dalam sektor industri rumah tangga di wilayah Purwokerto dan sekitarnya, dengan melibatkan akademisi UMP untuk memberikan pendampingan dan pengembangan usaha. 

Tim Unggulan dari UMP 

Program ini dipimpin oleh tim akademisi UMP yang diketuai oleh Prof. Dini Siswani Mulia, dengan anggota tim yang terdiri dari para ahli di bidang industri dan pemberdayaan masyarakat, yaitu Prof. Dr. Sri Wahyuni, Ratna Kartika Wati, Ph.D, Akhmad Darmawan, Ph.D., Suwarsito, M.Si, Dewi Susylowati, M.Si, dan Eqwar Saputra, kolaborasi ini bertujuan untuk memberikan solusi konkrit dalam meningkatkan daya saing usaha rumah tangga dan usaha menengah melalui inovasi teknologi, manajemen usaha, dan pelatihan intensif bagi para pelaku industri. 

Dampak Positif bagi Industri Rumah Tangga 

Dengan pendanaan ini, UMP akan berperan sebagai mitra strategis dalam memberdayakan pelaku usaha kecil dan menengah, khususnya di sektor industri rumah tangga. Program ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan usaha mandiri yang berkelanjutan, dengan fokus pada peningkatan kualitas produk, pemasaran, dan manajemen bisnis yang lebih profesional. 

"Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kemendikbud Ristek kepada UMP. Melalui program ini, kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan sektor IRT-UM, serta menciptakan dampak positif bagi ekonomi lokal dan nasional," ujar Prof. Dini Siswani Mulia, Ketua Tim IRT-UM UMP. 

Lebih lanjut, ketua LPPM, Prof. Dr. Sri Wahyuni berharap UMP mendapatkan hibah lain di tahun berikutnya. Program Kemitraan ini menjadi salah satu langkah strategis UMP dalam mendukung misi pemerintah untuk memperkuat sektor ekonomi masyarakat berbasis usaha menengah dan rumah tangga, yang juga sejalan dengan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi dan pemberdayaan. (tgr/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PALANGKA RAYA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 50 peserta mengikuti kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan K....

Suara Muhammadiyah

24 August 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Teknologi yang berkembang semakin masif memungkinkan untuk ter....

Suara Muhammadiyah

3 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menyongsong Pesta Demokrasi yakni Pemilihan Umum 2024, Pusat Studi ....

Suara Muhammadiyah

5 January 2024

Berita

MAMUJU, Suara Muhammadiyah - Nasyiatul Aisyiyah melaksanakan Sosialisasi terkait pola asuh oran....

Suara Muhammadiyah

14 August 2024

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pelatihan Jurnalistik Berkemajuan 2024 di gelar pada Sabtu 3 Februari 2....

Suara Muhammadiyah

4 February 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah