Download Kalender Hijriyah Global Tunggal 1446 H Muhammadiyah

Publish

9 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

2
3926
Foto Dok SM

Foto Dok SM

Download Kalender Hijriyah Global Tunggal 1446 H Muhammadiyah 

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, mengemukakan bahwa tahun 1446 hijriyah semakin menuntut umat Islam di seluruh dunia untuk memiliki Kalender Hijriyah Global Tunggal sebagai bentuk utang peradaban. Haedar menegaskan bahwa umat Islam seharusnya merasa malu karena masih terdapat perbedaan dalam menentukan hari dan tanggal hijriyah, termasuk penentuan awal Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, dan 1 Muharram, baik antar negara maupun dalam satu negara. "Perbedaan ini sering kali terjadi secara dadakan dan mengandung ketidakpastian," tegas dalam artikelnya, Tahun Baru, Bergerak Maju, Ahad (7/7/2024)

Sebaliknya, Kalender Masehi atau Miladiah di dunia luar sudah pasti dan telah lama menjadi rujukan global. Haedar menekankan perlunya ijtihad dan penafsiran baru atas hadis Nabi yang berkaitan dengan hukum alam dan peredaran benda-benda langit, sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dan mengarah pada kepastian.

Haedar menambahkan bahwa umat Islam perlu menghilangkan ketidakpastian dan menuju kepastian dalam penentuan hari, bulan, dan tahun hijriyah sebagai bukti kemajuan peradaban. Allah menciptakan alam semesta dengan hukum alam atau sunnatullah-Nya yang pasti. Allah juga menghendaki kemudahan dan tidak menghendaki kesukaran dalam beragama, sebagaimana disebutkan dalam QS Al-Baqarah: 185. Oleh karena itu, Haedar mempertanyakan mengapa umat Islam justru memproduksi kesukaran yang menunjukkan kekakuan dan kebekuan berpikir.

Suara Muhammadiyah telah menerbitkan Kalender Hijriyah Global Tunggal. Pemberlakuan ini sesuai dengan Keputusan Musyawarah Nasional XXXII Tarjih Muhammadiyah di Pekalongan, Jawa Tengah tahun 2024.

Kalender Hijriyah Global Tunggal 1446 dapat didownload di sini


Komentar

Sultoni

Alhamdulillah, semoga semakin bermanfaat dan dapat menjadi patokan umat. Kalau boleh saran, mungkin di adakan versi yang dipenyusunan spt kalender pada umumnya, susunan bentuk kotak. Terimakasih

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

SINJAI, Suara Muhammadiyah - Muh Ilham salah satu mahasiswa baru Universitas Islam Ahmad Dahlan (UIA....

Suara Muhammadiyah

3 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muha....

Suara Muhammadiyah

21 May 2024

Berita

BALI, Suara Muhammadiyah - Bertepatan dengan hari pahlawan dan jelang Milad Muhammadiyah 111 tahun, ....

Suara Muhammadiyah

11 November 2023

Berita

ASAHAN, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Hotel Sabty Garden Asahan, SMA Muhammadiyah 8 Kisaran &nbs....

Suara Muhammadiyah

4 March 2024

Berita

BANYUWANGI, Suara Muhammadiyah – Nama Muhammadiyah Banyuwangi akhirnya muncul saat panitia mem....

Suara Muhammadiyah

11 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah