ECA 2024 Komunikasi Umri Sukses, Apresiasi Karya Mahasiswa

Publish

29 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
107
Foto Istimewa

Foto Istimewa

PEKANBARU, Suara Muhammadiyah - Event tahunan English Communication (ECA) 2024 yang diinisiasi program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Riau (Fikom Umri) sukses digelar pada Sabtu (27/7/2024) bertempat di Anjungan Seni Idrus Tintin Kompleks Purna MTQ Pekanbaru. 

Sebanyak 250 mahasiswa yang hadir di ruangan pertunjukan seni itu tampak antusias mengikuti rangkaian acara sejak pukul 15.00 hingga pukul 17.00 untuk screening atau penayangan dan pukul 20.00 hingga pukul 23.00 acara puncak berupa Awarding. 

Para mahasiswa menanti pengumuman penghargaan karya berupa video berbahasa inggris pembacaan berita, MC, Vlog, Iklan dan film pendek yang terbagi dalam beberapa kelompok dan dipilih 13 kategori karya terbaik. Kegiatan ini merupakan luaran mata kuliah English Communication yang wajib diikuti seluruh mahasiswa semester 2.

Kategori penghargaan karya mahasiswa itu antara lain; Best vlog introduction, Best vlog transportation, Best New Anchor, Best vlog My science of Communication Study Program, Best English Delivery, Best English Story, Best English Script, Best English Arrangement, Best Main Lead, Best English Poster, Best English Teaser, Best Team dan Best English Short Movie.

Dosen pengampu mata kuliah English Communication Nora Anzellita mengatakan bahwa event ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan ini adalah tahun kelima. Ia juga menegaskan bahwa tujuan diselenggarakannya ECA adalah agar seluruh mahasiswa kreatif dan terus berupaya meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya dengan praktek langsung dengan karya video pembacaan berita, MC, Vlog, Iklan dan film pendek. 

“Event ini rutin dilaksanakan setiap tahun dan alhamdulillah ini adalah tahun kelima kita laksanakm. Ia juga menegaskan bahwa tujuan diselenggarakannya ECA adalah agar seluruh mahasiswa kreatif dan terus berupaya meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya dengan praktek langsung dengan karya video pembacaan berita, MC, Vlog, Iklan dan film pendek” urai Nora.

Nora juga menjelaskan bahwa dalam rangkaian kegiatan acara ini dilaksanakan menggunakan bahasa inggris. 

“Kita arahkan seluruh mahasiswa yang terlibat, berkomunikasi dengan bahasa Inggris dengan baik dan benar mulai briefing hingga pengumuman oleh MC dan tanggapan peserta yang mendapatkan penghargaan” urai Nora lagi.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Fitria Mayasari SIKom MA mengatakan bahwa acara English Communication Award ini merupakan tugas akhir dan luaran mata kuliah English communication. Fitria juga mengatakan bahwa kegiatan ECA menjadi rutinitas setiap semester bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah English Communication.

“Ya, ini setiap semester luaran mata kuliah English Communication kita Buatkan event dalam berbahasa inggris supaya memberikan kesempatan mahasiswa untuk praktek berbahasa inggris langsung dengan melaksanakan event ECA ini, dan tentunya memberikan pengalaman baru bagi para mahasiswa sekaligus menjad tim Event Organizer” jelas Fitria.

Dalam sambutan pada puncak kegiatan itu, Dekan Fikom Umri Jayus SSos MIKom mengatakan bahwa ia mensupport penuh dan mengapresiasi event ini sehingga dapat terlaksana hingga tahun kelima.

“Ini adalah satu langkah yang positif. Saya mengapresiasi upaya kaprodi dan dosen pengampu mata kuliah serta pantia pelaksana dan tentu saja ini kita support penuh karena mahasiswa harus terus meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya beserta skill lainnya yang menjadi capaian pembelajaran” tegas Jayus.

Sementara itu, Ketua Panitia ECA 2024, Azra mengaku bangga dan senang karya teman-teman mahasiswanya bisa diputar dan diberi penghargaan di Anjungan Seni Idrus Tintin Pekanbaru yang dikenal dengan Sarana Budayanya Melayu Riau.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami mahasiswa semester dua. Alhamdulillah acaranya berjalan sukses. Sebagai ketua panitia saya iberterima kasih kepada pihak kampus dan Ma’am Nora Anzellita yang telah menginisiasi acara ini dan terima kasih  juga untuk sponsor telah mensupport kegiatan ini” kata Azra bangga.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TANGERANG, Suara Muhammadiyah - Pada Ramadhan 1445 H kali ini Lazismu Kabupaten Tangerang bekerja sa....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Berita

WONOGIRI, Suara Muhammadiyah - Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kwarda Wonogori Menyelenggarakan Musy....

Suara Muhammadiyah

30 June 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Siswa SMP Muhammadiyah 13 Makassar Muh. Faiz S. Musgamy meraih juara ....

Suara Muhammadiyah

5 August 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Ribuan peserta mengikuti semarak jalan sehat yang diadakan oleh Universit....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pusat Data Penelitian Pengembangan dan Jurnal Suara Muhammadiyah me....

Suara Muhammadiyah

21 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah