FAI UAD Kunjungi FP UIS, Bahas Peluang Kerja Sama Internasional

Publish

22 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
163
Doc. FAI UAD

Doc. FAI UAD

KUALA LUMPUR, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka memperluas jaringan kerjasama internasional, Fakultas Agama Islam Universitas Ahmad Dahlan (FAI UAD) melakukan kunjungan ke Fakulti Pendidikan Universitas Islam Selangor (FP UIS) di Malaysia, Senin (20/5). Kunjungan ini merupakan bagian dari program “International Partnership Program” yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama pendidikan dan budaya antara Indonesia dan Malaysia.

Delegasi FAI UAD yang dipimpin oleh Dekan Dr. Arif Rahman, M.Pd.I, diterima hangat oleh Dekan FP UIS, Dr. Sapie Sabilan. Rombongan dari UAD terdiri dari beberapa dosen, termasuk Yusuf Hanafiah, M.Pd.I, Zalik Nuryana, M.Pd.I, dan Dr. Sri Roviana, M.A, yang turut serta dalam membahas berbagai agenda kerjasama.

Dr. Arif Rahman menyatakan program ini menggunakan skema hibrid, sehingga memungkinkan pertukaran mahasiswa untuk memperdalam pengetahuan dan pengalaman budaya antar kedua negara. Kerjasama ini juga mencakup inisiatif kolaborasi penelitian dan program visiting lecturer, yang diharapkan dapat memperkaya kualitas pembelajaran dan penelitian di kedua universitas.

"Kami sangat antusias dengan pembukaan kesempatan baru ini. Program-program yang kami rancang bersama UIS diharapkan dapat membawa dampak positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mempererat hubungan antar universitas yang dalam perguruan Muhammadiyah di sebut dengan Catur Dharma,” ujarnya.

Dari sisi FP UIS, Dr. Sapie Sabilan mengungkapkan kegembiraannya atas kunjungan ini dan berharap bahwa kerjasama ini akan berlangsung dan berkelanjutan.

“Kami menyambut baik inisiatif ini dan siap bekerja sama dalam berbagai bidang yang telah kita sepakati bersama,” katanya.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan program pascasarjana dari UMY, Direktur Pasca Sarjana Prof Ir Sri Atmaja P Rosyidi, ST., MScEng., PhD., P.Eng., IPU., ASEAN.Eng dan Wakil Direktur Pasca Sarjana Prof Dr Zuly Qodir, MAg yang akan menginisiasi kerja sama dengan UIS. Hal ini menunjukkan bahwa potensi kerjasama tidak hanya terbatas pada UAD dan UIS, tetapi juga melibatkan institusi lain dalam memperluas jaringan akademik.

Dengan terjalinnya kerjasama ini, semua institusi yang terlibat berharap dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan membuka lebih banyak peluang untuk pengembangan profesional dan akademik bagi mahasiswa dan staf kedua universitas. Kunjungan ini menandai langkah penting dalam hubungan internasional antara Indonesia dan Malaysia dalam sektor pendidikan tinggi, dan menjadi deretan dari banyaknya kerjasama berkelanjutan di masa depan. (Zal/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Prof.Dr Hamka ( UHAMKA) Menjadi salah s....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Berita

MURUNG RAYA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (LazisMu)....

Suara Muhammadiyah

16 July 2024

Berita

PAMEKASAN, Suara Muhammadiyah - Semangat baru, harapan baru. Mungkin itu berhak untuk disematka....

Suara Muhammadiyah

18 June 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan Pelanti....

Suara Muhammadiyah

13 November 2023

Berita

Hasil Munas PLSP PTMA Terus Dukung Perkembangan Sertifikasi di Kampus YOGYAKARTA, Suara Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

29 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah