Festival Pers dan Literasi Muhammadiyah Membuanakan Gerakan Persyarikatan

Publish

24 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
85
Istimewa

Istimewa

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengadakan Festival Hari Pers dan Literasi Muhammadiyah pada Sabtu hingga Ahad, 24-25 Agustus 2024, bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Acara ini dibuka di Edutorium UMS dengan dihadiri oleh ratusan peserta.

Prof. Muchlas, MT, Ketua MPI PP Muhammadiyah, menyampaikan bahwa acara ini merupakan gerakan positif yang melibatkan 120 media afiliasi Muhammadiyah (AfiliasiMu). Dalam sambutannya, dirinya menekankan pentingnya upaya konvergensi media dalam rangka memperkuat sinergi dan penyebaran informasi yang lebih luas di kalangan Muhammadiyah.

Muhammadiyah telah menyebar di seluruh Indonesia. Informasi terkait Muhammadiyah mesti lebih masif. Termasuk gerakan Muhammadiyah yang telah membuana ke berbagai negara di dunia. 

Rektor UMS, Prof. Sofyan Anif, juga menegaskan bahwa UMS selalu mendukung penuh kegiatan persyarikatan, termasuk acara ini. "Agenda ini harus memiliki implikasi yang nyata. Kita harus memberikan kontribusi yang ril bagi Persyarikatan Muhammadiyah," ungkapnya.

Selain diskusi dan seminar, acara ini juga diisi dengan peluncuran beberapa buku penting, antara lain Soekarno: Makin Lama Makin Cinta, Djarnawi Hadikusumo: Derita Seorang Pemimpin, Muhammadiyah Heritage 2024, Panduan Penulisan Sejarah Muhammadiyah, Sejarah Taman Pustaka, dan Haji Fachrodin: Lokomotif Literasi dan Pers Islam.

Hadir dalam acara ini, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof. Dr. Dadang Kahmad, M.Si., Ketua Lembaga Budaya Seni dan Olahraga PP Aisyiyah, Widyastuti, Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan, Ketua Serikat Taman Pustaka, David Efendi, dan Koordinator Media AfiliasiMu, Mukhtarom. Acara ini diharapkan dapat memperkuat literasi dan peran pers di kalangan Muhammadiyah.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) dan Pimpinan Ranting Aisy....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Berita

TULUNGAGUNG, Suara Muhammadiyah – Kejuaraan pencak silat antar pelajar “Bupati Cup Tulun....

Suara Muhammadiyah

9 September 2023

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Rektor UMSU  mulai melakukan persiapan Muktamar ke-49 dengan melaku....

Suara Muhammadiyah

9 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Atlet dari Pimpinan Cabang Tapak Suci Putera Muhammadiyah (PC TSPM) UM....

Suara Muhammadiyah

9 January 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Memasuki 10 hari terakhir bulan Suci Ramadan 1445 H, Pimpinan Ca....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah