FGM Tolak Budaya yang Tak Sesuai dengan Pancasila

Publish

13 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
125
FGM

FGM

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Majelis Dikdasmen dan Pendidikan Non Formal PP Muhammadiyah dan Forum Guru Muhammadiyah (FGM) menyampaikan pernyataan sikap penolakan terhadap peraturan pemerintah No 28 Tahun 2024/ tentang pelaksanaan UU Kesehatan. PP nomor 28 tahun 2024 khususnya pasal 103 ayat 4 itu harus dicabut karena tidak sesuai dengan Pancasila, UUD 45, aturan agama dan budaya bangsa.

Pernyataan sikap FGM itu disampaikan oleh pengurus Forum Guru Muhammadiyah yang diikuti oleh seluruh peserta Diksuspala Region II Sumatera Utara, Kamis (8/8) di aula LPMP, Medan. Forum Guru Muhammadiyah Sumatera Utara yang baru dibentuk dipimpin oleh Taupik Pasaribu.

Ketua PP Muhammadiyah Prof. Dr. Irwan Akib MPd kepada jurnalis SM menegaskan terbitnya PP nomor 28 Tahun 2024 adalah masalah serius bangsa hari ini. Kata Irwan Akib, pemberian kontrasepsi kepada pelajar sebagai dalih untuk kesehatan reproduksi adalah sangat janggal. ”Untuk apa memberikan alat kontrasepsi kepada siswa kalau alasannya untuk pendidikan seksual atau reproduksi. Kenapa tidak teorinya saja yang diperkuat di kelas,” tambah Ketua PPM itu. Muhammadiyah tidak pernah diajak bicara terkait PP no.28 tahun 2024 itu.

Hal senada disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara, Prof Dr Hasyimsyah Nasution. Katanya, kitakan bangsa yang beradab sesuai sila kedua dari Pancasila, masak budaya seperti itu kita toleransi. Itu kan budaya permisif tidak budaya Indonesia, kata Hasyimsyah.

”Saya senang dengan pernyataan Majelis Dikdasmen dan Forum Guru Muhammadiyah itu,” tambah guru besar dari UINSU dan UMSU itu.

264 anggota Forum Guru Muhammadiyah Sumatera Utara  menyambut baik penyataan sikap Muhamamdiyah untuk menolak PP 28 Tahun 2024. (Syaiful/Diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sebagai institusi pendidikan tinggi m....

Suara Muhammadiyah

23 December 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) dalam rangka merayak....

Suara Muhammadiyah

18 November 2023

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Bertempat ruang Dekanat Lantai 3 Gedung At-Tauhid Tower Universi....

Suara Muhammadiyah

7 December 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Prodi Komunikasi Univ....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Buku-buku yang membahas pemikiran dan sosok Abdul Malik Fadjar kembali ....

Suara Muhammadiyah

16 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah