FISIP Unismuh dan FIS Universitas Negeri Gorontalo Siap Berkolaborasi

Publish

4 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
131
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Dekan FISIP Unismuh Makassar, Dr Hj Ihyani Malik, S.Sos, M.Si menandatangani naskah kerjasama dengan Dekan FIS Universitas Negeri Gorontalo (UNG), Dr Zuchri Abdussamad, S.Ik, M.Si, Senin 3 Juni 2024 di Mini Hall Fisip Lt.5 Gedung Iqra Unismuh Makassar.

Pada naskah kerjasama itu kedua belah pihak akan melakukan kerjasama bidang pendidikan,  penelitian dan  pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan kelembagaan. 

Selain itu juga disepakati pemanfaatan pemberdayaan SDM dalam kegiatan pendidikan, dan pengajaran. Penyelenggaraan kegiatan ilmiah seminar lokakarya,  workshop dan sejenisnya. 

Kegiatan lainnya pada  penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Praktek Kerja Lapangan mahasiswa.

Pada sambutan penerimaan, Dekan Fisip Unismuh, Dr Hj Ihyani Malik mengatakan, sangat senang dengan adanya kerjasama ini karena dapat belajar bersama dengan UNG sebagai salah satu PTN dengan sumber daya manusia dan fasilitas kampus negeri.

Penandatangan kerja sama hari ini tidak sampai diatas kertas tetapi ditindaklanjuti dengan kegiatan kerjasama yang saling membesarkan.

Dijelaskan juga ada tiga prodi di Unismuh, prodi anak sulung S1 Ilmu Administrasi Negara, merupakan prodi pertama di Unismuh yang meraih nilai akreditasi A, kedua prodi Ilmu Pemerintahan dengan akreditasi A serta prodi bungsu Ilmu Komunikasi dengan akreditasi B.

Prodi ilmu komunikasi relatif baru dan dua tahun terakhir membuka kelas internasional pembelajaran bahasa Inggris dengan dosen pengajar dari luar negeri.

Mahasiswa sejak awal diperkenalkan pembelajaran menulis jurnal internasional karena ada kebijakan kampus mahasiswa yang menulis jurnal Sinta 2 bisa dikonversi pengganti tugas akhir skripsi.

Saat ini kata Dr Ihyani, prodi Ilmu Pemerintahan mengelola jurnal bernama Otoritas dan telah meraih status Sinta 2.

Fisip Unismuh sesuai rencana 11 Juni 2024 akan menjalin kerja sama dengan Politeknik Negeri Pilipina pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Prodi Ilmu Komunikasi juga telah menggelar Workshop Penulisan Artikel Ilmiah bidang Ilmu Komunikasi mendatangkan nara sumber Prof Dr Normah Mustaffa, dosen Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), sehari-hari adalah Direktur UKM Press dan Chiep Editor Malaysian Journal of Communication, Senin 20 Mei 2024.

Dekan FIS UNG, Dr Zuchri Abdussamad, pada kesempatan itu mengatakan, senang dengan kerjasama sama kedua fakultas karena akan bersama sama meningkatkan kualitas pendidikan tinggi.

Apalagi Unismuh telah meraih status akreditasi institusi unggul serta jadi pembina bagi kampus PTMA di Kawasan Timur Indonesia.

Sehingga tepat bagi pengembangan status akreditasi prodi ilmu komunikasi UNG diprioritaskan 2024 Prodi Ikom akan masuk akreditasi internasional.

Dijelaskan akhir tahun akan ada seminar internasional.Ternyata Komunikasi Unismuh lebih duluan. Jadi kedepan jika ada dosen dari luar berkegiatan di Makassar bisa juga lanjut ke UNG.

Doktor Administrasi Publik UNM ini juga berharap naskah kerjasama tidak hanya berakhir diatas kerja tetapi ditindaklanjuti dengan kegiatan termasuk bersama membuat event internasional dan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya.

Saat ini Prodi Ilmu Komunikasi UNG terbanyak peminat mahasiswa, kemudian disusul prodi Administrasi Publik, Sosiologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Turut dampingi Dekan Fisip UNG selama di Unismuh, Ketua dan Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi, 
Citra F. I. L Dano Putri, S.Pd, M. I. Kom dan Abdul Wahab Thomas, S.Sos.I., M. Sos dan beberapa dosen dan tenaga kependidikan.

Dekan Fisip Unismuh didampingi Plt Wakil Dekan III, Dr Nurwahid S.Sos. M.Si. Ketua Prodi Ilmu Komunikasi, Dr Syukri, S.Sos, M.Si, tidak sempat membersamai karena lagi ikut wisuda program doktor ilmu komunikasi di Universitas Padjajaran Bandung. 

Para dosen ilmu komunikasi, Dr Muhammad Yahya, M.Si, Dra Diana Rina, M.Si, Arni, S.Kom, M.IKom, Warda, S.Sos, MA, Ahmad Syarif, S.Sos, M.Ikom, Indah Pratiwi M, S.Sos, MA dan Ilham Riyadi, S.Pd, M.I.Kom.*


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Wardhana senantiasa terus aktif dalam mendukung pendidikan turut ....

Suara Muhammadiyah

6 June 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Prestasi membanggakan kembali diraih mahasiswa Prodi Komunikasi Univ....

Suara Muhammadiyah

5 March 2024

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Metro tela....

Suara Muhammadiyah

23 July 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Cultural Days yang diinisiasi oleh Fakultas Sastra Budaya dan Komun....

Suara Muhammadiyah

5 June 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menggelar acara peny....

Suara Muhammadiyah

4 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah