Giat Orientasi Kader Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan di Kalimantan Timur

Publish

17 October 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
81
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Sinergi Bersama dan Berkolaborasi  

SAMARINDA, Suara Muhammadiyah – Orientasi Kader Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan yang digelar pada 16-17 Oktober 2024 di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) dihadiri, dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A., MPH, selaku Wakil Ketua, Bidang Rumah Sakit Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah, serta Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah, Lembaga Pengambangan Pesantren.

Selain itu, hadir juga Ketua MPKU PWM Kalimantan Timur dan Ketua Majelis Dikdasmen & PNF PWM, LP2PWM Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kalimantan Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan Kab Kartanegara dan kepala Puskesmas di wilayah Dinas kesehatan kota Samarinda dan Kutai Kertanegara. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua PWM Kalimantan Timur, Ns. Fitroh Asriyadi, M.Kep.

Orientasi Kader Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan yang digelar pada 16-17 Oktober 2024 di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT). Kegiatan ini diikuti oleh 90 siswa dari 15 sekolah dan madrasah Muhammadiyah di Samarinda dan sekitarnya. Terdiri dari Guru, komite sekolah dan siswa. Diantaranya SMK Muh Loajanan , SMA Muh Tenggarong , SMP Muh 1 Samarinda , SMP Muh 5 Samarinda, MTS Muh 1 Samarinda, SMK Muh 1 Samarinda, SMA Muh 2 Samarinda, SMK Muh 2 Samarinda, SMK Istiqomah Muh 4, SMA Istiqomah Muh , SMP Muh 3 Samarinda, SMP Muh 4 Samarinda , SMK Muh 3. SMP Muh 2 Samarinda, dan SMP Muh 6 Samarinda. Pada acara pembukaan, simbolisasi kegiatan dilakukan dengan penyerahan media edukasi secara simbolis, berupa kaos, stiker, poster, media peraga berupa puzzle, kartu mitos dan fakta, kartu tebak gambar. 

Dalam sambutannya, Yuniar Wardani, wakil dari Tim Swakelola, " Bahwa kegiatan ini melibatkan peserta dari berbagai sekolah, madrasah, guru, dan komite sekolah/madrasah Muhammadiyah. "Alhamdulillah, Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan bertujuan untuk meningkatkan edukasi dan pemahaman kesehatan, serta memperluas cakupan pemberdayaan masyarakat dalam upaya perbaikan gizi dan pencegahan stunting di sekolah maupun madrasah Muhammadiyah," ujarnya.

Beberapa kegiatan utama yang diselenggarakan mencakup gerakan peningkatan konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja putri di sekolah, madrasah, dan pesantren Muhammadiyah, yang dilakukan setiap minggu dengan empat aktivitas, yaitu minum TTD, sarapan sehat halal dan thayib, aktivitas fisik melalui senam bersama, serta edukasi kesehatan. Ucapnya, 

dr. Mochammad Syafak Hanung, Sp.A., MPH, menegaskan pentingnya kegiatan ini sebagai bagian dari kemitraan strategis antara Muhammadiyah dan Kementerian Kesehatan RI dalam rangka mengurangi anemia defisiensi zat besi pada remaja perempuan (rematri). 

"Tahun 2024, kegiatan ini diperluas ke Kalimantan Timur, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, MPKU, Majelis Dikdasmen dan PNF, Lembaga Pengembangan Pesantren PWM Kalimantan Timur, dan FKM UMKT. Berharap penurunan prevalensi anemia defisiensi zat besi, terutama pada rematri, dapat lebih maksimal, mengingat anemia merupakan salah satu faktor risiko stunting," katanya.

Sementara itu, dr. Resvianur, Kepala Seksi Gizi Kesjangor Dinas Provinsi Kalimantan Timur, mengapresiasi kolaborasi ini. "Kami berharap Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kalimantan Timur dan menjadi bagian dari budaya hidup sehat di lingkungan sekolah/ Madrasah," ungkapnya.

Wakil Ketua PWM Kalimantan Timur, Ns. Fitroh Asriyadi, M.Kep., juga menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan . "Ini adalah bagian dari sinergi dan kolaborasi untuk kesehatan masyarakat," ujarnya,

 Sebelum membuka acara secara resmi dengan mengucapkan Basmallah. Orientasi Kader Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan diharapkan mampu menjadi ajang berbagi ilmu dan pengalaman bagi para kader dalam menjalankan peran di sekolah dan madrasah Muhammadiyah di seluruh Kalimantan Timur. (Hendra)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

GUNUNGKIDUL, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menebar energi kebaikan, Masjid Al Muharram Brajan me....

Suara Muhammadiyah

4 September 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memiliki berbagai jenis pro....

Suara Muhammadiyah

24 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sistem pendidikan sedang mengalami perubahan akibat perkembangan te....

Suara Muhammadiyah

28 May 2024

Berita

Menggerakkan Spirit Kemanusiaan untuk Palestina DEPOK, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhamma....

Suara Muhammadiyah

19 December 2023

Berita

SIDOARJO, Suara Muhammadiyah – Suara Muhammadiyah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah ....

Suara Muhammadiyah

27 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah