Hadapi IR 4.0, UMSU dan UNIMAP Kolaborasi Visiting Lecture

Publish

7 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
154
Foto Istimewa

Foto Istimewa

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Universitas Maysia Perlis (UNIMAP) kolaborasi menggelar kuliah umum "Visiting Lectute" pada Selasa (5/12) di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Menghadirkan dua pemateri dari Senior Lecture UNIMAP MERUPAKAN SENIOR LECTURE UNIVERSITI Prof. Ir. Ts. Dr. R Badlishah Ahmad dan Prof. Ir. Dr. Anuar Mat Safar.  Kedu pemateri turut didampingi oleh rombongan Universitas Sains Malaysia (USM) dan Universitas Islam Malaysia (UIM) serta dihadiri ratusan mahasiswa UMSU.

Kuliah umum dibuka langsung oleh Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwakilkan oleh WR III Dr. Rudianto, M.Si. Pada sambutannya dia menyampikan bahwa kegiatan ini digelar atas terjalinnya kerjasama UMSU, UNIMAP, USM, UIM yang berlangsung sejak lama.

"Ini suatu kesempatan menarik dan penting dimana kolaborasi UMSU dengan kampus di luar negeri. Hal ini memperkuat bagaimana kita bisa menjadi bagian dari komunitas global," kata Dr. Rudianto.

Dia juga berharap kegiatan ini dapat memperat kerjasama Internasional dan terus implementasinya terus betlanjut.

Kedua pemateri berasal dari Senior Lecture UNIMAP, memaparkan topik relevan dengan industri 4.0 saat ini. Materi pertama disampaikan oleh Prof. Ir. Ts. Dr. R. Badlishah Ahmad dengan judul “Industry Revolution (IR) 4.0 : Opportunities and Challenges for Universities”

Prof. Badlishah mengajarkan dampak dari Industry Revolution 4.0 bagi perguruan tinggi. “I will be share for you about impact of IR 4.0 on higher education," ujar Prof. Badlishah.

Dia memyampaikan bahwa IR 40 merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan era transformasi industri yang cepat dan disruptif melalui penerapan teknologi baru, seperti kecerdasan buatan, data besar, komputasi awan, internet of things, robotika, dan lainnya.

Terakhir, Prof. Ir. Dr. Anuar Mat Safar menyampaikan materi terkait "Digital Transformation Readiness: Perspectives on Higher Education Institutions".

“Apakah kita siap dan mempersiapkan untuk menjadi universitas yang bertransformasi digital? Karena kebanyakan universitas di dunia ini mengklaim smart dan digital university, tapi suda benarkah?” tanya Prof. Anuar membuka materinya.

Dia juga berbagi pengalaman bahwa saat ini segalanya sudah digital dan online sehingga dibutuhkan transformasi untuk seluruh universitas.

Kuliah umum ini juga diselenggarakan di seluruh Fakultas UMSU seperti FAI, FEB, FIKTI, FATEK, FKIP, FAPERTA dan FISIP. Turut hadir Para Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas dan Program Studi UMSU serta rombongan dari UNIMAP, UMS dan UIM.

Dosen Tamu Internasional

Selanjutnya, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP  menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 7 Dosen Tamu Internasional dari Universitas Malaysia Perlis (UNIMAP) dan Universitas Sains Malaysia (USM). SK diserahkan langsung, Rabu (6/12) di Ruang Rapat Kampus UMSU, Jalan Muchtar Basri No.3 Medan.

Surat keputusan dosen tamu tersebut berkaitan dengan kegiatan “Visiting Lecture” yang telah terlaksana selama 2 hari, Selasa-Rabu, 5-6 Desember 2023. Kuliah umum itu diisi oleh 7 dosen Internasional asal UNIMAP dan UMS di beberapa fakultas UMSU.

Ketujuh dosen tamu internasional yaitu 6 dosen dari UNIMAP Prof. Ir. Ts. Dr. R. Badlishah Ahmad, Prof. Ir. Ts. Dr. Anuar Mat Safar, Dr. Sharmini Abdullah, Assoc prof. Muhammad Rezal Hamzah, Ph.D, Dr. Rozilawati Mahadi dan Dr. Habee Bullah Affandy serta 1 dosen dari USM Prof. Ir. Ts. Dr. Mohd Rizal Arshad.

Prof. Ir. Ts. Dr. R. Badlishah Ahmad menyampaikan kepada Rektor UMSU bahwa kedepannya perlu ada grand plan agar kerjasama yang dijalin dapat diimplementasikan lebih baik lagi, dia ingin melakukan kolaborasi penelitian.

Sementara itu, Rektor UMSU dalam sambutannya, mengatakan bahwa kolaborasi antara UMSU, UNIMAP dan USM merupakan peluang yang harus dimanfaatkan. 

“Ini tentu sebuah terobosan karena berkomitmen mengimplementasikan kerjasama yang telah dijalin. Terimakasih Prof. telah memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa kami. Setelah ini akan kita diskusikan lebih lanjut rencana kolaborasi lainnya termasuk penelitian,” kata Prof. Agussani yang didampingi WR II Prof. Dr. Akrim, M.Pd dan WR III Dr. Rudianto, M.Si

Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan visiting lecture dan penyerahan SK dosen tamu merupakan bentuk implementasi kerjasama yang telah dijalin UMSU, UNIMAP dan USM.

Penyerahan SK dilanjutkan dengan diskusi terkait kolaborasi dan kerjasama yang dapat dilakukan ke depannya. Turut hadir Pimpinan Fakultas dan Program Studi UMSU. (Syaifulh/Riz)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

CIAMIS, Suara Muhammadiyah – Siapa bilang perempuan tidak bisa menjadi Pimpinan Cabang Muhamma....

Suara Muhammadiyah

6 February 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) Muhammadiyah Disaster management C....

Suara Muhammadiyah

22 October 2023

Berita

KUDUS, Suara muhammadiyah – Pengurus Koperasi ‘Aisyiyah Kudus mengikuti Sosialisasi dan ....

Suara Muhammadiyah

30 September 2023

Berita

JEMBRANA, Suara Muhammadiyah - “Menulis adalah bekerja untuk keabadian,” begitu kata Pra....

Suara Muhammadiyah

22 January 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka memeriahkan Milad Muhammadiyah ke-111, Pimpinan Wilaya....

Suara Muhammadiyah

15 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah