Hadirkan Kampus Filipina, Unismuh Perkuat Internasionalisasi Lewat PANRITA

Publish

13 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
135
Doc. Unismuh

Doc. Unismuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar terus menggencarkan program internasionalisasi dengan menggelar kegiatan PANRITA Session II. PANRITA merupakan akronim dari "Visiting Professor, Research Collaboration, and Training". 

PANRITA Session I sebelumnya, telah dihelat pada Oktober tahun lalu, dengan mengundang belasan perguruan tinggi terkemuka dari Taiwan.

Acara PANRITA II digelar pada Kamis (13/6/2024) di Ruang Senat, Gedung Iqra Lantai 17, Unismuh Makassar. Kegiatan ini menjadi wadah kolaborasi riset dan pelatihan bersama para profesor tamu dari berbagai universitas ternama dunia.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse menegaskan pentingnya kerja sama global untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan riset. "Kami berkomitmen untuk terus memperluas jejaring internasional dan menjalin kemitraan strategis dengan universitas-universitas terkemuka di dunia," ujarnya.

Rangkaian acara diawali dengan pemaparan Ketua Lembaga Pengembangan Bahasa, Kerja Sama, dan Kantor Urusan Internasional (LPBKUI) Unismuh, Maharida, yang memaparkan gambatan umum kegiatan PANRITA 2. 

Sambutan hangat juga disampaikan oleh Wakil Rektor I Unismuh Makassar Dr Abd Rakhim Nanda yang merupakan penanggungjawab kegiatan kerja sama internasional. Turut menyambut, Wakil Rektor II Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri, dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Dr Ihyani Malik yang telah merintis kolaborasi dengan PUP Filipina.

Perkenalan singkat dari PUP Filipina disampaikan oleh Dr Elmer, Dr Estefanie, Dr Ramces, dan Dr Christopher. Sementara pemaparan profil Polytechnic University Philippine (PUP) oleh Dr. Elmer, dilanjutkan dengan diskusi mendalam mengenai kerjasama jaringan yang sedang berlangsung.

Sesi ini diakhiri dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unismuh Makassar dan PUP Filipina. 

Selain Unismuh, beberapa kampus di Makassar juga menandatangani MoU dengan PUP. Yaitu STIA LAN, STIE Nobel, STKIP YPUP, IPDN, dan STMIK AKBA. Lalu ada juga Politeknik Negeri Ujung Pandang, dan ITBM Polman.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh jajaran pimpinan Unismuh Makassar, termasuk jajaran wakil rektor, Ketua BPM, Ketua LP3M, dekan dan wakil dekan dari berbagai fakultas. 

PANRITA menjadi bukti nyata komitmen Unismuh Makassar dalam mewujudkan visi internasionalisasi. Selain PANRITA, Unismuh telah menggelar sejumlah program Kolaborasi Internasional, seperti Makassar Academic and Cultural Heritage Activity (MACCA), Collaborative and Community Empowerment Activity (MACORA), dan MALEBBI (Malebbi Leaders Bilateral and Boundless Incorporation).


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Syah Kuala Banda Aceh Ustaz Dr. M....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - Suasana gembira menyelimuti acara peresmian Gedung Muhammadiyah Children....

Suara Muhammadiyah

26 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakar....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ministry of Higher Education, Science and Innovation of The Republic....

Suara Muhammadiyah

1 December 2023

Berita

METRO, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Metro mengadakan &nbs....

Suara Muhammadiyah

14 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah