Hadirnya Fakultas Kedokteran Unisa Yogya, Bukti Kemajuan Pendidikan Muhammadiyah

Publish

23 July 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
139
Doc. Istimewa

Doc. Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Aisyiyah Yogyakarta menggelar acara launching Prodi Kedokteran serta Penguatan Kelembagaan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah. Acara ini dilaksanakan di Convention Hall Masjid Walidah Dahlan pada Selasa 23 Juli 2024. Tampak hadir Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir, MSi.

Dalam amanatnya, Haedar mengatakan bahwa Ia mengaku bangga sekaligus memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas di buka Prodi baru di Unisa Yogyakarta. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat langsung dalam upaya untuk membuka prodi tersebut.

“Hari ini merupakan hari yang membahagiakan bagi Muhammadiyah dan Aisyiyah. Karena Insyaallah sebentar lagi pak dirjen akan memberikan kabar baik dan kabar yang patut kita syukuri (Launching Prodi Kedokteran). Kami mengucapkan terima kasih pak dirjen atas segala dukungan bantuan, kerjasama bahkan banyak berpartisipasi dalam seluruh aktivitas pendidikan Muhammadiyah khusus untuk perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Haedar mengucapkan tahniah atas penggabungan PTMA. Ia menyampaikan penggabungan ini merupakan wujud dari kerja keras semua pihak. Menurutnya ini sebagai amanat yang harus ditunaikan sebagaimana semestinya sehingga dapat memacu diri untuk meningkatkan kualitas PTMA agar lebih unggul dan berkemajuan.

“Ketika kita ingin maju membangun perguruan tinggi yang unggul, kita dihadapkan dengan kompetisi bahkan komparasi yang meniscayakan sprit Fastabiqul Khairat sekaligus semangat untuk tanadhar (Proyeksi pemikiran untuk maju ke depan).” Katanya.

Guru Besar Sosiologi UMY itu mengungkapkan kiprah begitu rupa Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam menggerakkan amal usahanya, selalu ditopang dengan pergumulan yang sangat besar. Semua itu dilandasi dengan semangat membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Itu semua kita bangun dengan etos kemajuan yang punya proyeksi tanadhar. Dan ini amanat untuk terus melakukan penguatan secara kolektif, tersistem. Jangan lagi PTMA itu berjalan sendiri-sendiri, maju sendiri. Kita harus membangun sistem jaringan yang terkonsolidasi yang insyaallah justru kita akan maju bersama,” tegasnya.

Baginya ini semua memerlukan leadership (kepemimpinan transformatif). Menurutnya kepemimpinan transformatif merupakan kemampuan kepemimpinan yang mampu memobilisasi potensi, mengagendakan perubahan dan memproyeksikan masa depan betapapun rumitnya tantangan yang ada, dapat dihadapi dengan kejernihan dan kemantapan. (Alle/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PADANG PANJANG, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka menanamkan rasa cinta terhadap seni dan budaya Nus....

Suara Muhammadiyah

1 June 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Lembaga pendidikan adalah tempat terbaik untuk mencetak calon kader m....

Suara Muhammadiyah

1 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta meraih apresiasi dan penghargaan yang....

Suara Muhammadiyah

1 June 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Program Wirausaha Merdeka Angka ke-2 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,....

Suara Muhammadiyah

12 December 2023

Berita

PAMEKASAN, Suara Muhammadiyah - Semangat baru, harapan baru. Mungkin itu berhak untuk disematka....

Suara Muhammadiyah

18 June 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah