Haedar Nashir Apresiasi Pameran Literasi dan Seni Semarak Milad SM

Publish

15 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
151
Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir, MSi saat meninjau Pameran Liter(art)si di SM Tower Malioboro Yogyakarta

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir, MSi saat meninjau Pameran Liter(art)si di SM Tower Malioboro Yogyakarta

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pameran literasi dan seni atau Liter(art)si yang digelar Suara Muhammadiyah (SM) selama Sabtu-Rabu (11-14/8) di SM Tower Malioboro Yogyakarta dalam memperingati Milad ke-109, mendapat apresiasi dari Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Haedar Nashir, MSi. Menurutnya, lewat pameran ini menunjukkan eksistensi literasi sekaligus seni hidup di tubuh SM.

"Seni itu menjadi bagian dari kehidupan umat manusia yang agama membolehkan sejauh membawa pada taqarrub Ilallah, syukur nikmat Allah, dan tidak menjauhkan diri dari Allah," jelasnya saat mengunjungi Pameran Liter(art)si di SM Tower Malioboro Yogyakarta, Rabu (14/8).

Seni, di Muhammadiyah, lanjut Haedar sudah berkembang sejak awal. Mulai dari seni drumband, seni kaligrafi, dan kini berkembang seni lukis, serta seni tari. "Itu menghidupkan gerakan budaya Muhammadiyah," sebutnya. 

Dari sini, dakwah Muhammadiyah makin lebih luas spektrumnya juga dekat dengan umat dan masyarakat. "Masyarakat itu juga hidup dengan seni, budaya, dan tradisi. Bagi Muhammadiyah, seni dan tradisi membangun kehidupan lebih halus jiwa, berkeadaban, dan berkemajuan," tuturnya.

Haedar menilai, Pameran Liter(art)si ini sangat bagus dan menarik. Maka, Ia mengajak SM untuk terus melanjutkan sekaligus mempopulerkan kegiatan positif tersebut kepada kalangan generasi muda.

"Agar mereka selain sadar seni, juga menjadikan seni untuk memperhalus akal budi sekaligus seni untuk kemajuan hidup," jelasnya.

Lebih jauh lagi, pada aspek seni dan budaya, Haedar meminta untuk dikapitalisasi dengan aneka kegiatan yang kreatif dan inovatif. Sebab, menurutnya dakwah seni dan budaya daya jangkaunya sangat universal. “Ketika berseni dan budaya semuanya menjadi mengalir begitu rupa,” tandasnya. (Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pemanfaatan energi panas bumi akan menjadi alternatif yang san....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H / 2....

Suara Muhammadiyah

26 January 2024

Berita

KUNINGAN, Suara Muhammadiyah - Forum Guru Muhammadiyah (FGM) Kabupaten Kuningan secara resmi dikukuh....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Berita

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Medali emas dan perak lomba panahan O2SM se-karesidenan Bojonego....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Diana Hasan, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiya....

Suara Muhammadiyah

18 July 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah