Hasil Munas PLSP PTMA Terus Dukung Perkembangan Sertifikasi di Kampus

Publish

29 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
148
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Hasil Munas PLSP PTMA Terus Dukung Perkembangan Sertifikasi di Kampus

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Perkumpulan Lembaga Sertifikasi Profesi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PLSP PTMA) sukses melaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) kedua. Bertempat di Hotel SM Tower, Munas PLSP PTMA ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari LSP maupun CLSP yang ada dilingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia pada Kamis - Jum'at (27-28/06). 

Kegiatan Munas sendiri berjalan dengan lancar, diawali dengan diskusi perkembangan LSP dan CLSP yang bertujuan saling berbagi informasi dan motivasi sesama pengurus LSP, kemudian berlanjut dengan rapat komisi yang menghasilkan banyak program baru sampai yang terakhir adalah pemilihan ketua dan pengurus PLSP PTMA. “Forum seperti ini harus sering dilakukan karena pengurus lsp maupun clsp butuh pertemuan untuk saling berbagi informasi dan memotivasi satu dengan yang lainya agar terus bersemangat membangun ekosistem sertifikasi di kampus masing-masing,” jelas Eko Ari Wibowo selaku ketua PLSP PTMA.  

“Hadirnya PLSP PTMA sampai saat ini cukup progresif karena mampu mendorong lahirnya LSP dan CLSP baru di lingkungan PTMA, sehingga mampu menjadi rujukan dan tempat bertanya untuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah yang akan mendirikan ataupun mengembangkan LSP,” tegas Andy Dwi Bayu Bawono selaku perwakilan Majelis DiktiLitbang PP Muhammadiyah. 

Munas kali ini juga kembali memberikan amanah kembali kepada Eko Ari Wibowo sebagai ketua dan Lukito sebagai sekretaris untuk melanjutkan kepengurusan PLSP sampai dengan tahun 2027. 

Apresiasi BNSP 

Sertifikasi kompetensi menjadi penting dalam employbility, productivity, dan growth. Di sektor pendidikan, semakin penting dalam sertifikasi kompetensi. Ini bisa merujuk tentang ini dengan Peraturan Pemerintah No. 83 tahun 2019 dan Undang-undang No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. 

Hal ini disampaikan oleh Prof. Dr. Amilin, komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bidang pendidikan dalam Seminar Kompetensi di Pendidikan Tinggi pada Sabtu (29/6). Seminar yang digelar oleh Perkumpulan Lembaga Sertifikasi Profesi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PLSP PTMA) merupakan rangkaian Musyawarah Nasional (Munas).

Bertempat di Gedung Muhammadiyah Yogyakarta, hadir puluhan peserta yang berasal dari LSP maupun Calon LSP yang ada di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia (27-28/6). Mereka antusias mengikuti pemaparan materi dari para pembicara. 

Sementara itu Prof. Dr. Bambang Setiaji, ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, memberikan apresiasi pada semangat PTMA mendirikan LSP. “Kami senang bisa bekerja sama dengan BNSP dalam pengembangan kompetensi di perguruan tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Semoga semakin banyak LSP di PTMA, dan terutama juga di bidang teknologi informasi.”


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag,....

Suara Muhammadiyah

24 March 2024

Berita

SEMARANG, Suara Muhammadiyah – Program Studi Ilmu Keolahragaan S1 Fakultas Kesehatan Masyaraka....

Suara Muhammadiyah

27 June 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia Pusat Dr H Amirsy....

Suara Muhammadiyah

17 May 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Serangan brutal yang dilancarkan oleh tentara zionis Israel terhadap R....

Suara Muhammadiyah

21 November 2023

Berita

BULUKUMBA, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Bulukumba Dr Jumase Basra  ....

Suara Muhammadiyah

22 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah