Hendar Riyadi: Tingkatkan Kasta Teknologi Digital

Publish

18 November 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
241
Foto Istimewa

Foto Istimewa

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Wakil Rektor I UM Bandung Hendar Riyadi mengatakan bahwa kampusnya terus berkomitmen menjadi perguruan tinggi yang menguasai teknologi sebagaimana visi yang diusung yakni Islamic Technopreneurial University.

”Salah satu bentuk dan wujud dari visi tersebut adalah bagaimana berdakwah melalui digital,” tutur Hendar saat memberikan sambutan dalam diskusi panel yang digelar oleh prodi KPI di Auditorium KH Ahmad Dahlan pada Selasa (14/11/2023).

Kasta teknologi, kata Hendar, harus lebih meningkat, dari kasta penikmat yang aktif sekali ke kasta produsen teknologi dan digital. Oleh karena itu, Hendar berharap seminar semacam ini bisa memantik prodi KPI dan UM Bandung untuk membuat konten kreatif.

Hendar juga menyayangkan masih minimnya konten-konten kreatif dan edukatif di TikTok dan Youtube karya dosen dari kampus Muhammadiyah dan kampus Islam lainnya.

”Mungkin content creator dari kampus Muhammadiyah dan kampus Islam ini masih terlalu tawadu sehingga tidak ingin banyak tampil di TikTok dan Youtube,” kata Hendar yang disambut tawa hadirin.

Alumnus UIN Sunan Gunung Djati ini mengajak sivitas UM Bandung khususnya untuk memperbanyak konten-konten kreatif dan edukatif di media sosial. 

Namun, kata Hendar, bukan sekadar produksi konten, melainkan dari pembuat konten itu harus ada yang menjadi influencer atau orang yang bisa memberikan pengaruh besar kepada masyarakat melalui media digital.

”Dengan begitu, konten yang diproduksi tidak sekadar konten biasa, tetapi konten yang punya pengaruh besar kepada masyarakat secara luas. Selain itu, konten tersebut juga bisa membangun keadaban sosial dan budaya, termasuk memberdayakan secara ekonomi,” tegas Hendar.

Menguasai teknologi, kata Hendar, akan memberikan jalan terang untuk memberikan pengaruh, menentukan, dan sekaligus mengarahkan perubahan-perubahan hingga terjadi kemajuan dalam masyarakat.

Tambahan informasi, diskusi panel yang dihadiri ratusan mahasiswa dan siswa SMA ini mengangkat tema “Ekosistem Penyiaran Digital: Strategi Kolaborasi Dakwah Bermedia Generasi Milenial.”

Ada tiga narasumber yang mengisi kegiatan ini. Pertama, Koorbid Kelembagaan KPID Jawa Barat Roni Tabroni. Kedua, Kepala Biro CNN Jawa Barat Muhammad Asri. Ketiga, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung Enjang AS.***(FA)  


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

TEGAL, Suara Muhammadiyah - Pondok Modern Muhammadiyah Subulussalam Kota Tegal adalah satu-satunya p....

Suara Muhammadiyah

11 September 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Suasana kehangatan menyertai acara pengukuhan Pimpinan Ranting 'A....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

SELANGOR, Suara Muhammadiyah - Rektor Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Dr. Saidul Amin, di ....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menorehkan p....

Suara Muhammadiyah

21 March 2024

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Bandung sukses menggelar....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah