IKHTIAR MENYELAMATKAN SEMESTA

Publish

21 December 2023

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
490
Dok SM

Dok SM

IKHTIAR MENYELAMATKAN SEMESTA

Apa jadinya jika negara-negara sponsor Hak-hak Asasi Manusia (HAM) dunia justru menjadi pengkhianat bagi nilai-nilai kemanusiaan itu sendiri? Mengapa peradaban manusia modern dengan segala kemajuan ilmu pengetahuan dan kecanggihan teknologinya justru menyisakan kerusakan parah bagi alam dan lingkungannya? 

Kemanusiaan universal harus dikorbankan demi memenuhi ambisi dan dominasi kekuasaan sekalipun dengan mengabaikan fakta-fakta tragedi kemanusiaan—seperti yang sedang berlangsung di Palestina. Saat ini, masyarakat dunia sudah mulai sadar bahwa apa yang terjadi di Palestina adalah atraksi genosida yang disokong oleh negara-negara besar di Barat. Aksi-aksi perlawanan yang muncul di Palestina dinilai sebagai hak mereka untuk bertahan hidup dan menentukan nasib sendiri. 

Tetapi ironisnya di mata para pemimpin negara-negara besar di Barat, aksi-aksi perlawanan bangsa Palestina justru dinilai sebagai tindakan terorisme yang sah ditumpas secara militer oleh rezim Israel. Inilah kenyataan paradoksal nalar kemanusiaan yang bertumpu pada prinsip antroposentrisme yang ambigu. Dari paradoks nalar kemanusiaan inilah yang akhirnya melahirkan krisis kemanusiaan parah pada abad ini.            

Di sisi lain, atas nama pembangunan dan peningkatan taraf hidup umat manusia, sumber daya alam dalam berbagai jenis dan bentuknya dieksploitasi tanpa henti sehingga menyisakan kerusakan lingkungan yang parah. Penebangan hutan atas nama proyek pangan, eksploitasi bahan-bahan tambang demi pembangunan dan kemajuan hidup manusia, penggunaan plastik dan bahan-bahan tak ramah lingkungan atas nama peningkatan taraf hidup manusia, dan lain-lain, menjadi kenyataan paradoksal pola pikir dan perilaku manusia pasca revolusi industri hingga kini. Manusia tidak hanya menjaga jarak, tetapi sudah menempatkan diri sebagai entitas lain, ketika dihadapkan pada realitas alam dan lingkungannya. Ia memerankan diri sebagai aktor aktif yang mengeksploitasi alam sebagai objek eksploitatif. 

Selengkapnya dapat berlangganan Majalah Suara Muhammadiyah

Klik di sini https://suaramuhammadiyah.or.id/ebook/paket 

Download di Playstore 

Atau, beli Majalah digital


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Editorial

Muhammadiyah Sebagai Sistem Oleh: Prof Dr H Haedar Nashir, M.Si. Muhammadiyah dikenal sebagai orga....

Suara Muhammadiyah

4 April 2024

Editorial

HIZBUL WATHAN DAN NASIONALISME-PATRIOTIK MUHAMMADIYAH Hizbul Wathan (HW)—organisasi Kepanduan....

Suara Muhammadiyah

12 March 2024

Editorial

Kepemimpinan yang Menggerakkan Kemajuan Muhammadiyah dan Aisyiyah sudah melewati delapan bulan dari....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Editorial

SENIOR CARE SARANA UNTUK BERIHSAN Salah satu “kenangan” musim haji 1444 H yang baru ber....

Suara Muhammadiyah

28 October 2023

Editorial

Muhammadiyah dan Kebudayaan Berkemajuan Oleh Prof Dr H Haedar Nashir, M.Si. Siapa bilang Muhammadi....

Suara Muhammadiyah

15 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah