IMBS Miftahul Ulum Pekajangan Gelar Khutbatu ‘Arsy

Publish

5 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
580
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Sebagai Media Bonding Terhadap Santriwan dan Santriwati Baru

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - Rabu, 31 Juli 2024 di lapangan IMBS Miftahul Ulum dan diikuti oleh seluruh warga IMBS yang terdiri dari jajaran pimpinan pondok, ustadz-ustadzah, santriwan-santriwati, tamu undangan dan walisantri telah terlaksana Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy. 

Acara ini adalah agenda tahunan yang digelar oleh pihak pesantren sebagai acara pembuka tahun ajaran baru sekaligus media bonding bagi seluruh warga pesantren agar dapat mengenal satu sama lain serta memiliki ikatan emosional antara pimpinan, ustadz-ustadzah, santriwan-santriwati, dan walisantri. 

IMBS Miftahul Ulum sebagai salah satu pesantren muhammadiyah terbesar di daerah pekalongan ini telah memiliki 500 santri serta telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Pesantren yang telah berumur 27 tahun ini memiliki visi Mengintegrasikan antara iman, ilmu dan amal, antara teori dan praktek dalam satu kesatuan atau komprehensif artinya bersifat menyeluruh dan komplit, mengasah semua potensi kemanusiaan, (intelektualitas, spiritualitas, mentalitas, serta fisik) menuju kesempurnaan.

Maka dalam pidatonya Dr. Kyai Sumarno, S.Pd.I., M.Pd., menyampaikan bahwa Pekan Perkenalan Khutbatul ‘Arsy ini sangat penting sebagai bekal bagi seluruh keluarga IMBS Miftahul Ulum tentang tujuan didirikannya pesantren, tujuan wali memasukkan anaknya ke pesantren, tujuan santri masuk pesantren, arti perjuangan pesantren, serta arti kehidupan dan keilmuan dalam pandangan pesantren. Maka kegiatan ini secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya. 

Dengan mengambil tema “IMBS Miftahul Ulum Mempersiapkan Santri yang Beradab, Cakap dan Bermartabat Demi Mewujudkan Generasi Khairu Ummah.” IMBS diharapkan menjadi tempat lahirnya ulama, zu’ama dan para kader Muhammadiyah yang dapat berkontribusi terhadap persyarikatan, bangsa dan agama.

Di usianya ke 27 tahun ini, IMBS Miftahul Ulum Pekajangan terus berbenah diri dan merekonstruksi pendidikannya agar menjadi pesantren yang modern dan berkemajuan. IMBS Miftahul Ulum Pekajangan hadir dan mendidik para santri untuk melihat sains bukan sebagai proyek sampingan tapi menjadi objek kajian utama yang bersumber dari Al-Qur’an dan As-Sunnah. IMBS Miftahul Ulum memimpikan bangkitnya kembali peradaban islam yang pernah berjaya di masa lalu itu kembali bangkit dari dunia pesantren. Sehingga tercipta peradaban islam yang gemilang dan melahirkan generasi khairu ummah. (Khulanah)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Suara Muhammadiyah (SM) memasuki usia ke-109. Menurut Deni As....

Suara Muhammadiyah

10 August 2024

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 40 Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) ....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah – Puluhan anggota Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPK....

Suara Muhammadiyah

28 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pengajian Ramadhan Pimpinan Pusat Muhammadiyah 1445 H mengangkat te....

Suara Muhammadiyah

17 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam rangka ikut serta merayakan Milad Muhammadiyah ke-111, P....

Suara Muhammadiyah

26 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah