Indahnya Pengukuhan Ranting Muhammadiyah – ‘Aisyiyah Sirampog di Bukit Situ Kaligiri

Publish

9 November 2023
prm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
212
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Ranting Itu Penting, Cabang Harus Berkembang, Masjid Makmur Memakmurkan

BREBES, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Cabang Muhammadiyah Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar Pengajian Rutin Ahad Kliwon dalam rangka Hari Bermuhammadiyah Cabang Sirampog dan Pengukuhan PRM – PRA se Cabang Sirampog, pada Ahad 5 November di Lokai Wisata Bukit Situ Kaligiri dan bertindak sebagai tuan rumah yaitu Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kaligiri. Meski cuaca berkabut namun antusias jama’ah cukup banyak, ada sekitar 3500 jamaah yang hadir.

Hadir sebagai penceramah, Drs. Kompol (Purn) Drs. H.M. Jamaludin Ahmad, Psikolog. Dirinya menyampaikan beberapa poin dalam ceramahnya, yang pertama mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PRM & PRA yang sudah berkenan dikukuhkan dan menjadi Pimpina di Ranting masing-masing, semoga ini menjadi ladang amal untuk bapak dan ibu yang sudah dikukuhkan.

Lebih lanjut Jamaludin menyampaikan agar terus menjaga ghirah dalam bermuhammadiyah, dengan selalu kreatif dan berinovasi untuk mengembangkan amal usaha Muhammadiyah yang saat ini sudah ada, Muhammadiyah Cabang Sirampog memiliki amal usaha yang bisa dibilang cukup banyak dan lengkap khususnya dibidang Pendidikan dari tingaktan Kelompok Bermain, TK ABA, SMP/MTs, MA/SMK bahkan ada juga pondok pesantren.

Semangat beribadah merupakan nikmat dari Allah, maka itu harus disyukuri dengan lebih semangat lagi dalam berdakwah melalui persyarikatan Muhammadiyah, dalam hal beribadah juga dimulai dari pimpinan ranting untuk memberikan keteladanan, misal haru melaksanakan sholat jama’ah 5 waktu dimasjid dan untuk memakmurkan masjid, kata Jamaludin Ahmad yang juga ketua LPCRPM PP Muhammadiyah.

Ustadz Muh Jamaludin Ahmad juga mempromosikan lagu ciptaanya yang berjudul Ranting itu Penting, dengan harapan dari lagu itu memberikan semangat kepada pimpinan dan jama’ah sekalian untuk berlomba-lomba, mewujudkan cabang dan ranting yang unggul berkemajuan, dia mencotohkan cabang yang unggulan berbasis masjid yaitu Masjid Al Jihad di PCM Banjarmasin 4 yang setiap waktu sholat dihadiri lebih dari 1000 jamaah dan ada 2 kegiatan utama yang setiap harinya di selenggarakan dari kajian khusus dan kajian umum, ada lagi masjid Al Falah PDM Sragen masjid yang Makmur memakmurkan, ada 5 kali kegiatan pada setiap harinya, dan masih banyak  lagi PCM & PRM unggulan yang lain, yang perlu kita belajar kepada mereka-mereka.

Adapun kriteria Cabang dan Ranting unggulan, tutur Jamaludin Ahmad yaitu,  yakni; 1) pembinaan jamaah dan ideologi, 2) kaderisasi dan partisipasi AMM, 3) leadership, manajemen, dan tata kelola SDM, 4) pemberdayaan sosial ekonomi keumatan, 5) AUM, ini yang menjadi acuan untuk PRM & PCM menjadikan unggul dan berkemajuan.

Pada kesempatan itu juga ada kegiatan pengalangan donasi untuk saudara-saudara di palestina, yang diawali dengan penampilan yang sangat bagus dan menyentuh hati dari mba-mba NA kaligiri yang membawakan lagu Atuna Tufuli, bagian dari do’a dan dukungan untuk rakyat palestina, Lirik lagu Atuna Tufuli dianggap mewakili penderitaan mereka akibat serangan demi serangan oleh Zionis Israel.

Faktanya, lagu Atuna Tufuli adalah lagu yang berasal dari Lebanon. Lagu ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang penyanyi asal Lebanon yang bernama Remi Bandali. Dan juga pada penampilan tersebut mebawakan sebuah puisi tentang mengecam dan mengutuk keras Tindakan yang dilakukan oleh zionis israel. 

Selanjutnya, ketua pimpinan cabang sirampog menyampaikan bahwa kegiatan hari bermuhammadiyah bulan desember bertempat di PRM Sirampog.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

DENPASAR, Suara Muhammadiyah - Publikasi semakin mudah dilakukan. Media juga semakin banyak dan....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokert....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

KENDAL, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kendal adakan Ideologi Pol....

Suara Muhammadiyah

5 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lebih dari lima ratus mahasiswa  dan masyarakat umum menghadir....

Suara Muhammadiyah

13 October 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bidang Hukum, HAM, dan Hikmah Dr. H. M.....

Suara Muhammadiyah

23 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah