Innalillahi, Istri Bendahara PP Muhammadiyah Marpuji Ali Wafat

Publish

18 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
381
Istimewa

Istimewa

Innalillahi, Istri Bendahara PP Muhammadiyah Marpuji Ali Wafat

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah -Innalillahi wa innailaihi raaji’uun, telah wafat ibu Siti Zulaichah, Isteri Bapak Marpuji Ali/ Bendahara PP Muhammadiyah), Jumat, 17 Mei 2024, jam 18.25 WIB di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Jenazah akan dimakamkan di Dusun Bulusari Ds. Beku Kecamatan Karanganom Klaten, Sabtu, 18 Mei 2024 dari rumah duka Jl. Teratai 3 No. 15 RT 04 RW 14 Mangkubumen Surakarta.

KH Subari, PDM Surakarta saat ditemui usai takziyah di rumah duka, mengenang masa muda Bu Marpuji saat kuliah. “Saya mengenal bu Marpuji sejak masih remaja, masih mahasiswa, karena kebetulan sama-sama kuliah di UII, beliau di fakultas syariah, saya dan istri di Fakultas Tarbiyah,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa Ibu Marpuji adalah sosok periang, mudah bergaul dan ketika bergaul dengan kawan-kawan cukup supel  tidak membeda-bedakan. ”Beliau saat muda adalah orang yang kalau orang mengatakan mungkin periang, ketika bergaul dengan kawan-kawan cukup supel,  tidak membeda-bedakan dan kemudian saya berlanjut mengenal beliau karena kemudian menjadi istri dari Pak Marpuji sama-sama berjuang di Muhammadiyah,” tambahnya. 

Ibu Marpuji adalah sosok yang mendorong perjuangan dari suami, sehingga sampai saat akhir-akhir hayatnya selalu tidak  berkeberatan pada Pak Marpuji yang berkiprah di Muhammadiyah, sehingga untuk itu beliau termasuk sosok yang bisa diteladani bagi para generasi muda untuk menjadi sosok muslimah, istri, ibu yang meneladani dituntunkan oleh rasulullah Muhammad SAW.

“Keluarga yang ditinggalkan, mudah-mudahan  mendapatkan kesabaran dan almarhumah mendapatkan tempat yang baik yang dijanjikan oleh Allah SWT,” tandasnya.

Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., sesaat sebelum jenazah dari Istri Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) UMS itu diberangkatkan, menuturkan ucapan terima kasih kepada takziah yang sudah datang ke rumah juga dan mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya terhadap kepergian istri kepala BPH UMS.

"Atas nama keluarga almarhumah, saya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam bermasyarakat terdapat salah kata maupun perbuatan," tutur Sofyan.

Kami juga mengucapkan terima kasih, lanjut Sofyan Anif, kepada segenap warga yang telah membantu almarhumah sejak sakit di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah sampai dengan prosesi pemakaman pada hari ini.

Sofyan juga menuturkan, almarhumah semasa hidupnya aktif dalam berbagai organisasi. Organisasi tersebut meliputi Organisasi Wanita Islam, pernah menjabat sebagai Ketua Pengelola Panti Asuhan Yatim Putri, aktif di dalam Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Kota Barat, Surakarta, dan berbagai organisasi lainnya.

Dalam kesempatan yang sama, Lurah Mangkubumen Surakarta, Dyah Yunita, juga memberikan sepatah dua patah kata mewakili warga dan pengurus Kelurahan Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Surakarta, sebelum almarhumah di perangkatkan dari rumah duka.

Dia mendoakan, semoga almarhumah meninggal dalam keadaan khusnul khotimah, diterima seluruh amal ibadahnya dan diampuni segala kesalahan semasa hidupnya.

Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Drs., H., A. Dahlan Rais, M.Hum., mewakili PP Muhammadiyah menyampaikan pernyataan turut berduka cita yang sedalam dalamnya terhadap kepergian almarhumah.

"Mewakili Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan seluruh keluarga Muhammadiyah di Tanah Air ini kami merasa kehilangan, ikut bela sungkawa atas wafatnya Ibu Siti Zulaichah. Kami mengenal dengan baik karena kami berteman dengan Pak Marpuji sangat lama," pungkasnya. (Rpd)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pelatihan Layanan Dukungan Psiksosial (LDP) oleh Muhammadiyah Disas....

Suara Muhammadiyah

13 January 2024

Berita

BREBES, Suara Muhammadiyah – SMK Muhammadiyah Bumiayu Brebes melepas sebanyak 326 Siswa Kelas ....

Suara Muhammadiyah

6 May 2024

Berita

BANJARMASIN, Suara Muhammadiyah – Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin dan PCM Banjarm....

Suara Muhammadiyah

30 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 11 santri Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogykarta....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dalam Dialog Terbuka Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Preside....

Suara Muhammadiyah

22 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah