Jama'ah Shalat Id Padati Edutorium UMS pada Idul Adha 1445 H

Publish

17 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
123
Foto Istimewa

Foto Istimewa

SOLO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) merayakan momen Iduladha 1445 Hijriyah, dengan mengadakan Salat Iduladha pada tanggal 10 Dzulhijjah bertepatan dengan Senin (17/6), berlokasi di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS. 

Ribuan jama’ah yang baik dari Tenaga Pendidik (Tendik), Mahasiswa serta masyarakat umum tersebut, terlihat memadati halaman Edutorium UMS.

Prof. Dr. dr. Em Sutrisna, M. Kes., selaku imam sekaligus khatib pada pelaksanaan Salat Id tersebut, menyampaikan bahwa Iduladha ini menjadi momentum persatuan dan persaudaraan umat muslim seluruh dunia. 

“Rasulullah bersabda, muslim itu adalah saudara dengan muslim yang lain, jangan berbuat aniaya, jangan membiarkannya teraniaya. Maka orang yang melonggarkan satu kesulitan orang Muslim, Allah akan melonggarkan kesulitannya,” tutur Em. 

Ia meyampaikan musibah yang terjadi pada saudara mulim di Palestina dan dibelahan bumi lain, harus menjadi perhatian umat muslim termasuk UMS, yakni dengan memberikan bantuan berupa donasi dan do’a. 

Em melanjutkan bahwa esensi berkurban adalah meninggalkan kesenangan nafsu syahwat, dalam ketaatan kepada Allah, dengan cara menyembelih hewan kurban. 

“Ketika kita lihat Ibrahim yang sangat mencintai anaknya Ismail, maka Allah uji dia dengan dikurbankannya Ismail. Sementara Allah perintahkan kita untuk mengurbankan harta benda kecintaan kita, dengan membeli hewan kurban yang disembelih pada Iduladha,” jelas Em. 

Sementara penyembelihan hewan kurban UMS akan dilaksanakan pada hari berikutnya, Selasa (17/6), atau 11 Dzulhijjah, yang juga akan dilaksanakan pengajian Al-Ma’un. 

“UMS punya tradisi menyembelih kurban di hari berikutnya, untuk pembagiannya akan dilaksanakan setelah pengajian Al-Ma’un pada sore harinya. Kita utamakan untuk teman-teman Cleaning Service, Satpam, Tukang Parkir dll,” ucap Nurgiyatna selaku Ketua Gema Kampus Ramadhan (GKR) 1445 H. (Eva/Humas)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

JEPARA, Suara Muhammadiyah - Pengajian Ahad pagi Masjid At Taqwa Jepara yang beralamatkan di Jalam A....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

SINJAI, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Cabang Ranting dan Pembinaan Masjid (LPCR PM) Pimp....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Seekolah Muhammadiyah di lingkungan DIY melakukan kunjungan ke Grha....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Kegiatan Akhirussanah sekaligus pentas seni tutup tahun ajaran 2023-202....

Suara Muhammadiyah

8 June 2024

Berita

PADANGPANJANG, Suara Muhammadiyah - Pondok Pesantren Kauman Muhammadiyah Padang Panjang terus konsis....

Suara Muhammadiyah

18 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah