Jihad Ekonomi Muhamadiyah Kalbar

Publish

1 October 2023
pwm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
374
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Jihad Ekonomi Muhamadiyah Kalbar

Oleh: Amalia Irfani

Selalu banyak kebaikan yang akan di dapat saat niat dan ketulusan berpadu dalam perbuatan karena Allah SWT. Selalu ada harapan perbaikan jika ikhtiar terus dilakukan dengan tetap mengambil hikmah dalam tiap proses yang sudah dan akan dilakukan.

Diksi yang mudah terucap namun sejatinya sangat sulit dilakukan, sebab memerlukan kedewasaan berpikir dan pengalaman "merasa", agar dapat memahami berbagai proses hidup. Untuk sebuah organisasi besar seperti Muhammadiyah-'Aisyiyah kerjasama adalah faktor terpenting agar kemanfaatan dapat terus dilakukan/ditingkatkan, selain sebagai usaha menghidupkan organisasi agar tidak stagnan dan akhirnya mati.  Melalui  kerjasama  organisasi akan bisa berjalan baik dan terarah. Kerjasama akan membuat beban tiap orang di dalamnya jadi ringan, tidak jarang menumbuhkan kebahagiaan. Bekerja sama mampu  menumbuhkan kebersamaan, memperkokoh persaudaraan bahkan dapat meminimalisir ketimpangan sosial di masyarakat.

Dalam sebuah bincang kecil dengan banyak pimpinan Muhammadiyah-'Aisyiyah di  Kalimantan Barat dalam beberapa moment, terurai banyak kegalauan. Mereka menyadari pentingnya perbaikan untuk mencapai tujuan berbentuk kerjasama, namun ternyata sangat sulit menyatukan visi agar kerjasama dapat selaras dalam perbuatan, sehingga banyak agenda penting berlalu begitu saja. Kesibukan  mungkin satu diantara sebab mengapa banyak tujuan tidak terealisasi, disamping  karena minimnya komitmen untuk membesarkan. Komitmen yang kurang kokoh tersebut dikarenakan pengkaderan yang tidak berjalan optimal. Banyak pekerja di amal usaha Muhammadiyah-'Aisyiyah tidak mau bersama membesarkan persyarikatan, mereka hanya melakukan ritual pekerjaan. Sedangkan banyak kader baru bergerak tanpa kompas dan sesaat kebingungan menentukan arah, dan akhirnya berhenti seiring pupusnya semangat.

Padahal Muhammadiyah bukanlah organisasi biasa, tetapi organisasi dakwah yang nilainya telah mampu memberi kemanfaatan  dunia menuju akhirat. Dimana Dakwah bagian tidak terpisahkan dari organisasi yang disebut Prof. Jabal Tarik Ibrahim guru besar Universitas Muhammadiyah Malang, organisasi yang sejak lahir berdakwah di bidang pendidikan. Ini pertanda bahwa keberadaan Muhammadiyah menjadi bagian penting dari syiar Islam. Banyaknya amal usaha dan telah mencetak generasi terbaik bangsa sebagai bukti nyata serta peran lain dibidang kesehatan dan kesejahteraan umat.

Jihad Ekonomi berMuhamadiyah

Mengulas tentang bagaimana sekarang harusnya Muhammadiyah bergerak, bergeliat bagi kemajuan umat, maka sejak muktamar ke 47 tahun 2015  di Makassar, Jihad ekonomi sebagai amanat muktamar  yang akan dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa. Mandiri secara ekonomi disepakati sebagai solusi kemiskinan yang banyak di dera oleh umat Islam Indonesia. Umat Islam harus cerdas secara ekonomi, agar berdaya bukan sebaliknya terpuruk.

Jihad ekonomi menjadi solusi untuk mencapai keadilan ekonomi di masyarakat. Maka penting di belahan Indonesia manapun dibangun Muhammadiyah social entrepreneurship sebagai ikhtiar  mendorong dan mengembangkan kewirausahaan sosial di Indonesia. Misalnya dengan  dengan menjalin kemitraan inklusif closed-loop atau pendampingan melekat perusahaan besar pada UMKM daerah. Hal yang juga dijelaskan Prof Jabal, saat silahturahim bersama pengurus PWM-PWA Kalbar, Rabu 27 September 2023 disela-sela monitoring kelas profesional program studi agribisnis di Pontianak Kalimantan Barat (26-28 September 2023).

Menurut Prof. Jabal  yang juga menjabat sebagai tim  ahli lembaga pengembangan UMKM PWM Jatim serta staf ahli Pusdiklat SDM UMM, umat Islam harus meningkatkan diri di bidang ekonomi, berMuhammadiyah  itu lanjutnya harus menyesuaikan keadaan dan kebutuhan umat. "Kita lihat masjid Muhammadiyah   jamaahnya lebih banyak dari takmirnya, maka mengajak masyarakat dan umat berdaya bidang ekonomi merupakan jalan dakwah meminimalisir kemiskinan, sehingga mereka pun akan datang memakmurkan masjid karena tidak lagi merasa karena itu kepentingan, tetapi kelak karena kebutuhan", tegasnya.

Amalia Irfani, Kandidat Doktor Sosiologi UMM


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Wawasan

Menyelamatkan Homo Digitalis dari Kehidupan Inersia Oleh: Agusliadi Massere Era digital hari ini a....

Suara Muhammadiyah

12 November 2023

Wawasan

Ekonomi Berdikari Muhammadiyah Oleh: Dr Masud HMN Berdirinya gedung SM delapan tingkat yang terlet....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Wawasan

Sumber Foto Unsplash Difabel itu Normal, Catatan Film ”Jendela Seribu Sungai” Oleh: A....

Suara Muhammadiyah

24 July 2023

Wawasan

111 Tahun Muhammadiyah Oleh Ruminizulfikar Setiap bulan November bagi warga, kader, dan pimpinan P....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Wawasan

Oleh: Donny Syofyan Sejumlah orientalis mengatakan bahwa Islam disebarkan lewat pedang. Gagasan ini....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah