Kehutanan UMPR Kenalkan Gambut ke Gen Z

Publish

27 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

1
153
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Kunjungi Camp Peat KHDTK Tumbang Nusa

PULANG PISAU, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Program Studi Kehutanan Fapertahut Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) melakukan Kunjungan kunjungan ke Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Tumbang Nusa pada Selasa (25/6). Kunjungan ini dalam rangka pendalaman ilmu tentang hutan gambut sehingga para generasi muda khususnya ”Gen Z” dapat menjaga hutan gambut tetap lestari. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 8 pagi di Camp Peat KHDTK Tumbang Nusa, Kab. Pulang Pisau.

Pihak Pengelola KHDTK Tumbang Nusa, Budi Hermawan didampingi anggotanya menyambut baik kedatangan rombongan mahasiswa prodi Kehutanan UMPR yang berjumlah 55 orang.

Mengawali kegiatan di Camp Peat, Budi Hermawan selaku Pegawai BPSI LHK Banjarbaru sekaligus Pengelola KHDTK dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada rombongan mahasiswa prodi Kehutanan.

“Terima kasih kepada Prodi Kehutanan UMPR atas kunjungannya bersama rombongan ke KHDTK Tumbang Nusa”, jelas Budi Hermawan.

Budi Hermawan menjelaskan KHDTK Tumbang Nusa adalah KHDTK yang spesial karena merupakan satu-satunya hutan penelitian rawa gambut Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan (Badan litbang Kehutanan) dari 33 KHDTK yang ada di Indonesia.

”KHDTK ini memiliki luas 5000 ha dan didalamnya terdapat beragam informasi dan IPTEK Gambut sehingga harapannya dapat membantu berbagai pihak seperti mahasiswa, peneliti, dan masyarakat untuk meneliti tentang gambut,”lanjutnya. 

Dosen yang mendampingi para mahasiswa prodi Kehutanan, Ardiyansyah Purnama, S.Hut., M.Si. mengungkapkan bahwa dalam kunjungan ini diharapkan para mahasiswa yang kebetulan masuk ke dalam Gen Z dapat mengenal gambut sejak dini.  

”Gambut ini harus dilestarikan dan dijaga oleh semua pihak termasuk kalangan generasi Z yang didominasi anak muda. Seperti motto KHDTK yaitu ’Kita Jaga Gambut, Gambut Jaga Kita’ jadi jika kita semua turut serta untuk menjaga gambut, maka gambut itu akan memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat luas terutama manfaat ekologis”, imbuh Ardiyansyah. 

Rombongan mahasiswa kehutanan yang ikut dalam kegiatan ini terlihat begitu antusias. Terlebih mereka dapat melihat langsung keberadaan hutan gambut beserta teknologi yang dipergunakan di kawasan Camp Peat ini.

”Beragam ilmu yang dipelajari di kampus, dapat langsung dipraktikkan dalam kesempatan ini. Terlebih bagi mahasiswa semester 4 seperti kami yang sudah 2 tahun mengenyam ilmu di prodi kehutanan jadi sudah mendapat sedikit banyak ilmu teoritis. Dengan berkunjungan ke KHDTK ini kami semakin mengetahui secara nyata tentang praktek dan teknologi di dunia kehutanan khususnya tentang gambut”, kata Siti Rahma selaku mahasiswa.

Mahasiswa kehutanan lainnya, Agnes saat ditemui berujar bahwa pada kegiatan ini mereka menemukan banyak hal baru yang sebelumnya mereka belum peroleh selama berkuliah.

”untuk itu kami berterima kasih kepada pihak KHDTK Tumbang Nusa atas ilmu dan pengalaman yang telah diberikan kepada kami. Banyak hal baru yang menarik dan sangat berkesan bagi kami sehingga semakin bersemangat untuk menjaga gambut”, ujar Agnes.

Selama kegiatan di areal KHDTK Tumbang Nusa ini, para rombongan mahasiswa diajak berkeliling lokasi persemaian bibit tanaman, green house, tegakan hutan, dan tidak lupa mengelilingi Pusat Informasi dan IPTEK Gambut: Camppeat KHDTK Tumbang Nusa. (ard/ard)


Komentar

Ardiyansyah Purnama

Salam Lestari

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

Bagi UMKM Pengelola Sampah Organik dan Non Organik di Bogor BOGOR, Suara Muhammadiyah - Dosen sebag....

Suara Muhammadiyah

21 December 2023

Berita

BIREUEN, Suara Muhammadiyah - Fakultas Ilmu kesehatan Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

CIREBON, Suara Muhammadiyah — Pekerja Migran Indonesia (PMI) masih menghadapi berbagai tantang....

Suara Muhammadiyah

9 December 2023

Berita

OKUTIMUR, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupat....

Suara Muhammadiyah

9 February 2024

Berita

MALAYSIA, Suara Muhammadiyah – Badan Kerjasama Sekolah SMP Muhammadiyah Daerah Sleman (BKS Sle....

Suara Muhammadiyah

4 December 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah