Kelas Khusus Olahraga di Sekolah Muhammadiyah Semakin Diminati

Publish

27 January 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
343
Istimewa

Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) Pimpinan Pusat Muhammadiyah menggelar webinar Ngaji Olahraga edisi 2 pada Jumat (26/1). Webinar bertajuk Mengenal Kelas Khusus Olahraga di Sekolah Muhammadiyah ini diikuti puluhan peserta dari seluruh Indonesia.

Webinar ini menghadirkan dua pembicara, yaitu Ahmad Fahrizal, guru SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta, yang juga menjadi match komisioner berlisensi PSSI, dan  ⁠Salim Bahrisy, kepala sekolah SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Dipandu oleh Rony Syaifullah dari LPO Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

“Kelas olahraga adalah salah satu program unggulan SMA Muhammadiyah 10 Surabaya atau  SMAMX dimana program ini sudah dijalankan sejak berdirinya sekolah. Program ini memfasilitasi talenta siswa di bidang olahraga. Saat ini kami memiliki 50 cabor dengan 573 prestasi di bidang olahraga dalam 4 tahun terakhir,” jelas Salim Bahrisy. Salim menambahkan 

kelas olahraga dibagi menjadi 2 yaitu yaitu Reguler dan Inklusi/Disabilitas. Pada tahap selanjutnya program lanjutan terbagi menjadi tiga yaitu hobi, amatir, dan profesional.

SMA Muhammadiyah 10 Surabaya atau lebih dikenal dengan nama SMAMX berdiri pada tahun 2014 diprakarsai oleh Ir. Sudarusman yang saat itu menjabat sebagai KS SMPM 2 Surabaya. Sudarusman selanjutnya diangkat menjadi KS SMAMX selama dua periode.

SMAMX berdiri inisiasi awalnya adalah banyaknya lulusan SPEMDA yang tidak terfasilitasi di saat naik ke jenjang selanjutnya yaitu jenjang SMA yang akhirnya hal itu terdengar oleh Ketum PP Muhammadiyah saat itu yakni Prof. Din Syamsudin. “Saat itulah beliau menginstruksikan agar Pak Sudarusman mendirikan sekolah Muhammadiyah keberbakatan,” jelas Salim.

 Senada dengan Salim, Ahmad Fahrizal menyatakan bahwa kelas khusus olahraga bisa menjadi alternatif bagi sekolah-sekolah Muhammadiyah untuk menjadi keunggulan. “Kelas khusus olahraga bisa menjembatani bakat siswa, sekaligus mendorong prestasi sekolah. Sekolah Muhammadiyah bisa membuka kelas khusus olahraga agar mendapatkan dan menghasilkan siswa berprestasi,” jelasnya. (fj)

 


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Universitas Muhammad....

Suara Muhammadiyah

28 November 2023

Berita

PEKALONGAN, Suara Muhammadiyah - PCM (Pimpinan Cabang Muhammadiyah) Kecamatan Siwalan, Drs. Sapuan s....

Suara Muhammadiyah

20 November 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Selama periode 2015-2021, Komnas Perempuan menerima 67 laporan kasus ....

Suara Muhammadiyah

25 March 2024

Berita

BANYUMAS, Suara Muhammadiyah - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokert....

Suara Muhammadiyah

29 March 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhamma....

Suara Muhammadiyah

12 October 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah