Kemeriahan Tari Kecak Bali ala Siswa SMP Muhammadiyah 2 Comal

Publish

13 June 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
395
Siswa SMP Muhammadiyah 02 Comal memeragakan tari Kecak (10/6).

Siswa SMP Muhammadiyah 02 Comal memeragakan tari Kecak (10/6).

PEMALANG, Suara Muhammadiyah - Tari Kecak biasanya kita jumpai saat berwisata ke Pulau Dewata di Bali, namun sekelompok siswa SMP Muhammadiyah 02 Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, baru saja mempertunjukkan kemampuannya dalam membawakan Tari Kecak, dalam acara Pentas Seni dalam rangka Kelulusan Siswa 9, Selasa (10/06/2024). 

Digelar di lapangan tengah SMP Muhammadiyah 02 Comal, Tari Kecak ini dibawakan oleh 15 orang, dengan menceritakan kisah legenda Anoman saat membantu Ramayana dalam membebaskan Dewi Sinta dari cengkeraman Rahwana. 

"Tadi Tari Kecak yang menceritakan Anoman menyelamatkan Dewi Sinta," terang Inez, salah satu personil Tari Kecak dalam gelaran tersebut. 

Menurut Inez, Tari Kecak sengaja dibawakan menyesuaikan tema acara yakni Kebhinekaan. "Karena sesuai temanya Kebhinekaan, dan untuk mengangkat cerita legenda di nusantara," imbuh Inez. 

Para personil tari kecak ini mengaku tidak terlalu sulit dalam mempersiapkan aksinya, mereka hanya berlatih empat kali dalam waktu satu bulan. 

"Tidak sulit, cuma latihan empat kali, dan sebelumnya pernah tampil juga," kata Sekar Sukmawati, personil tari kecak. 

Rangkaian tari kecak ini sedikit unik karena para penari tetap mengenakan busana islami, namun tetap dibawakan dengan epik. Teriakan "cak, cak, cak," sebagai ciri khas tari kecak, menggema di tengah para hadirin, dan mendapatkan tepuk tangan meriah. 

Kepala SMP Muhammadiyah 02 Comal

"Bahwasannya ini adalah tarian dari Bali, tentu sudah mendunia, dan Bali menjadi destinasi wisata internasional, harapannya anak-anak mempelajari berbagai Seni tari termasuk Tari Kecak," Terang Nurul Iman,  Kepala SMP Muhammadiyah 02 Comal. 

Selain Tari Kecak, puluhan siswa lainnya menampilkan tari nusantara dengan durasi 18 menit, yang merangkum berbagai gerakan tari dari Sabang hingga Merauke. Seluruh hadirin nampak senang dengan suguhan tari seni oleh para siswa. 

Kebahagiaan para walimurid yang hadir pada acara tersebut semakin lengkap, dengan diumumkannya seluruh siswa kelas IX sebanyak 116 orang dinyatakan lulus 100 persen. Kelulusan tersebut disampaikan oleh kepala sekolah, Nurul Iman, di tengah acara. (Mukhtarom/diko)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dalam mata kuliah wajib pascasa....

Suara Muhammadiyah

11 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Dinamika psikologis dan perilaku remaja yang terjadi dalam sis....

Suara Muhammadiyah

6 April 2024

Berita

Ambil Bagian dalam Mengatasi Persoalan Lingkungan JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Majelis Lingkungan ....

Suara Muhammadiyah

13 March 2024

Berita

JAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta menyelenggarakan ....

Suara Muhammadiyah

3 December 2023

Berita

 BANDARLAMPUNG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah  Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Lampung ....

Suara Muhammadiyah

31 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah