Khutbah Jum'at: Influencer Kebaikan

Publish

9 February 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

4
1462
sumber gambar: pixabay.com

sumber gambar: pixabay.com

Oleh: Safwannur, MPd

Alumnus Ponpes Ihyaaussunnah Lhokseumawe, Aceh dan Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Yogyakarta

Pengajar di Ma’had Darul Arqam Muhammadiyah Daerah Garut

 

إِنَّ الْحَمْدَ لله نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوْذُ بالله مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ الله فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إلهَ إلا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ.

أَمَّا بَعْدُ  فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ مَنِ التَّقَى. 

وقَالَ تَعَالَى: كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ.

وقَالَ رَسُوْلُ اَللَّهِ  صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Tumbuh suburnya media sosial turut menghadirkan profesi baru dalam bidang digital, yaitu influencer yang memiliki pengaruh besar dalam interaksi virtual. Para influencer ini memiliki pengikut (follower) yang banyak di media sosial, seperti Instagram, TikTok, YouTube dan sebagainya. Mereka bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dari konten-konten yang mereka produksi. 

Bila dilihat dari kacamata agama, kehadiran influencer ini merupakan hal positif dalam rangka menyebarkan syiar Islam di media sosial, sehingga bisa mudah diakses oleh kaum muslimin secara luas. Era digital mengharuskan dunia dakwah adaptif terhadap dunia teknologi, agar syiar Islam bisa terus eksis di tengah-tengah masyarakat. Sejatinya, seluruh kaum muslimin punya kewajiban yang sama untuk berdakwah sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Allah Swt berfirman:

كُنْتُمْ خَيْرَ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ ۗ وَلَوْ اٰمَنَ اَهْلُ الْكِتٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ ۗ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُوْنَ وَاَكْثَرُهُمُ الْفٰسِقُوْنَ

“Kamu (umat Islam) adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, (karena kamu) menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka. Di antara mereka ada yang beriman, namun kebanyakan mereka adalah orang-orang fasik.” (QS Ali Imran [3]: 110).

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Kemasan dakwah yang menarik tanpa mengabaikan substansi ajaran Islam bisa menarik perhatian masyarakat. Tentu dakwah yang dimaksud tidak hanya terbatas melalui ceramah di mimbar, tetapi dalam cakupan yang lebih luas. Poster-poster berisi kata-kata hikmah, video-video pendek yang berisi nasihat adalah model dakwah digital yang bisa dijadikan sebagai konten media sosial yang sesuai dengan kondisi kekinian.

Dakwah model demikian tentu cukup efektif untuk menjangkau para pengguna media sosial, terutama kawula muda. Upaya tersebut tentu akan berbuah pahala, apalagi jika diamalkan oleh para pemirsa. Bagi para influencer ini merupakan jalan untuk mendulang pahala dalam rangka mengampanyekan kebaikan. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

 عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ رضي الله عنه  قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ دَلَّ عَلَى خَيْرٍ, فَلَهُ مِثْلُ أَجْرِ فَاعِلِهِ.

Dari Abu Mas’ud ra berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, maka ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang melakukannya.” (HR. Muslim).

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Seorang influencer, dengan modal ketenaran dan follower yang dimiliki harus menyadari itu sebagai sebuah anugerah yang tidak boleh disia-siakan. Oleh karena itu, konten yang mereka buat seyogyanya memuat nilai-nilai dakwah Islam yang bermanfaat. Jadi bukan hanya sekadar untuk ajang hiburan dan hura-hura demi cuan, apalagi menampilkan konten-konten yang tidak mendidik dan merusak moral generasi bangsa. 

Segala yang dipertontonkan oleh para influencer cenderung diikuti oleh warganet yang menjadi penggemarnya. Tentu itu memiliki konsekuensi bagi sang influencer tersebut. Bila dia menampilkan kebaikan, maka akan berbuah pahala. Sebaliknya, bila dia menampilkan keburukan, maka akan berbuah dosa. 

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah

Setiap muslim sesungguhnya adalah influencer yang berkewajiban untuk menyebarkan ajaran agama. Figur publik yang punya pengaruh besar dalam masyarakat tentu memiliki tanggung jawab moral yang lebih dalam menyampaikan kebaikan, karena kata-katanya didengarkan dan diikuti. Kebaikan dan keburukan yang dilakukan dan diperlihatkan oleh seseorang efeknya akan kembali kepada dirinya sendiri. “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri…” (QS. al-Isra’ [17]: 7).

Semoga kita semua diberi kekuatan untuk senantiasa istiqamah mengamalkan kebaikan dan menyebarluaskannya kepada umat. Mari kita manfaatkan kecanggihan teknologi untuk lebih memperluas wilayah jangkauan dakwah Islam. Ciptakan model dakwah yang menarik dan kreatif melalui media sosial dengan konten yang beragam, seperti video, gambar dan tulisan singkat yang bisa diakses oleh berbagai jenis audiens.

بَارَكَ لله لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ وَجَعَلَنَا اللهُ مِنَ الَّذِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هذا وَأَسْتَغْفِـرُ الله لِيْ وَلَكُمْ.

KHUTBAH KEDUA

اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَـقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إله إِلاَّ الله  وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، 

قَالَ الله تَعَالَى: يَاأَيُّهاَ الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا الله حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ 

اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ:

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا. 

اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اللهم بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. 

اللهم اغْـفِـرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمَنَاتِ, الأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ, إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعْواتِ, يَا قَضِيَ الْحَاجَتِ, رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ, رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْـفِـرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، اللهم إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى. اللهم إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيْعِ سَخَطِكَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَصَلى الله عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.


Komentar

Safwannur Safwannur

Alhamdulillah, semoga bermanfaat

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Khutbah

Khutbah Jum'at Perintah Berpikir Oleh: Ihsan Nursidik إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ....

Suara Muhammadiyah

22 July 2023

Khutbah

 Khutbah Jum'at: Janji, Ringan Diucapkan Berat Ditunaikan  Oleh: Abdul Malik, Alumni....

Suara Muhammadiyah

18 April 2024

Khutbah

Oleh: Ahmad Fatoni Dosen Pendidikan Bahasa Arab FAI-UMM إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّه....

Suara Muhammadiyah

29 February 2024

Khutbah

Oleh: Karim Muhammad إِنّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْت....

Suara Muhammadiyah

5 October 2023

Khutbah

Oleh: Rian Adriand إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْت....

Suara Muhammadiyah

21 September 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah