Khutbah Jum'at: Ketidakjujuran di Mana-mana

Publish

23 August 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
753
Foto Istimewa

Foto Istimewa

Ketidakjujuran di Mana-mana

Ahmad Fatoni, Dosen Pendidikan Bahasa Arab FAI UMM

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْهُ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَمَّا بَعْدُ؛ يَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. 

Jamaah Jumat rahimakumullāh

Berbagai kejahatan yang terungkap belakangan ini, seperti korupsi di kalangan pejabat, mafia hukum dan peradilan, judi online, peredaran narkoba, pergaulan bebas kaum remaja, kekacauan rumah tangga, frekuensinya semakin hari semakin memprihatinkan

Kemunkaran sosial tersebut sungguh lebih besar bahayanya dari pada terorisme, gempa bumi, atau aneka penyakit fisik yang diderita manusia. Sebab tindakan kejahatan tersebut dapat menghancurkan sebuah bangsa dan sebuah negara. Kehancurannya bukan saja di dunia, namun di akhirat juga. Semua-mua itu bermuara dari lenyapnya kejujuran dan suburnya ketidakjujuran dalam kehidupan.

Jamaah Jumat rahimakumullāh

Sudah menjadi rahasia umum bahwa di mana-mana kita sulit menemukan sebuah kejujuran dalam masyarakat. Sebaliknya, di mana-mana kita dengan mudah menemukan ketidakjujuran. Kita dengan mudah menemukan ketidakjujuran di rumah antara suami dan istri atau antara anak dengan orang tuanya. Kita juga dengan mudah menemukan pedagang di pasar yang tak jujur dalam timbangan. 

Potret ketidakjujuran bangsa ini memuncak dalam kasus korupsi yang seolah menjadi praktik yang tidak ditabukan. Tak heran bila kondisi Indonesia saat ini termasuk dalam kategori pengindap penyakit kronis dengan tingkat korupsinya sangat tinggi. Penyakit sosial yang jenis satu ini dari dari waktu ke waktu selalu menghiasi wajah pemberitaan nasional, bahkan mengalahkan isu-isu kemiskinan di berbagai daerah.

Tragisnya lagi, kejahatan-kejahatan publik itu justru dicontohkan para pemimpin bangsa yang semestinya memberikan keteladanan. Tak berbilang kejahatan korupsi yang kita dengar, lalu lenyap begitu saja tanpa pengadilan. Ingatan kita belum lagi bisa melupakan satu kejahatan korupsi oleh tokoh tertentu, dan berita serupa, atau bahkan yang lebih dahsyat muncul kembali. Lantas, di manakah letak agama, khususnya Islam, dalam urat nadi kehidupan bangsa Indonesia sehingga nilai-nilai luhur yang dikandung tak lagi mampu menghadirkan kejujuran.

Lebih mengerikan lagi, di dunia pendidikan dan dakwah pun kita sering pula menemukan ketidakjujuran. Dalam kehidupan akademik ketidakjujuran bisa berupa jual beli ijazah, perjokian tugas akhir dan lain sebagainya. Bahkan aktivitas dakwah pun bisa tercemar dengan ketidakjujuran juru dakwah yang suka memfitnah juru dakwah lain di hadapan jamaah kelompoknya. 

Hampir tidak ada lini kehidupan saat ini yang tidak dirasuki ketidakjujuran. Kejujuran seolah sudah menjadi barang langka. Orang-orang yang jujur dianggap makhluk aneh, lugu, dan dianggap tidak memahami perkembangan zaman.

Jamaah Jumat rahimakumullāh

Nabi Muhammad SAW telah mewanti-wanti umatnya agar selalu bersifat jujur dan sekali-kali jangan terlibat dalam kebohongan, sekecil apapun dan dalam kondisi apapun, kecuali dalam keadaan perang, mendamaikan orang yang sedang berselisih dan menjaga keharmonisan rumah tangga. Itupun dengan sangat hati-hati dan sebatas yang diperlukan saja. Beliau bersabda:

عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ صِدِّيقًا وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِي إِلَى الْفُجُورِ وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِي إِلَى النَّارِ وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا

 “Hendaklah kalian semua menjadi jujur, karena sesungguhnya kejujuran itu akan membawa kepada kebaikan, dan sesungguhnya kebaikan itu akan menyampaikan kalian ke syurga. Bila seseorang itu jujur dan menguasai sifat jujur (secara terus menerus), maka Allah menetapkannya sebagai seorang yang jujur. Dan sekali-kali jangan kalian berbohong, karena sesungguhnya kebohongan itu menggiring kalian kepada berbagai kejahatan (dosa) dan sesungguhnya berbagai kejahatan itu akan menggiring kalian ke neraka. Bilamana seseorang itu berbohong dan terus menerus berbohong, maka Allah akan menetapkannya sebagai pembohong.” [HR. Al-Bukhari dan Muslim]

Jamaah Jumat rahimakumullāh

Kejujuran adalah sumber kebaikan dunia dan akhirat, sedangkan kebohongan atau ketidak jujuran adalah sumber malapetaka di dunia dan juga di akhirat. Bagi setiap mukmin. kejujuran adalah segala-galanya dan harus meliputi semua aspek kehidupan. Kalau tidak, ia akan mengalami kehancuran hidup di dunia dan sengsara di akhirat.

Dalam kesempatan ini, khatib menghimbau diri sediri dan kaum muslimin, marilah kita besama-sama membentuk karakter kejujuran dalam diri kita dan menjauhi kebohongan dalam hidup ini agar kita selamat di dunia ini dan di akhirat nanti.

بارَكَ اللهُ لِي وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِي وَاِيِّاكُمْ بما فيه مِنَ الآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أقُوْلُ قَوْلِي هَذا وَأسْتَغْفِرُوا اللهَ لِيْ وَلَكُمْ فَاسْتَغْفِرُوْهُ إنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

Khutbah Kedua 

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا . أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى: إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ.  

Sumber: Majalah SM Edisi 14 Tahun 2024


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Khutbah

Khutbah Jum'at: Mencintai Rasul Saw Oleh: Dr. Tgk. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA إِنَّ الْ....

Suara Muhammadiyah

7 October 2023

Khutbah

Oleh: Safwannur إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَع�....

Suara Muhammadiyah

20 October 2023

Khutbah

Meneguhkan Spirit Al-Kautsar untuk Persatuan dan Kekuatan Ummat Oleh : Immawan Wahyudi, Dosen Fakul....

Suara Muhammadiyah

15 June 2024

Khutbah

Hablum Minallah dan Hablum Minannas dalam Arsitektur Kania Kinasih, ST., M.Ars, Kaprodi Arsitektur ....

Suara Muhammadiyah

18 March 2024

Khutbah

Oleh: Inggit Prabowo إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْ....

Suara Muhammadiyah

27 July 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah