Konferensi ICAIS 3 FAI Unismuh Bahas Peran Komunikasi Islam di Era Digital

Publish

22 May 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
186
Doc. Unismuh

Doc. Unismuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar International Conference on Actual Islamic Studies (ICAIS) ke-3 tahun 2024. Mengangkat tema "The Role of Islamic Communication in the Digital Era in Various Aspects Education, Economics and Law", konferensi ini berlangsung secara offline dan online di Lantai II Balai Sidang Muktamar Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Selasa (21/5).

Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor I Unismuh Makassar, Dr. H. Abd. Rakhim Nanda, mewakili Rektor. Dekan FAI, Dr. Amirah Mawardi, M.Si., beserta jajarannya, serta sejumlah mahasiswa dan dosen dari Unismuh dan luar Unismuh turut hadir. Tercatat 10 perguruan tinggi ambil bagian, termasuk 43 peserta dari Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi dan 132 presenter online.

Conference ICAIS 2024 menghadirkan tiga pembicara utama dari luar negeri, yakni Prof. Dr. Normal Mustaffa (Universitas Kebangsaan Malaysia) yang hadir secara luring, Assoc. Prof. Dr. Salut Muhidin (Macquarie University Sydney, Australia) dan Assoc. Prof. Dr. Sabbar Dahlan Sabbar (Petra Educational Institute Hashemite Kingdom of Jordan), yang hadir secara daring hadir secara daring

Dua pemateri utama lainnya, berasal dari dalam negeri, yakni Assoc. Prof. Dr. Amirah Mawardi, S.Ag, M.Si. (Unismuh Makassar), dan Assoc. Prof. Dr. Usman Jasad, M.Pd. (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Sebelum acara dibuka, Dekan FAI Unismuh, Dr. Amirah Mawardi, memaparkan program studi yang dibina FAI, yaitu Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Pendidikan Bahasa Arab, Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah), Komunikasi Penyiaran Islam, dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam.

Wakil Rektor I Unismuh, Dr. H. Abd. Rakhim Nanda, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas penyelenggaraan ICAIS ke-3 ini. Ia menyebut kegiatan ini bergengsi dan rutin diadakan FAI setiap tahun.

"Tema yang diangkat dalam Conference ini fokus pada isu Komunikasi, Pendidikan dan Kesehatan telah sejalan dengan era kekinian kita saat ini terutama di Kampus Unismuh dan juga perkembangan generasi Islam," ujarnya.

Ia berharap hasil konferensi ini dapat memberikan rekomendasi terkait bagaimana menjalani kehidupan Islam di era digital. Ia juga mendorong mahasiswa untuk aktif mengikuti kegiatan internasional sebagai langkah menuju prestasi akademik yang lebih baik.

Rangkaian acara Conference ICAIS Ke-3 Tahun 2024 ini turut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Unismuh dengan Pascasarjana Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi. Penandatanganan MoU ini diwakili oleh Wakil Rektor I Unismuh, Dr. H. Abd. Rakhim Nanda, dan Direktur Pascasarjana Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi, Dr. Fauzan Haryono, M.Pd.

Conference ICAIS 2024 menjadi wadah bertukar gagasan dan pemikiran terkait peran komunikasi Islam di era digital. Diharapkan konferensi ini dapat menghasilkan rekomendasi dan solusi yang bermanfaat bagi umat Islam di era modern. (Hadi/Cris)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Bertempat di Aula atas SMA Muhammadiyah 3 Wirobrajan Yogyakarta, di....

Suara Muhammadiyah

29 January 2024

Berita

SOLO, Suara Muhammadiyah - Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 saat ini telah berjalan hingga tahap ru....

Suara Muhammadiyah

5 July 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Sharia Economic Week (SEW) XII yang diselenggarakan oleh Himp....

Suara Muhammadiyah

19 May 2024

Berita

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah – Lazismu Jawa Tengah menutup akhir tahun dengan gemilang, merai....

Suara Muhammadiyah

27 November 2023

Berita

BANDAACEH, Suara Muhammadiyah - Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Aceh yang bekerjasama Ikatan....

Suara Muhammadiyah

9 May 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah