Kuliah Tafsir di Ponpes Almatera

Publish

13 March 2024

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
138
KH Tafsir, Ketua PWM Jawa Tengah

KH Tafsir, Ketua PWM Jawa Tengah

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Setiap Ahad pagi, Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) Temanggung mempunyai agenda rotin Kuliah Shubuh. Para musami’ yang sebagian besar berasal dari Cabang Muhammadiyah Tembarak dan Selopampang, dengan penuh semangat mengikuti kuliah Shubuh di kampus satu Pontren Almatera yang berlokasi di Desa Purwodadi Tembarak. Para wali santri dan masyarakat sekitar yang dekat dengan pondok, mereka aktif menghadiri kegiatan kuliah shubuh. 

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah Dr. K.H. Tafsir, M.Ag. yang menjadi penceramah pada kuliah Shubuh pada hari Ahad, (10/3) dan merupakan kuliah shubuh akbar menjelang bulan romadhon 1445, memberikan tausyiyah yang berhubungan erat dengan ibadah puasa Romadhon  bagi orang Islam. Satu Romadhon yang bertepatan pada hari Senin, (11/3), warga Muhammadiyah memulai menjalankan ibadah puasa romadhon sesuai keputusan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah. “Hakikat puasa romadhon yang tidak sebatas menahan lapar dan dahaga, tetapi menjadikan seorang mukmin mampu meningkatkan kebaikan dan dijiwai dalam berbagai aktifitas, menjadi salah satu hakibat puasa romadhon” ungkap Tafsir. 

Pondok Pesantren Almatera Temanggung yang menjadi salah satu pondok pesantren pencetak kader ulama’ di masa depan, oleh PWM Jawa Tengah yang diketuai oleh Dr. K.H. Tafsir sangat diharapkan melahirkan para kader ulama’. Beberapa santri yang melanjutkan pendidikan di beberapa universitas ternama di negara-negara yang ada di timur tengah seperti di negara Yaman, Mesir, Saudi Arabia dan negara yang lain, menunjukkan keseriusan untuk memperdalam ilmu-ilmu agama yang sangat dibutuhkan. 

“Para santri yang telah selesai belajar di timur tengah, dituntut mengembangkan ilmunya untuk memberikan pencerahan di lingkungan Muhammadiyah yang masih terbatas jumlahnya dan butuh kader-kader ulama’ berkualitas yang tafaquhfiddien dan kader-kader di bidang disiplin ilmu lain,” imbuhnya. 

Hal penting untuk memajukan lembaga pendidikan pondok pesantren, dituntut mempunyai kemampuan profesionalitas managemen dan sumber daya manusia (SDM) bagi para pengelola, dan Almatera dituntut mempunyai kemampuan. Karena tantangan yang dihadapi membutuhkan kematangan profesional di berbagai bidang.

Para musami’ yang diberi layanan periksa kesehatan gratis oleh panitia kuliah shubuh yang  tenaga medisnya berasal  RS PKU Muhammadiyah Temanggung, kegiatan semacam ini telah terjalin lama sebagai bentuk pelayanan kepada ummat di bidang kesehatan dan para peserta kuliah shubuh merasakan manfaatnya. Bagi yang terdapat tanda-tanda adanya gejala sebuah penyakit setelah dilakukan pemeriksaan, diberi resep obat untuk tindaklanjutnya oleh dokter dan petugas medis yang bertugas. (Khamid)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

KUDUS, Suara Muhammadiyah - Berkompetisi melalui seni, Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Kudus ....

Suara Muhammadiyah

27 February 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Rapat Kerja Wilayah (RAKERWIL) dan Musyawarah Wilayah (MUSYWIL....

Suara Muhammadiyah

27 December 2023

Berita

MALANG, Suara Muhammadiyah - Ramadan bukan hanya momentum peningkatan spiritual, tetapi juga sebagai....

Suara Muhammadiyah

8 March 2024

Berita

TEMANGGUNG, Suara Muhammadiyah - Sudah menjadi agenda rutin mingguan bahwa di setiap hari Ahad pagi ....

Suara Muhammadiyah

24 September 2023

Berita

SLEMAN, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat 'Aisyiyah gelar Pengajian Ramadan 1445 H pada Sabtu (23/....

Suara Muhammadiyah

23 March 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah