Lampung Green Generation Hijaukan Bumi, Mendukung Pemimpin Pro Lingkungan

Publish

15 May 2024
ipm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
164
Foto Istimewa

Foto Istimewa

TANGGAMUS, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Provinsi Lampung mengadakan kegiatan Lampung Green Generation yang dilaksanakan di Kawasan Pematang Neba, Gisting, Tanggamus pada Ahad, 12 Mei 2024 dengan tema “Anak Muda Bergerak, Hijaukan Bumi Lampung”.

Lampung Green Generation adalah sebuah rangkaian kegiatan yang dimulai dengan diselenggarakannya kegiatan Sekolah Ekologi Pelajar, Clean Up Way Tebu, Penanaman Pohon, Explore Bukit Neba, dan Deklarasi Pelajar Mendukung Pemimpin Pro Lingkungan. 

Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu, pertama untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan terhadap lingkungan di kalangan pelajar. Yang kedua untuk meningkatkan keterampilan dalam melakukan gerakan cinta lingkungan di kalangan pelajar. Yang ketiga untuk mengajak pelajar lainnya untuk ikut menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan melalui kampanye digital. Dan yang terakhir untuk membantu mengurangi kerusakan lingkungan melalui kampanye anti-plastik dan pencemaran lingkungan hidup. 

Dalam kegiatan Deklarasi Pemimpin Pro Lingkungan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung Prof. Dr. H. Sudarman, M.Ag., Dinas Kehutanan Provinsi Lampung yang juga diwakilkan oleh Budi Satria, S.Hut.,M.E. selaku kepala UPTD KPH Pematang Neba, PJ Bupati Tanggamus yang diwakilkan oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Sekretariat Daerah Sukisno, M.Kes., Anggota DPRD Provinsi Lampung H.Joko Santoso, S.P.,M.H. dan H. Heni Susilo, S.Pd., Komisioner KPU Lampung Antonius Cahyalana, S.IP.,M.IP.

Turut hadir juga Ketua Ortom Muhammadiyah Lampung, Kapolres Tanggamus, Komandan Kodim 0424/Tanggamus, DLH Tanggamus, Camat Gisting, sponsor hingga Kepala Pekon Gisting Atas. 

Firdaus Armansyah, S.Pd sebagai Ketua Umum Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Provinsi Lampung menyampaikan tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk melahirkan generasi muda dan pemimpin lampung yang memiliki wawasan dan kemampuan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Lampung Green Generation adalah sebuah inisiasi dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah Lampung untuk mendorong munculnya para generasi muda yang cinta dengan lingkungan dan mendorong para pelajar untuk dapat memilih Calon Kepala Daerah yang memiliki visi dan komitmen untuk dapat menjaga lingkungan di daerahnya pada Pilkada yang akan diselenggarakan bulan November nanti, ” ungkap Firdaus Armansyah dengan penuh semangat. 

Kegiatan Lampung Green Generation ini mendapatkan perhatian khusus dan didukung oleh banyak stakeholder baik dari Pemerintah Daerah, Perusahaan, Organisasi Kemasyarakatan, maupun masyarakat sendiri.  

Adapun bunyi dari Deklarasi Pelajar Mendukung Pemimpin Pro Lingkungan adalah sebagai berikut.  

Deklarasi Pelajar: Mendukung Pemimpin Pro Lingkungan

Kami, para pelajar dan masyarakat yang peduli terhadap masa depan bumi kita, dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, bersatu dalam mendukung pemilihan pemimpin pro lingkungan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

1. Komitmen untuk Perlindungan Lingkungan: Kami mengakui pentingnya perlindungan lingkungan sebagai bagian tak terpisahkan dari pembangunan daerah. Kami memilih untuk mendukung pemimpin yang memprioritaskan perlindungan lingkungan dan keberlanjutan dalam agenda pembangunan mereka.

2. Penyelarasan Pembangunan dan Keberlanjutan: Kami meminta pemimpin yang terpilih untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan ke dalam kebijakan dan program pembangunan daerah, serta memastikan bahwa setiap langkah yang diambil selalu mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan.

3. Pengurangan Emisi Karbon dan Pelestarian Ekosistem: Kami menuntut langkah-langkah nyata untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan melindungi ekosistem alam yang berharga, seperti hutan, sungai, dan lahan basah, dari kerusakan yang tidak terelakkan.

4. Pemberdayaan Masyarakat dalam Aksi Lingkungan: Kami menginginkan pemimpin yang terbuka untuk melibatkan kami, para pelajar, dan masyarakat umum dalam proses pengambilan keputusan, serta memberdayakan kami untuk berpartisipasi dalam aksi lingkungan di tingkat lokal.

5. Kemitraan dan Kolaborasi: Kami mendukung upaya pemimpin untuk menjalin kemitraan yang kuat dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah lain, sektor swasta, organisasi non-pemerintah, dan masyarakat sipil, untuk mencapai tujuan bersama dalam melindungi lingkungan.

6. Pendidikan dan Kesadaran Lingkungan: Kami menekankan pentingnya pendidikan dan kesadaran lingkungan di sekolah-sekolah dan komunitas kami, serta mendukung upaya pemimpin untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi kami dalam menjaga keberlanjutan bumi.

Pelajar Muhammadiyah siap untuk mendukung pemilihan pemimpin pro lingkungan. Bersama-sama menciptakan perubahan untuk lingkungan dan masa depan bumi dan generasi mendatang.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

ENREKANG, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Lembaga Pengembangan Pesantr....

Suara Muhammadiyah

1 October 2023

Berita

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pusat Studi Halal (PSH) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mel....

Suara Muhammadiyah

11 October 2023

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Program kolaborasi antara Unismuh Makassar dan Politeknik Singapura, ....

Suara Muhammadiyah

10 September 2023

Berita

TUBAN, Suara Muhammadiyah - TK Aisyiah Bustanul Athfal II Bancar menggelar acara open school dan wis....

Suara Muhammadiyah

20 May 2024

Berita

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) kembali menorehkan presta....

Suara Muhammadiyah

16 November 2023

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah