Launching Tiga Produk, PK IMM FAI UMY Optimis Mewujudkan Masyarakat Ilmu

Publish

4 November 2023
imm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
327
Foto Istimewa

Foto Istimewa

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - PK IMM FAI UMY telah menyelenggarakan pelantikan untuk periode kepemimpinan tahun 2023-2024. Acara tersebut diselenggarakan di Gedung KH. Ibrahim, ruang E6 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, digelar pada selasa (31/10/2023). Acara ini turut di hadiri Dekan Fakultas Agama Islam Dr. Syakir Jamaluddin, MA, Ketua Umum Pimpinan Cabang AR Fakhruddin Muhammad Hafizh Renaldi, S.Sos. dan seluruh kader komisariat yang ada pada naungan Pimpinan Cabang AR Fakhruddin.

Acara pelantikan ini berjalan dengan lancar dan spirit optimisme. Pimpinan yang telah dilantik optimis dalam menyongsong kepemimpinan kedepan dalam mengembangkan proses gerakan perkaderan, keilmuan, dan sosial. Pada kesempatan pidato pembukaannya Ketua Umum Mochamad Rendy Nanda Saputra menyampaikan “Gerakan Sosial Profetik perlu dikembangkan ditengah semakin massifnya sosial kultural digital dan teknologi, maka dari itu Gerakan Sosial Profetik harus menjadi wacana yang mampu masuk kedalam dunia digital dengan upaya digitalisasi gerakan”.

Selaras dengan hal tersebut pada momentum pelantikan kali ini PK IMM FAI UMY periode 2022-2023 melakukan launching tiga produk pimpinan yang dipandu oleh Ketua Bidang Organisasi Muhammad Kamal Faza, diantaranya adannya Jurnal Penelitian dengan judul” Dinamika Geraka Sosial Profetik: Sebuah Telaah Historiografi” dibawah tanggung jawab oleh bidang Riset Pengembangan Keilmuan(RPK) periode 2022-2023.Kedua, video visual Musikalisasi Puisi Kuntowijoyo, dengan judul “Pertentangan ialah Hukum Surgawi” dibawah tanggung jawab bidang SBO periode 2022-2023, dan dapat ditemui di youtube PK IMM FAI UMY. Terakhir, berupa Vidio Dokumenter dengan judul “Antara Aku, Kamu, dan Ikatan” dibawah  tanggung jawab oleh Bidang Medkom periode 2022-2023, juga dapat dilihat di youtube IMM FAI UMY.

Pada launching produk pimpinan ini Raka Rahmana Putra selaku Ketua bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan menyampaikan “Tradisi riset sudah semestinya menjadi tradisi yang terus dilestarikan oleh PK IMM FAI UMY, Gerakan Sosial Profetik yang selama kurang lebih tujuh tahun dirumuskan dan diterapkan oleh IMM FAI UMY ini sangat menarik untuk di teliti”. Raka, juga menjelaskan sedikit mengenai jurnal ilmiah yang telah di launching ini, “Jurnal Ilmiah ini mencoba menelusuri bagaimana dinamika yang hadir dalam perumusan dan pengimplementasian Gerakan Sosial Profetik pada rentang waktu dari periode 2017- 2023”. Raka juga memantik untuk pimpinan yang baru dilantik khususnya bidang RPK untuk kembali mengkaji ulang penelitian ini sebagai diskursus khusus.

Sekertaris bidang Seni Budaya dan Olahraga, Ulul Amri juga mengatakan “Produk pimpinan ini merupakan salah satu bentuk nilai yang harus terus diupayakan, sehingga dapat menjadi identitas yang masih bisa di kenang. Salah satu contohnya adalah berbagai karya seni, film, artikel dan lain-lain. Pada periode kepemimpinan IMM FAI UMY 2022-2023 salah satu bentuk karya yang telah kami terbitkan adalah artikel dan musikalisasi puisi Kuntowijoyo yang berjudul Pertentangan ialah Hukum Surgawi yang telah di aransemen ulang dalam format Band oleh Anggota bidang SBO PK IMM FAI UMY.”

Ulul Amri juga berharap kepemimpinan periode selanjutnya dapat menghasilkan berbagai karya yang selalu bisa di nikmati oleh semua orang dan dapat merilis karya seni original sehingga memiliki kebanggaan tersendiri, baik itu dalam bentuk lagu, artikel, cerpen, puisi, musikalisasi puisi dan karya yang lainnya.

Suryo Widiyanto Gumelar selaku Ketua bidang Media komunikasi mengungkapkan bahwa video Dokumenter dengan judul “Antara Aku, Kamu, dan Ikatan”  ini dibuat sebagai kenang-kenangan dan persembahan terakhir untuk kepengurusan selanjutnya.

“Harapannya ini bisa menjadi salah satu benang ikatan teman-teman demisioner agar tetap membawa dan menjaga ikatan ini kapanpun dan dimanapun, dan juga sebagai bahan bakar untuk menguatkan niat temen temen pimpinan baru bahwa pasang surut dalam proses kepemimpinan itu pasti terjadi namun tinggal bagaimana masing masing individu itu mampu untuk tetap menjaga nyala ikatan itu tidak redup atau bahkan padam,” tegasnya.

Acara pun di tutup dengan sesi foto bersama dan ucapan selamat oleh pimpinan periode sebelumnya kepada pimpinan yang telah dilantik . Suasana haru dan sukacita terlihat dari para kader. Dengan momentum pelantikan ini setiap kader IMM FAI UMY diharapkan memiliki kesadaran dalam menggapai cita-cita IMM dan Gerakan Sosial Profetik dan menjadikannya sebuah spirit yang tidak pernah terputus.


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

BANDA ACEH, Suara Muhammadiyah - Tim Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal ....

Suara Muhammadiyah

22 September 2023

Berita

BANDUNG, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung menerima kunjungan dan studi ban....

Suara Muhammadiyah

27 January 2024

Berita

PADANG, Suara Muhammadiyah -- Upaya mencetak insan yang kreatif, produktif, inovatif, dan mandiri ya....

Suara Muhammadiyah

21 January 2024

Berita

MEDAN, Suara Muhammadiyah - Majelis Hukum dan HAM serta Majelis Tabligh  dan Ketarjihan Pimpina....

Suara Muhammadiyah

22 December 2023

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Setelah bulan Ramadhan dilalui selama sebulan penuh. Saatnya umat I....

Suara Muhammadiyah

17 April 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah