Lazismu OKU Timur 2024-2029 Resmi Dilantik

Publish

9 February 2024
pdm

Suara Muhammadiyah

Penulis

0
166
Foto Istimewa

Foto Istimewa

OKUTIMUR, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029 secara resmi  dilantik di Aula Lantai 2 Kampus STKIP Muhammadiyah OKU Timur, Harjowinangun, Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Ahad (04/02/2024).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dian Yudhistira, S.Pd. selaku Manager Lazismu Sumatera Selatan, Muhith, S.Fill, M.Pd.i selaku Sekretaris PDM OKU Timur, M. Abdullah, S.Pd selaku Wakil Sekretaris II Lazismu Sumatera Selatan, Muhammad Khoirul Antony, M.Ed. selaku Divisi Pendayagunaan dan Pendistribusian Lazismu Sumatera Selatan, Ayu Sapitri, S.M selaku Relawan Lazismu Sumatera Selatan, Nuryadi, S.Pd, M.M selaku Majelis Pendidikan Dikdasmen PDM OKU Timur, Rohman Hidayat selaku Majelis Ekonomi PDM OKU Timur, Dr. Didi Franzhardi, M.Pd selaku Ketua STKIP Muhammadiyah OKU Timur, PD Aisyiyah OKU Timur, PCM Se-OKU Timur, PRM Se-OKU Timur, Pimpinan Amal Usaha se-OKU Timur, BEM STKIP Muhammadiyah OKU Timur, GSC OKU Timur, PC IMM OKU Timur, PD IPM OKU Timur, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah lainnya.

Ketua Pelaksana, Zainal Amirin, S.Pd mengatakan ucapan terima kasih atas kerjasama rekan-rekan dalam menyukseskan pelantikan Lazismu Kabupaten OKU Timur ini dengan baik. Lazismu itu sendiri lembaga amil zakat, infak dan sedekah, tentu ini sebuah syukur bagi warga Muhammadiyah Lazismu resmi ada di Kabupaten OKU Timur.

"Terima kasih atas dukungan berbagai pihak, baik PDM Kabupaten OKU Timur, segenap panitia sehingga pelantikan ini dapat berjalan dengan baik. Kami bersyukur pelantikan Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029 dapat terlaksana dan di Kabupaten OKU Timur resmi ada Lazismu," ungkap Amirin.

Dalam sambutannya Ketua Badan Pengurus Lazismu OKU Timur periode 2024-2029, Preli Yulianto, S.P. menyampaikan syukur atas resminya dilantik dan berdirinya Lazismu Kabupaten OKU Timur. Berdirinya Lazismu Kabupaten OKU Timur merupakan sejarah, tentu proses terbentuknya menyimpan banyak cerita tapi, yang jelas keinginan yang kuat Ayahanda maupun Ibunda Muhammadiyah OKU Timur dan generasi muda Muhammadiyah dalam AMM menginisiasi yang menjadikan sebuah keharusan untuk didirikan Lazismu di Kabupaten OKU Timur.

 “Lazismu harus menjadi lembaga filantropi yang profesional, amanah, dan transparan. Saatnya kita bersatu, seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung Lazismu dalam mewujudkan kesejahteraan umat. Mari kita bangkit bersama untuk membangun Lazismu OKU Timur yang berkemajuan,” terang Prely.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Sumatera Selatan, Haris Jumadi, S.E., M.M melalui M. Abdullah, S.Pd selaku Wakil Sekretaris II Lazismu Sumatera Selatan menyampaikan ajakan kepada masyarakat untuk berzakat, berinfak, bershodaqoh di Lazismu sebagai lembaga yang berkhidmat dalam pemberdayaan masyarakat, lembaga kebanggaan Muhammadiyah. 

Nantinya Lazismu Daerah Kabupaten OKU Timur yang sudah dilantik untuk mendirikannya kantor layanan Lazismu di setiap PCM  dan AUM.

"Alhamdulillah, Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029 resmi dilantik, dikukuhkan. Harapan Lazismu Kabupaten OKU Timur dapat membawa kemajuan. Mari semua untuk berzakat, berinfak, bersedekah di Lazismu. Lazismu juga mengajak Siswa dan Mahasiswa Muhammadiyah untuk belajar bersedakah melalui celengan Lazismu,” ungkap Abdullah.

"Lazismu hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, Kami mengajak seluruh masyarakat untuk berdonasi melalui Lazismu agar dapat membantu lebih banyak orang,” tutupnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah OKU Timur, H. Prioyitno, S.Pd., M.M melalui Muhith, S.Fill, M.Pd.i selaku Sekretaris PDM OKU Timur menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029. Semoga Lazismu memberikan dampak positif untuk umat dengan gerakannya dalam pemberdayaan, membangkitkan ekonomi ummat, melalui zakat, infak, dan sedekah, untuk disalurkan yang berhak menerima. 

 “Selamat telah dilantik Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029, kami bangga, kami senang, dan bersyukur OKU Timur resmi adanya Lazismu. Ayo kita semua, Pimpinan Muhammadiyah-Aisyiyah dari Daerah, Cabang, Pimpinan Ranting, Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah, Kampus, Sekolahan-sekolah Muhammadiyah, Klinik Muhammadiyah dan Masyarakat OKU Timur untuk menyalurkan zakat, infak, sedekah di Lazismu karena lembaganya jelas, pembagian jelas, dan insya Allah tersistem dengan baik, profesional, amanah, transparan,” jelas Muhith.

Terpisah, Ketua Badan Pengurus Lazismu OKU Timur Preli Yulianto, S.P. saat ditemui awak media di Sekretariat AMM menyampaikan Lazismu Kabupaten OKU Timur akan menjadi lembaga filantropi yang profesional, amanah, dan transparan. Tentu kami butuh dukungan berbagai pihak, bimbingan dari Ayahanda dan Ibunda, sesepuh Muhammadiyah guna mewujudkan lembaga amil, zakat, infak, dan sedekah yang kompeten, dan memberikan pelayanan baik, dan memberikan manfaatan untuk Ummat.

Adapun program unggulan Lazismu Kabupaten OKU Timur periode 2024-2029 diantaranya Beasiswa Mentari untuk Pelajar, Beasiswa Sang Surya/Kader untuk kalangan Mahasiswa, Peduli Guru, Peduli Lansia, Program Yatim Piatu Tersenyum, Peduli Guru Mengaji, Peduli Gizi, dan Pencegahan Stunting, serta Pemberdayaan Ekonomi UMKM, dan lain sebagainya.

 “Lazismu Kabupaten OKU Timur bertekat menjadi lembaga amil zakat terpercaya, sehingga nantinya dana zakat, infak, wakaf, dan dana kedermawanan donatur disalurkan dengan prinsip sesuai syariat Islam, amanah dan intergritas, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintergrasi, akuntabilitas, profesional, transparan. Dalam mewujudkan kemajuan kelembagaan Lazismu juga akan sinergi dengan Pemerintah setempat, Baznas, Pimpinan Muhammadiyah-Aisyiyah, Amal Usaha Muhammadiyah, Komunitas maupun relawan dalam membangkitkan ekonomi Ummat,” terang Prely pada awak media pada Kamis (08/02/2024).

 “Ayo kita dukung bersama-sama Lazismu dalam membangkitkan ekonomi Ummat, mensejahterakan masyarakat, dan penanggulangan kemiskinan untuk membangun negeri yang adil dan makmur,” tutupnya.

Kegiatan pelantikan Lazismu OKU Timur berjalan dengan lancar dan dilanjutkan sosialisasi Lazismu. Adapun sosialisasi oleh Dian Yudhistira, S.Pd. selaku Manager Lazismu Sumatera Selatan.

Dalam paparannya Yudhistira menuturkan bahwa menjadi keharusan Lazismu di setiap daerah harus terbentuk karena beberapa fakta diantaranya Pertama, Indonesia masih berselimut dengan kemiskinan yang masih luas, kebodohan dan indeks pembangunan manusia yang sangat rendah. Semua berakibat dan sekaligus disebabkan tatanan keadilan sosial yang lemah.

Kedua, Zakat diyakini mampu bersumbangsih dalam mendorong keadilan sosial, pembangunan manusia, dan mampu mengentaskan kemiskinan. Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi zakat, infak, dan wakaf yang terbilang cukup tinggi. Namun potensi yang ada belum dapat dikelola dan didayagunakan secara maksimal sehingga tidak memiliki dampak yang signifikan bagi penyelesaian persoalan yang ada. 

Dengan adanya Lazismu sebagai institusi pengelola zakat dengan manajemen modern dapat menjadi bagian dari penyelesaian masalah (problem solver) sosial masyarakat yang terus berkembang.

Dalam pelantikan ini Lazismu Kabupaten OKU Timur sinergi dengan media partner Media Suara Muhammadiyah, tvMu, Media Peduli Rakyat.co.id, Media OKU Timur Pos, Media Tajdid.id, Modernis.co, Kabar One.com, dan Ide Publik.com. (RIL Lazismu)


Komentar

Berita Lainnya

Berita Terkait

Tentang Politik, Pemerintahan, Partai, Dll

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah ­- Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ko....

Suara Muhammadiyah

17 January 2024

Berita

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Sebanyak 60 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Un....

Suara Muhammadiyah

20 April 2024

Berita

BANTUL, Suara Muhammadiyah - Menjelang pesta demokrasi 2024, masyarakat dituntut mengawal secara akt....

Suara Muhammadiyah

4 January 2024

Berita

SURABAYA, Suara Muhammadiyah - Tanggal 29 Maret 2024, Majelis Pendidikan Kader dan Sumber Daya Insan....

Suara Muhammadiyah

30 March 2024

Berita

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - KH Omo Suyatna, seorang tokoh reformis keagamaan yang lahir 96 tahu....

Suara Muhammadiyah

11 January 2024

Tentang

© Copyright . Suara Muhammadiyah